Perencanaan adalah hal yang penting dalam suatu kegiatan yang ingin Kita lakukan. Dengan adanya rencana, kegiatan yang dilakukan dapat lebih rapi dan terstruktur. Termasuk, ketika Kita hendak melaksanakan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di hadapan anak didik. Diperlukan RPP Bahasa Indonesia yang disiapkan

Nah, dalam kesempatan ini Saya mencoba menyajikan RPP yang Saya buat. Yakni RPP Bahasa Indonesia Daring untuk kelas 11. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat walaupun sedikit.

RPP format satu lembar ini akan diupdate terus, karena dibuatnya dadakan seperti tahu bulat. Disiapkan lebih hangat tentu akan tambah lezat ketika disantap siswa. Benar begitu?

RPP Bahasa Indonesia Kelas 11 Daring

Oiya, sebelumnya, yang saya bagikan ini dalam bentuk screenshoot ya. Jadi hanya untuk dilihat sebagai gambaran saja. Bapak atau Ibu bisa memodifikasinya tentu saja agar lebih bagus dan kontekstual diterapkan di kelas tempat Bapak dan Ibu mengajar.

RPP Teks Prosedur (4 Pertemuan)

Pertemuan Pertama

Dalam pertemuan yang pertama, seperti biasa, ajaklah siswa untuk mengenal terlebih dahulu dengan teks yang hendak dibahas. Sajikan contoh teks sebanyak mungkin agar siswa memiliki gambaran yang utuh dan luas tentang teks. 
Tujuannya, siswa mampu mengonstruksi informasi-informasi yang didapatnya sebagai bahan untuk menarik kesimpualan mengenai apa yang dimaksud teks prosedur.

Pertemuan Kedua

Pada pertemuan yang kedua, siswa diharapkan mampu untuk memahami sekaligus mampu menyusun kerangka teks prosedur berupa pernyataan umum dan langkahnya. Tentu saja, untuk sampai pada level demikian, Bapak dan Ibu guru mesti memahamkan terlebih dahulu struktur teks ini kepada siswa dengan sejelas mungkin.

Pertemuan Ketiga

Pada pertemuan ketiga ini, siswa diharapkan sudah bisa melakukan analisis terhadap struktur dan unsur kebahasaan. Namun sebaiknya yang dianalisis bukan teks, namun video tutorial yang banyak bertebaran di Youtube. 
Toh sebenarnya secara struktur dan konten bahasa yang disampaikan dalam berbagai video tutorial atau tips-tips juga menggunakan konstruksi teks prosedur. Selain tentunya agar siswa tidak bosan melihat teks.

Pertemuan Keempat

Dalam pertemuan yang terakhir di pembahasan teks prosedur, idealnya tentu siswa mampu mengembangkan dan menyusun teks yang baik sesuai dengan strukur serta kaidah yang sudah mereka pahami.
Dalam aktivitas mengembangkan ini, siswa bisa berpijak dari rancangan teks yang sudah mereka buat ketika pertemuan kedua. Jadi sifatnya melanjutkan saja, tentu dengan standar yang berbeda, yakni standar yang memperhatikan struktur dan isi kebahasaannya.

RPP Teks Eksplanasi (4 Pertemuan)

Materi yang kedua yang dibahas adalah Teks Eksplanasi. Saya juga coba merancang RPP Teks Eksplanasi untuk empat pertemuan dalam ikhtiar memenuhi seluruh kompetensi dasar yang disasar.

Pertemuan pertama

Pada pertemuan yang pertama, ajak siswa mengenal teks eksplanasi ini dengan menyajikan beberapa contohnya. Kalau bisa jangan sekedar teks, tapi microblog atau boleh juga video juga Bapak atau Ibu guru menemukan video di youtube yang cara mendelivery kontennya menggunakan bentuk eksplanasi. 
Seperti berita atau info-info unik mengenai fenomena-fenomena baik alam maupun sosial.

Pertemuan Kedua

Di pertemuan kedua ini, Bapak dan Ibu bisa menyajikan berita-berita mengenai berbagai fenomena, alam maupun sosial, untuk kemudian diserap informasinya oleh siswa. 
Kemudian minta siswa untuk mengkonstruksi ulang informasi yang didapatnya secara lisan dengan penjelasan yang runut sesuai dengan konsep struktur teks eksplanasi; yakni penjelasan dengan paparan proses kejadian ataupun sebab akibat (kausalitas)

Pertemuan Ketiga

Pada pertemuan ketiga ini, ajak peserta didik untuk berdiskusi mengenai struktur dan unsur kebahasaan teks eksplanasi. Sekaligus dipungkas dengan tugas menganalisis. Tentu saja ini membutuhkan teks tambahan untuk disajikan kepada siswa sebagai bahan aktivitas analisisnya.

Pertemuan Keempat

Pada pertemuan terakhir, ajak dorong siswa untuk menyusun teks eksplanasi secara utuh dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaanya. Sebagai stimulus, Bapak dan Ibu bisa menyajikan video yang berisi fenomena yang bisa dijadikan opsi bagi siswa untuk dibentuk menjadi teks eksplanasi.
Untuk materi selanjutnya, akan Saya update selanjutnya tetap di tulisn kumpulan RPP Bahasa Indonesia Daring Kelas 11 ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like