Kumpulan RPP Bahasa Indonesia Kelas 10 Daring

Ada pepatah mengatakan, gagal merencanakan maka akan gagal juga melaksanakan apa yang dituju. Oleh karena itu menjadi penting bagi setiap guru untuk merencanakan apa yang hendak dilakukannya kepada siswa. Sebagai Guru Bahasa Indonesia, tentu yang mesti dilakukan adalah menyiapkan RPP Bahasa Indonesia kelas 10.


Di bawah ini Saya mencoba membagikan RPP yang saya siapkan dalam format daring. Khususnya untuk materi di kelas 10.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 10

Hanya saja, yang saya berikan berupa contoh Screenshoot yang hanya sekedar bisa Anda baca dan contoh untuk dijadikan bahan inspirasi. Jika Anda perlu filenya, silakan saja komen di bawah blog dengan meninggalkan jejak alamat e-mail. Sekitar 1×24 jam akan saya bagikan ke alamat e-mail Anda.

RPP Teks Laporan Hasil Observasi (4 Pertemuan)

Di kelas 10, materi yang pertama disiapkan adalah RPP Teks Laporan Hasil Observasi. Saya membagi materi ini ke dalam empat pertemuan untuk menyelesaikan empat KD.

Pertemuan pertama

Ini adalag RPP untuk pertemuan pertama. Targetnya siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi yang ada dalam teks LHO. Dari proses tersebut, diharapkan siswa juga menyadari bahwa pemahamannya mengenai teks ini memiliki manfaat meski proses belajar dilakukan secara daring.

 Pertemuan Kedua

Di bawah ini merupakan perencanaan untuk sesi yang kedua. Yakni mendorong siswa agar mampu menginterpretasi teks sehingga mereka bisa memiliki pandangan soal kandungan yang umumnya dibahas dalam teks ini, berikut dengan struktur serta unsur kebahasaan yang dikandungnya.
Agar pemahaman siswa tak melebar, perlu juga bagi guru untuk menjelaskan sebagai bentuk penegasan tentang struktur dan hal-hal apa saja yang termasuk unsur kebahasaan dari teks observasi ini.

Pertemuan Ketiga

Dalam pertemuan yang ketiga, guru mesti menyiapkan beberapa teks contoh dan bahan untuk dianalisis oleh siswa. Pemahaman sebelumnya peserta didik mengenai struktur dan kaidah bahasa mesti diuji dengan aktivitas analisis.
Ini penting agar siswa Anda dapat dipastikan mengerti dan tidak hanya hadir dalam grup daring tanpa bekas serta manfaat yang berarti.

 Pertemuan Keempat

Pada sesi terakhir dari kegiatan belajar teks Observasi, pastikan bahwa siswa mampu menyusun teks dengan merekosntruksi berbagai hasil pengamatannya. Namun, sebaiknya objek yang diminta adalah objek yang dekat dengan kehidupannya agar tak menyulitkan. Contohnya adalah rumahnya sendiri.
Nah, demikianlah contoh RPP yang mungkin saja bisa Anda ikuti atau modifikasi.

RPP Teks Eksposisi (4 Pertemuan)

Materi kedua yang mesti diajarkan di kelas 10 adalah mengenai teks eksposisi. Teks ini sangat menyenangkan untuk dibahas dan mesti memancing nalar siswa untuk terlibat di dalamnya. Saya juga membaginya ke dalam empat pertemuan untuk menyelesaikan KD yang ditugaskan.

Pertemuan Pertama

Pada pertemuan yang paling awal, peserta didik diharapkan bisa mengeksplorasi pandangannya tentang apa yang dimaksud dengan teks eksposisi. Baik secara pengertian, manfaat, maupun lokus-lokus yang menjadi tempat dimana ia digunakan oleh manusia.
Faktanya bahwa teks ini sangat banyak dipakai orang dan sangat bermanfaat jika dipahami oleh siswa secara khusus dan manusia pada umumnya. Kita tentunya perlu kemampuan berargumen di berbagai tempat.

Pertemuan Kedua

Pada pertemuan kedua, siswa mesti Anda ajak untuk melek sekitarnya dengan disajikan berbagai masalah di kalangan mereka yang dapat ditanggapi dengan berbagai argumen yang kuat. Misalnya masalah pergaulan bebas, hamil diluar nikah, tawuran, penyalahgunaan narkotika dan lainnya.
Ajak mereka untuk menyampaikan pendapat sekaligus menalar argumen-argumen yang sehat dan membekas.

Pertemuan Ketiga

Pertemuan ketiga siswa kembali diminta untuk menyimak teks eksposisi dengan tujuan agar memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi. Ini penting sebelum mereka diminta untuk membuat teks eksposisi. Sehingga teks yang nanti dibuatnya tidak sembarangan dengan mengacu pada pemahaman mengenai struktur dan unsur kebahasaan.

Pertemuan Keempat

Di kesempatan terakhir, siswa diminta untuk menyusun teks. Namun, untuk memancing idenya, guru perlu membantu dengan mengirimkan video-video dari berbagai topik masalah untuk ditanggapi siswa.Hal ini karena menurut Saya, teks eksposisi tidak bisa dibuat kecuali didasari perhatian terhadap suatu masalah sebagai pemicunya.
Nah, sementara dua materi dulu yang saya posting RPP-nya. Untuk materi selanjutnya, insya Allah akan di update kemdian. Mudah-mudahan contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas 10 ini bermanfaat.
 
 
 
 
 

Comments

  1. bisa share file nya pak

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like