Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terdapat suatu materi yang bernama Teks Ceramah. Tentang teks yang satu ini, mungkin banyak di antara Kalian yang bingung, apa bedanya ceramah dengan khotbah?

Pertanyaan ini hal wajar. Karena memang antara ceramah dan khotbah memiliki satu kemiripan. Keduanya sama-sama merupakan kegiatan menyampaikan informasi kepada publik atau di depan umum.

Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang harus Kalian ketahui untuk membedakan keduanya. 

Perbedaan Ceramah dan Khotbah

1. Perbedaan Topik yang Dibahas

Di dalam ceramah, topik yang dibahas luas. Semua kegiatan menyampaikan informasi dengan topik apapun yang disampaikan ke tengah publik adalah ceramah. Entah itu topik pendidikan, sosial, ekonomi, hingga termasuk agama.

Sedangkan di dalam khotbah, yang dibahas hanyalah yang berhubungan dengan topik agama saja. Khususnya masalah yang membahas tentang hubungan seorang manusia dengan Tuhan yang menciptakannya. 

2.Perbedaan Tempat Pelaksanaannya

Teks ceramah bisa disampaikan dalam forum apapun. Baik itu resmi maupun tidak resmi. Bahkan terkadang, penyampaiannya dilakukan secara jarak jauh melalui media online dari rumah atau tempat pribadi penyampainya.

Sedangkan khotbah disampaikan di forum yang resmi dan ditempat yang dianggap sakral oleh penganut agama. Ia umumnya dilakukan di hadapan mimbar dan dilakukan secara langsung tatap muka antara penyampai khotbah dengan audiens yang menyimaknya.

3. Perbedaan Suasana Penyampaiannya

Dalam ceramah, suasananya cenderung lebih fleksibel dan luas. Para penceramah bisa membangun suasana yang beragam. Mulai dari khidmat, riuh, hingga penuh dengan canda yang membuat penyimaknya banyak tertawa.

Sedangkan khotbah dilakukan dalam suasana yang lebih sakral dan khidmat saja. Jikapun ada terselip candaan, maka candaan tersebut diusahakan untuk tidak merusak suasana khidmat yang membangun kekhusyukan orang yang menyimaknya.

4. Perbedaan Aturan Pelaksanaannya

Dalam ceramah, seseorang bisa lebih fleksibel dalam melaksanakan aktifitas menyampaikan informasi. Ia tidak terikat dengan berbagai rukun atau aturan yang membuatnya harus tunduk dan tidak keluar jalur. Kalaupun ada aturan, tidak terlalu ketat.

Sedangkan dalam khotbah, seseorang yang menyampaikan khotbah diikat dan diatur dengan berbagai aturan ketika pelaksanaannya. Misalnya dalam khotbah agama Islam di hari jumat atau hari raya tertentu, ada rukun-rukun yang harus diikuti oleh pemberi khotbah.

5. Perbedaan Orang yang Menyimaknya

Dalam ceramah, peserta atau audiens yang menyimak ceramah bisa beragam dan dari berbagai latar belakang yang berbeda. Orang yang berbeda agama dan keyakinan bisa sama-sama menyimak penceramah menyampaikan materinya.

Sedangkan dalam khotbah, umumnya yang menyimaknya adalah orang-orang yang memiliki satu keyakinan atau kesamaan agama saja. Apalagi jika pelaksanaannya digelar di tempat ritual yang tabu untuk dimasuki oleh penganut agama yang berbeda.

Jika Kalian butuh perbandingan yang lebih mudah dipahami, simak tabel berikut ini:

No

Aspek
berbeda

Ceramah

Khotbah

1

Topik

Beragam

Agama

2

Tempat

Fleksibel

Tempat
sakral/ritual

3

Suasana

Fleksibel

Khidmat/serius

4

Aturan

Fleksibel

Terikat

5

Peserta

Beragam
latar berbeda

Umumnya satu
keyakinan/agama

Jika boleh ditarik kesimpulan, sesungguhnya khotbah itu adalah salah satu jenis ceramah yang memiliki topik, tempat pelaksanaan, suasana, aturan, serta peserta yang lebih khusus. 

Nah, teman-temana, bagaimana, apakah sudah jelas perbedaan antara ceramah dengan khotbah? Semiga jelas dan bisa menajamkan pemahamanmu tentang kedua hal ini ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like