Bagaimana Cara Menghasilkan Tendangan Melambung Tinggi Ke Atas Dalam Permainan Sepak Bola?

Banyak pemain bola pemula yang berusaha mencari tahu bagaimana caranya agar bisa melepaskan tembakan yang melambung ke atas.

Kemampuan melakukan tendangan melambung adalah teknik tendangan yang sangat dibutuhkan dalam permainan sepakbola. Tendangan ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Baik bola hidup maupun bola mati.

Jika Kamu sering menonton pertandingan sepakbola, Kamu akan menemukan kapan biasanya tendangan semacam ini dilepaskan. Diantaranya saat kiper melakukan tendangan gawang, saat free kick, tendangan penjuru, tendangan penalti atau melepaskan umpan-umpan crossing ke mulut gawang.

Bagaimana Cara Menghasilkan Tendangan Melambung Tinggi Ke Atas?

Mengenai langkah-langkahnya, Kamu bisa ikuti step berikut ini:

1. Melakukan ancang-ancang

Jika Kamu ingin melakukannya saat posisi on play seperti memberikan umpan crossing, mulailah dengan mendorong bola sedikit ke depan untuk memberi kesempatan ancang-ancang. 

Namun jika dalam posisi free kick atau tendangan penjuru, Kamu mesti mengambil jarak mundur ke belakang untuk tujuan yang sama.

2. Menentukan titik bola yang akan di sepak

Setelah itu, Kamu bisa memfokuskan diri pada titik bola yang akan Kamu sasar. Untuk mendapatkan tendangan yang melambung, Kamu perlu arahkan kepada bagian bawah bola. 

3. Menentukan bagian kaki yang akan digunakan

Untuk menghasilkan bola melambung, Kamu bisa menggunakan beberapa bagian. Umumnya , tendangan melambung biasanya menggunakan kaki bagian dalam atau ujung kaki. Kamu bisa memilih di antaranya.

4. Melakukan tendangan

Jika Kamu ingin menggunakan kaki kanan, maka yang perlu dilakukan adalah memposisikan kaki kiri sejajar dengan bola. Setelah itu, buat tolakan pada kaki kanan sekitar 45 derajat sebelum Kamu mengayunkan kaki kanan ke arah bola. 

Untuk membantu bola terdorong dengan baik, Kamu bisa mencondongkan badan ke belakang saat melakukan tendangan sambil memutar pinggul. Perlu dicatat power yang dikeluarkan saat melepaskan tendangan ini tak perlu terlalu kuat. 

Titik Tekan dalam Tendangan Melambung

Titik tekan yang mesti Kamu perhatikan justru akurasinya agar bola sampai sesuai dengan sasaran. Baik ke arah rekan setim yang ingin Kamu oper atau ke salah satu sisi gawang yang Kamu sasar untuk mencetak gol.

Kamu tentu bisa melihat bagaimana praktik-praktik yang dilakukan oleh para pemain profesional. 

Banyak pemain yang ahli melepaskan tembakan melambung dengan power yang relatif standar namun akurasinya pas.  Sebut saja nama-nama seperti Andrea Pirlo, Ronaldinho, atau Juninho Pernambucano. Meski power tendangannya tak sekuat Roberto Carlos atau Adriano, tapi tendangannya kerap menghasilkan umpan brilian atau bahkan gol yang cantik.

Apa yang Saya bagikan di atas adalah teknik dasar yang bisa Kamu lakukan. Ketika Kamu giat berlatih melepaskan tendangan melambung dengan menggunakan dengan cara tersebut , Kamu tentu tak perlu mengingat langkahnya. 

Tendangan melambung adalah keterampilan. Secara otomatis dan reflek, Kamu bisa dengan mudah melepaskan tendangan melambung seiring seringnya Kamu mengasahnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like