+12 Contoh Pembukaan Ceramah yang Bagus untuk Berbagai Kesempatan

Apakah Anda berkesempatan untuk menyampaikan ceramah namun masih kebingungan bagaimana membukanya? 
Tenang saja. Dalam kesempatan kali ini Saya akan membagikan cara dan bentuk pembukaan ceramah. Baik pembukaan berupa muqadimah arab maupun pembukaan bahasa Indonesia untuk berbagai keperluan ceramah. 
Berikut ini contoh pembukaan ceramah yang bagus Semoga bermanfaat ya.

Pembukaan Ceramah (Muqodimah Arab)

Jika Anda adalah seorang muslim, dianjurkan untuk membuka ceramah dengan menyampaikan muqodimah yang berbahasa arab. Berikut ini beberapa pilihan muqodimah singkat yang bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.
Pada intinya, pembukaan ini berupa pujian kepada Allah Swt dan Rasul-Nya. Tujuannya tentu agar ceramah yang disampaikan menjadi berkah.

Muqodimah 1

Bismillahi alhamdulillahi washolatu wassalamu ‘ala rasuulillahi, laa hawla walaa quwwara illa billahi. Amma ba’du.

 Muqodimah 2

Alhamdulillahilladzi arsala rosulahu bil hudaa wa diinil haq, liyudzhiruohu ‘ala diini kullihi, walau karihal kaafiruun, Amma ba’du.

 Muqodimah 3

Alhamdulillahi robbil ‘alamiin, washolaatu wassalamu ‘ala ashrofil anbiyaa’i wal mursaliin, waala aalihi wasohbihi ajma’in. Amma ba’du.

 Muqodimah 4

Alhamdulillahi robbil ‘alamiin, washolatu wassalamu ‘ala ahsforfil anbiyaa’i wa ‘ala alihi wa sohbibi wa man tabi’ahu biihsanin ilaa yaumiddin. Amma ba’du.

 Muqodimah 5

Alhamdulillahi robbil ‘alamin wabihi’ nasta’iinu wa ‘ala ‘umuriddunya waddin, wassholatu wassalamu ‘ala ashrofil ‘anbiyaa’i walmursalin, wa’ala aalihi wasohbihi ajma’iin. Amma ba’du.

 Muqodimah 6

Innalhamdalillah, nahmaduhu wa nasta’inuhu wa nastaghfiruhu, wa naudzubillahi min syururi anfusina wa min sayyi’ati a’malinaa, ma yahdihillahu fala mudhillalah, wa maa yudhil falaa hadiyalah. Asyhaduallailaaha illallah, wa asyhaduannna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu. Amma ba’du.

 Muqodimah 7

Alhamdulillah. Alhamdulillahi kholaqal mauta wal hayaati liyabluwakum ayyukum ahsanu amalaa’. Asyhadualla ilaaha illalah wahdahulaa syarikalahu wa asyhaduanna muhammadarrasululllah. Amma ba’du.

Pembukaan Ceramah (Indonesia)

Selain dianjurkan membuka dengan bahasa Arab, Anda juga sebaiknya menyampaikan pembukaan dalam bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang yang menyimak ceramah Anda tidak kebingungan karena tidak mengerti artinya.
Beberapa pembukaan ini bisa Anda jadikan pilihan. Berikut pilihannya:

Pembukaan Ceramah 1

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah Swt Rabb Semesta Alam, yang mana hanya berkat nikmat dan rahmat-Nya, Kita bisa berkumpul dalam forum yang berbahagia ini. Shalawat serta salam semoga tercurah limpah juga kepada Nabi Muhammad Saw, yang telah menunjuki kita semua kepada jalan yang lurus. 

Pembukaan Ceramah 2

Puji serta syukur, marilah kita panjatkan hanya kepada Allah Swt, yang atas segala nikmatnya: mulai dari nikmat iman, islam, serta kesehatan, Kita bisa bertemu dalam kesempatan yang mudah-mudahan diberkahi oleh Allah Swt. Shalawat dan salam juga mudah-mudahn terlimpah kepada Baginda Nabi Muhammad Saw, para keluarganya, para sahabatnya, serta para pengikutnya yang istiqomah berada di jalan-Nya.

Pembukaan Ceramah 3

Sebelum Kita memulai forum yang berbahagia ini, marilah Kita terlebih dahulu memanjatkan pujian serta rasa syukur kepada Allah Swt, yang telah memberikan Kita segala nikmat yang membuat Kita bisa berkumpul hari ini di forum yang berbahagia. Tak lupa shalawat serta salam semoga tercurah limpah kepada Baginda Manusia Mulia, Nabi Muhammad Rasulullah Saw, beserta keluarga dan para sahabat-Nya yang telah berjuang mengemban risalah-Nya.

Pembukaan Ceramah 4

Memulai pertemuan ini, tak bosan-bosannya Kita panjatkan puji serta syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan segala karunia-Nya, sehingga Kita bisa berkumpul dalam kesempatan yang berbahagia ini. Shalawat dan salam tak lupa Kita sampaikan kepada Baginda Nabi Muhammad Saw, yang telah membawa Kita umatnya dari jalan kegelapan menuju jalan cahaya yang terang benderang.

Pembukaan Ceramah 5

Pertama-tama, marilah Kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Semesta Alam, Allah Swt, yang mana berkat nikmat dan rahmatnya Kita bisa bertemu dalam pertemuan yang penuh kebahagian ini. Selanjutnya, shalawat dan salam juga semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Kita yang agung, yakni Nabi Muhammad Saw, beserta keluarga, sahabatnya, dan seluruh pengikutnya yang senantiasa mengikuti ajaran-Nya.

Nah, demikianlah contoh-contoh pembukaan ceramah yang bagus ini bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kebutuhan Anda terhadap kegiatan ceramah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like