Harus diakui, banyak sekali orang yang putus harapan akibat pandemi covid 19. Mereka diputus pekerjaan dan penghasilannya, sehingga sempat merasa buntu mencari jalan keluar.

Apakah Anda salah satunya? Mudah-mudahan sih tidak begitu.

Namun, jikalau Anda termasuk yang begitu, maka Anda perlu bangkit dan berhenti menyerah dari keadaan. Hal ini karena banyak cara mendapatkan uang di tengah pandemi covid -19 dan bisa Anda coba. 

Anda hanya perlu melakukan penyesuaian dan sedikit belajar untuk bisa meraih kesuksesan di tengah dunia yang mengalami keterpurukan ini. 

Nah, dalam artikel ini, Saya akan mencoba membagikan informasi dan pengalaman tentang bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet. 

Di tengah prediksi bahwa sepanjang tahun 2021 pandemi masih membumi, semoga artikel ini membantu dan dapat menjadi inspirasi.

Apa itu Internet?

Salah seorang pakar IT Indonesia, Pak Onno W. Purbo, mendefinisikan internet sebagai media yang digunakan untuk mengefisiensikan proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi. 

Tentu saja, dari waktu ke waktu, cakupan aplikasi ini semakin luas. Ada e-mail, messenger, website, social media, dan banyak lagi.

Perkembangan Internet ini nyaris telah mengubah seluruh lini kehidupan manusia. Termasuk, yang belakangan ini mungkin Anda perlu sadari, adalah mengubah cara mencari uang.

Anda harus menyadari, ada banyak pekerjaan baru yang bisa Anda manfaatkan melalui media internet. Inilah yang perlu disadari atau bahkan Anda coba.

Cara Mendapatkan Uang di Internet

Dari sekian banyak cara yang bisa Anda coba, Saya akan membagikan 9 cara mendapatkan uang di internet yang paling mudah untuk Anda. 

1. Menjadi Publisher Iklan di Youtube

Menjadi Yotuber adalah cita-cita banyak Generasi Z saat ini. 

Banyak diantara generasi muda yang tidak tertarik bekerja kantoran. Lantas, mereka berpikir akan lebih baik jika memiliki penghasilan yang lebih fleksibel dengan cara yang juga fleksibel. Salah satunya: publisher Youtube.

Publisher Youtube adalah penayang iklan di Youtube. Mereka membuat konten dan mengusahakannya agar ramai penonton.

Setelah itu, mereka bekerjasama dengan agensi iklan seperti Google Adsense untuk mencari pengiklan yang mau menayangkan iklan di konten Youtube mereka. 

Nah, kemudian publisher Youtube ini akan dibayar untuk setiap iklan yang tayang atu diklik oleh penonton.

Tak sedikit orang-orang yang sudah mereguk penghasilan besar dengan cara ini. Anda mungkin familiar dengan nama-nama seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan sebagainya. Sudah miliaran rupiah yang mereka dapat lewat jalan ini.

Beberapa artis ibukota yang ngetop di TV juga kini banyak yang beralih bikin channel di Youtube.

Secara sederhana, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Membuat channel Youtube.
  • Membuat konten dan mengunggahnya di channel Youtube.
  • Mempromosikan kontennya agar ditonton dan di-subscribe banyak orang.
  • Memonetasi Youtube dengan mendaftar di Google Adsense setelah persayaratan dipenuhi.
  • Terus konsisten membuat konten kreatif dan mempromosikan kontennya hingga bisa rutin gajian dibayar oleh Google Adsense.

Selain dari Google Adsense, Youtuber juga bisa mendapatkan uang sebagai publisher dari pemilik produk atau jasanya langsung. Dalam banyak kasus, beberapa perusahaan langsung menghubungi Youtuber untuk mempromosikan barang sesuai permintaannya. Tentu, dengan kesepakatan pembayaran yang sudah dilakukan.

2. Menjadi Publisher Iklan di Blog/Website

Selain di Youtube, Anda juga bisa menjadi publisher di Blog atau Website yang Anda kelola. Cara ini lebih lawas ketimbang cara yang pertama, namun hingga kini masih banyak juga yang mendapatkan penghasilan dengan cara ini.

Cara yang dimaksud adalah dengan menjadi publisher iklan di Blog atau Website yang dikelolanya.

Proses kerjanya sebetulnya tak begitu berbeda dengan cara yang pertama. Perbedaan paling pokoknya terdapat dalam konten yang dibuat. Jika publisher iklan di Youtube membuat konten video, maka publisher iklan di Blog membuat artikel atau tulisan.

Untuk dapatkan pengiklan atau penghasilan, cara ini juga membutuhkan kemampuan Anda dalam mendatangkan traffic, yakni pengunjung yang mau datang membaca artikel Anda. 

Berikut proses sederhana dalam mendapatkan penghasilan di blog.

  • Buat blog. Membuat blog bisa melalui platform gratisan seperti blogger.com atau wordpress.com. Namun, agar lebih terlihat profesional, Anda bisa menyewa hosting di berbagai jasa penyedia hosting seperti di sahabat hosting lalu menginstal CMS dan berbagai plugin. Anda juga bisa sekaligus membeli domain/nama blog dengan level TLD (Top Level Domain). Hanya saja, jika Anda pemula, sebaiknya Anda belajar dulu yang gratisan.
  • Selanjutnya, percatik tampilan blog supaya user friendly. Anda bisa membeli template blog yang bagus. Banyak sekali desainer template yang sudah membuat template keren dan bisa Anda pilih.
  • Isi konten blog Anda sesuai dengan niche atau bidang tertentu yang Anda kuasai dan bisa menuliskannya. Karena orientasinya untuk mendapatkan trafik, buat konten yang bermanfaat dan mengundang orang untuk membaca.
  • Setelah itu, Anda optimasi konten Anda supaya banyak pengunjungnya. Bisa dengan share ke sosial media atau belajar SEO (Search Engine Optimization) agar artikel Anda secara otomatis ditemukan orang lewat mesin pencari.
  • Jika trafik sudah banyak, Anda bisa daftarkan blog ke agensi iklan blog seperti Google Adsense, Migd, Propeller Ads, dan banyak lagi lainnya.
  • Terus konsisten membuat konten dan optimasi untuk dapatkan penghasilan rutin.

3. Berjualan Online di Marketplace

Jika Anda tidak suka membuat konten, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan langsung menjual produk tertentu di internet.

Salah satu lini yang kini banyak dipilih sebagai tempat berjualan adalah marketplace. Beberapa nama marketplace pasti sudah tidak asing ditelinga Anda,

Anda pasti tahu kan Shopee, Tokopedia, Lazada, atau JD.Id? 

Nah, jika Anda sebelumnya menjual produk secara offline, Anda bisa mulai mencoba berjualan melalui lini marketplace. 

Bagaimana caranya? Caranya gampang sebetulnya, Anda hanya perlu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi atau website marketplace. Bisa salah satu atau mungkin semuanya Anda coba.
  • Buat akun dan buka toko disana.
  • Upload produk-produk Anda dalam bentuk foto yang terbaik. Jangan lupa berikan deskripsi dan harga yang jelas.
  • Anda tinggal tunggu pembeli datang. Jika tak kunjung datang, Anda bisa optimasi dengan fitur-fitur optimasi yang biasanya ada di masing-masing marketplace.
  • Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan supaya rating produk atau toko Anda bagus. Ingat, di marketplace, mendapatkan ulasan yang jelek dari pembeli akan membuat toko Anda jadi sepi.

Oh ya, konon, marketplace ini akan sangat cocok jika Anda bisa menjual produk dengan harga yang murah. Hal ini karena kerap terjadi banting-bantingan harga di marketplace. 

Para pembeli yang kerap belanja di marketplace juga dikenal senang membanding-bandingkan harga antar toko, meski hanya beda seribu atau dua ribu rupiah saja.

Jadi, jika Anda ingin mengambil margin yang besar dari dagangan Anda, Anda bisa pertimbangkan ulang menjualnya di sini.

4. Berjualan Online di Sosial Media

Anda pasti punya sosial media kan? Entah itu facebook atau instagram misalnya?

Selama ini, Anda gunakan untuk apa saja?

Jika selama ini Anda hanya menggunakannya hanya untuk hiburan, tentu sayang sekali. Padahal, sosial media juga bisa menjadi tempat untuk berjualan.

Anda yang memiliki produk atau jasa tertentu, bisa mengiklankan barang atau jasa Anda. 

Jika Anda punya modal yang cukup kuat, Anda bisa memanfaatkan fitur ads yang dimiliki oleh sosial media tersebut. Misalnya, facebook ads. 

Nantinya, produk Anda akan dibantu promosinya oleh mesin facebook untuk menjangkau ribuan hingga jutaan pengguna facebook lain. Tentu ini akan membuat produk Anda dikenal dan semakin besar kemungkinan akan dibeli.

Mempelajarinya tidak begitu sulit. Anda juga bisa ikut kursus khusus jika memang butuh bantuan untuk bisa mengoperasikan facebook ads.

Bagaimana dengan yang tak punya cukup modal? 

Anda bisa jualan dengan mode gratisan tentunya. Misalnya dengan mempromosikan di halaman Anda, di grup-grup, melalui fanpage facebook, atau fitur marketplace yang kini ada juga di Facebook.

Fitur-fitur gratisan yang dimiliki sosial media seperti facebook juga menurut Saya sudah sangat mumpuni untuk sukses dalam berjualan. 

5. Berjualan Online di Toko Online Sendiri

Jika Anda berjualan di marketplace atau sosial media, Anda seolah-olah meminjam lapak atau pasar milik orang lain. 

Artinya, jika diibaratkan pasar tradisional, Anda seperti penyewa kios saja. Sehingga, keberadaan toko Anda sangat bergantung pada pemilik kios. Pemilik kios sangat mungkin membubarkan toko Anda kapan saja jika melanggar ketentuan.

Maka apabila bisnis Anda ingin tampak lebih profesional, Anda bisa berjualan online di toko online milik sendiri. Dengan kata lain, Anda membuat website perusahaan yang menjadi tempat Anda berjualan produk atau jasa Anda sendiri.

Jika Anda banyak uang, agar tak ribet, Anda bisa percayakan urusan pembuatan website perusahaan dengan desain yang menarik kepada ahlinya. Banyak jasa-jasa pembuatan website semacam ini dengan penawaran harga yang variatif.

Untuk konten-konten promosi dalam website juga demikian. Anda bisa beli artikel atau konten di jasa-jasa penulis konten yang tersebar di internet.

Namun, apabila Anda tak cukup modal, Anda bikin sendiri saja. Namun, sebaiknya jika Anda belum berpengalaman, perhatikan efisiensi anggaran. Misalnya, jika memilih menggunakan hosting, gunakanlah hosting murah. Jangan langsung yang mahal.

Setelah website dibuat, Anda bisa datangkan pengunjung dengan ilmu SEO atau dengan menggunakan layanan berbayar Google Ads. Dengan Google Ads, toko onlinemu akan dibantu untuk dipromosikan ke banyak orang.

6. Berjualan melalui Aplikasi Perpesanan/Messenger

Anda sering mendapatkan promosi lewat SMS atau e-mail yang masuk?

Jika sering mendapatkannya, mengapa Anda tidak mencoba melakukan hal yang sebaliknya? Dalam artian, Anda menjadi orang yang mengirim pesan penawaran.

Untuk bisa berjualan dengan cara ini, Anda perlu database kontak yang bisa Anda berikan penawaran. Entah itu list alamat e-mail atau list nomor ponsel.

Beberapa affiliate marketer handal biasanya melakukan pancingan untuk mendapatkan database. Biasanya, pada mulanya mereka memberikan produk-produk gratisan dengan syarat memberikan alamat e-mail atau ponsel sebagai kunci untuk bisa mengaksesnya.

Nah, ketika database sudah terkumpul, mereka lantas mengirimi prospek dengan pesan-pesan penawaran. 

Namun, sebaiknya Anda jangan terlalu frontal atau hardselling dengan cara jualan yang semacam ini. Hal yang dikhawatirkan, pesan-pesan yang dikirimkan oleh Anda akan dianggap sebagai spam atau sampah.

Alangkah baiknya Anda gunakan copywriting yang mengkolaborasikan pemberian manfaat sekaligus penawaran kepada calon pembeli Anda. 

Ilustrasinya, jika Anda mau jual mereka satu kali, beri dulu mereka minimal 2 atau 3 kali hal yang bermanfaat.

7. Menjadi Freelancer di Internet

Freelance atau bekerja paruh waktu tanpa terikat dengan kontrak perusahaan secara tetap adalah pilihan lain yang bisa Anda lakukan untuk dapat penghasilan di internet.

Terdapat banyak sekali bidang yang bisa Anda geluti. Mulai dari bidang IT, penulisan, desain grafis, fotografi, data entry, dan banyak lagi.

Ada beberapa website terkenal yang membuka ruang mempertemukan para freelancer dengan para pemberi job freelance. Misalnya Sribulancer atau Projects.

Jika Anda ingin terhubung dengan pemberi kerja lintas negara, Anda juga bisa daftar di situs seperti Upwork. Situs ini memungkinkan Anda mendapatkan uang yang lebih besar.

Bahkan, banyak freelancer yang nyatanya memiliki penghasilan lebih besar dari pekerja terikat. Apalagi jika mereka bekerja untuk pemberi job yang datang dari negara-negara maju seperti AS atau Australia.

Untuk menjadi freelancer, tentu saja Anda butuh keahlian yang mumpuni. Toh, Anda juga mesti bersaing dengan banyak freelancer lainnya yang juga sama-sama mencari peruntungan.

Nah, oleh karena itu, agar lebih mudah dalam persaingan menerima job, Anda juga perlu portofolio yang mumpuni untuk menarik kepercayaan pemberi job. Baik itu yang menunjukan rekam jejak karya Anda, maupun rekam jejak klien Anda.

Biasanya, situs-situs semacam ini juga memiliki fitur rating atau ulasan yang memungkinkan klien menilai kinerja Anda selama bekerjasama. Rating ini kemudian akan menjadi bahan pertimbangan para pemberi job lainnya.

8. Menjadi Influencer

Cara lainnya yang menjadi favorit untuk mendapatkan penghasilan di internet adalah menjadi seorang influencer. Infuencer adalah orang yang punya kemampuan untuk memberikan pengaruh bagi banyak orang atau pengikutnya.

Influencer ini ada yang memanfaatkan pengaruhnya untuk kepentingan politis, namun ada juga yang memanfaatkan untuk kepentingan uang. 

Anda tahu kan, bahwa di instagram banyak selebgram? Dengan banyak pengikutnya yang rajin like dan komen, mereka mampu menarik banyak bisnis untuk menggunakan jasa mereka untuk endorse.

Semakin banyak followers-nya, semakin besar tarif endorse yang bisa dipasang. Tinggal foto dan jepret-jepret saja, seorang selebgram bisa dapat uang hingga jutaan rupiah.

Selebgram hanya salah satu jalan menjadi influencer. Anda juga bisa menjadi influencer melalui sosial media yang lainnya.

Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membangun branding diri Anda melalui konten-konten bermanfaat yang Anda bagikan. 

Jika Anda konsisten dan sesuai dengan ketertarikan publik, pasti lambat laun banyak orang yang mengikuti Anda. Mereka akan dengan mudah terpengaruh dengan apa yang Anda bagikan.

Kemampuan mempengaruhi inilah yang diharapkan para pemilik bisnis yang menggunakan jasa endorse membuat banyak orang membeli produknya.

9. Menjadi Affiliate Marketer

Dalam bahasa Inggris, affiliate itu artinya keanggotaan. Namun, dalam dunia mencari uang di internet, istilah ini merujuk pada aktivitas menjualkan barang milik orang lain melalui promosi di internet dengan mendapatkan komisi atas setiap pembelian.

Poin utama agar Anda bisa mendapatkan uang dengan cara ini adalah kemampuan mendatang traffic ke lini-lini tempat affiliate memasarkan produk yang ingin Anda raih komisinya. Entah itu traffic website, traffic youtube, traffic facebook, dan yang lainnya.

Jika Anda sudah punya pengikut atau pembaca setia di lini-lini tersebut, Anda bisa tawarkan mereka dengan manfaat-manfaat yang didapat dari produk yang Anda tawarkan.

Kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini adalah copy writing yang bagus. 

Tak sedikit juga orang yang berhasil dengan cara menjadi affiliate. Umumnya mereka adalah orang-orang yang sudah punya autorithy bagus dilingkunganya masing-masing.

Salah satu affiliate terkenal yang Saya tau banyak menghasilkan uang adalah Dewa Eka Prayoga.

Nah, setelah membaca list-list yang Saya bagikan, kira-kira, pekerjaan mana yang ingin Anda coba? Apa yang akan Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui internet?

Semoga cara mendapatkan penghasilan dari internet ini dapat bermanfaat ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like