Contoh soal teks Negosiasi kelas 10 mungkin Anda perlukan. Kami mencoba menyediakannya baik pilihan ganda maupun esay.

Dalam rangka mengevaluasi tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia semester genap, yaitu Teks Negosiasi, berikut kami sajikan kumpulan soal-soal pilihan ganda maupun esay yang  bisa dipelajari oleh adik-adik siswa tingkat kelas 10/X SMA.

Contoh Soal Teks Negosiasi Kelas 10

Terdapat 30 contoh soal pilihan ganda dan 10 soal esay berkaitan dengan materi Teks Negosiasi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10/X semester 2 (genap) yang bisa adik-adik sekalian pelajari sekaligus sebagai rujukan dalam menjawab tugas dari guru.

Contoh Soal Teks Negosiasi Pilihan Ganda

A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D.

1. Berikut ini yang bukan merupakan struktur teks negosiasi adalah…

a. Permintaan

b. Penawaran

c. Persetujuan

d. Penghiburan


2. Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk mencapai…

a. Kesenangan semata

b. Keuntungan tersendiri

c. Memberikan informasi

d. Kesepakatan bersama

3. negosiasi dapat dilakukan di …

a. Pasar

b. Toko

c. Sekolah

d. Semua benar

4. Dalam struktur teks negosiasi, orientasi sama halnya dengan

a. Pembuka

b. Penutup

c. Isi

d. penawaran

5. negosiasi dapat dilakukan oleh beberapa orang, kecuali …

a. Sendiri

b. 3 orang

c. 2 orang

d. 15 orang

6. cara yang tepat untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi adalah …

a. Dengan emosional

b. Mengemukakan pendapat dengan bijak

c. Mengjhina pihak lain

d. Bersikap tidak peduli dengan pihak lain

7. proses tawar-menawar antara dua pihak atau lebih, disebut …

a. Debat

b. Tanya jawab

c. diskusi

d. Negosiasi

8. struktur negosiasi secara umum adalah …

a. Pembuka-isi-penutup

b. Pernyataan umum-aspek yang dilaporkan

c. Tujuan-langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan

d. Tesis-argumentasi-pernyataan pendapat

9 Bagian yang berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian. Pernyataan tersebut terdapat pada bagian….

a. pembuka

b. penyampaian materi

c. tawar-menawar dan penyelesaian masalah

d. negosiasi

10. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!

Pimpinan perusahaan: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!

Buruh: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!

Pengusaha: Alasan apa?

Buruh: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!

Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah….

a. teks negosiasi antara perwakilan buruh dan pengusaha.

b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.

c. keinginan buruh untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.

d. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.

11. Kalimat berikut yang termasuk bagian isi dari teks negosiasi adalah

a. Buruh: selamat siang, pak!

Pimpinan perusahaan: Silakan. Ada yang bisa saya bantu?

b. buruh:  saya mewakili karyawan lain ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak.

Pimpinan perusahaan: ya, silakan.

c. Pimpinan perusahaan: Alasan apa?

buruh: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!

d. buruh: Saya meminta komitmennya, Pak!

Pimpinan perusahaan: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.

12. bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah …

a. Imperative

b. Ekspresif

c. Interogatif

d. Deklaratif

13. Teks negosiasi berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah….

a. siswa: Uang saya tidak cukup, bagaimana kalo Rp.48.000,00 Saja?

kasir: itu terlalu murah, bagimana kalau Rp.55.000,00 saja?

b. siswa: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.

kasir: Begini saja, saya akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagimana?

c. siswa: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.

kasir: ini bukunya.

d. siswa: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu saya.

kasir: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah membeli buku di toko saya.

14. Bagian orientasi pada  teks berikut adalah….

a. pembeli: Selamat siang, Pak.

    Penjual: Selamat siang kembali. Maaf ada yang bisa saya bantu?

b. pembeli: Kalau yang ini boleh saya tawar, pak?

    Penjual: Ooh, boleh mas, memangnya mau ditawar berapa?

c. pembeli: 450 ribu boleh, pak?

   Penjual: Wah, maaf mas, harga pasnya 700 ribu, mas. Itu sudah diskon 10%.

d. pembeli: 600 ribu gimana,pak?

    Penjual: maaf, mas, masih belum boleh. Ya sudah penawaran terakhir 650 ribu.

15. Berikut ini kaidah teks negosiasi yang baik, kecuali….

a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.

b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.

c. Menjelaskan pendapat orang lain.

d. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukan bahwa kamu telah mengerti.

16. struktur yang pertama kali muncul dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi.  Pernyataan tersebut merupakan bagian dari struktur kompleks teks negosiasi berupa….

a. orientasi

b. permintaan

c. persetujuan

d. pembelian

17. Bagian teks negosiasi yang berisikan pernyataan mengenai barang atau masalah yang sedang dihadapi adalah….

a. penawaran 

b. permintaan

c. interaksi

d. uraian 

18. Terjadinya interaksi berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui bersama. Dalam teks negosiasi, pernyataan tersebut terjadi pada bagian….

a. persetujuan

b. penawaran

c. pemenuhan 

d. pembelian

19. Dalam teks negosiasi, bagian pemenuhan biasanya memberitahukan tentang barang atau permasalahan agar lawan intraksi menjadi lebih paham. Bagian ini juga menjelaskan serta menjawab pertanya dari

a. pembeli

b. pedagang

c. permintaan

d. permintaan yang telah diajukan 

20. Kegiatan yang dilakukan untuk mempeebaiki teks yang telah ada. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

a. mengeritik teks

b. mengevaluasi teks

c. menelaah teks

d. menilai teks

21. Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan adalah pengertian dari…

a. Negosiasi

b. Cerita singkat

c. Anekdot

d. Prosedur kompleks

22. Perhatikan kutipan dialog berikut!

Penjaga toko : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaxin warna transparan. Harga lima juta setengah, gratis micro sd 32 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.

pembeli : Wah, itu terlalu kemahalan, kak. Ini kan tipe dulu. Harga pasarannya tiga juta. tiga juta saja ya…

Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….

a. Mengucapkan salam – membalas salam

b. Bertanya – menjawab /tidak menjawab

c. Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan

d. Menawarkan – menerima/ menolak tawaran

23. Tindakan yang dilakukan pertama kali agar negosiasi berjalan lancar adalah …

a. Membandingkan beberapa pilihan

b. Mengajak membuat kesepakatan

c. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi

d. Memberikan alasan mengapa harus dibuat kesepakatan

24 Berikut ini yang termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah .…

a. Bapak harus turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang.

b. Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami.

c. Kami sudah lelah bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikan jauh dari kata layak.

d. Hanya bapak yang dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan.

25. negosiasi memprioritaskan kepentingan …

a. Bersama

b. Keluarga

c. Teman

d. Kelompok

26. yang merupakan negosiasi adalah…

a. Diskusi di kelas

b. Tawar-menawar dalam jual-beli

c. Lomba debat

d. Tanya-jawab

27. Apa yang dimaksud dengan teks negosiasi…

a. Interaksi sosial yang berfungsi untuk kesepakatan bersama

b. Interaksi sosial yang menimbulkan kekacauan

c. Interaksi sosial yang berfungsi untuk menanyakan alamat

d. Teks yang berisi lelucon

28. Struktur pertama dalam negosiasi…

a. Pembelian

b. Permintaan

c. Penawaran

d. Orientasi

29. Cermati kalimat berikut!

Calon pembeli : “Delapan puluh ribu kemahalan, Bu. Enam puluh lima ribu saja, ya? Saya beli dua baju, Bu.”

Dalam kegiatan jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam struktur ….

a. Permintaan

b. Penawaran

c. Pemenuhan

d. Pembelian

30. Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi adalah….

a. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakukan persiapan

b. Pakailah segala cara untuk memenangkan negosiasi

c. Orang yang bernegosiasi harus saling menghormati

d. Orang yang bernegosiasi harus mematuhi aturan

Contoh Soal Teks Negosiasi Esay

B. SOAL URAIAN (ESSAY)

1. Bagian 3 dalam cuplikan teks negosiasi berikut ini merupakan….

bagian 1. 

Penjual: good morning mam

Pembeli: selamat pagi

Penjual: mari mau beli apa?

bagian 2. 

Pembeli: ada miniatur borobodur?

Penjual: ya ada

bagian 3. 

Pembeli: harganya berapa?

Pemjual: 75 ribu

bagian 4. 

Pembeli: wah,mahal. 40 ribu ya?

Penjual: belum boleh.50 ribu. Itu sudah murah

2.   Partisipan dalam teks negosiasi berikut ini adalah ….

a) Penumpang : “Bang, ke Pasar Angker berapa?”

b) Ojek : “30ribu, Kang.”

c) Penumpang : “Kok mahal amat Bang, kan deket tuh di situ, 15 ribu aja ya.”

d) Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin atuh.”

e) Penumpang : “Iya deh iya Bang, saya tambah 3 ribu biar jadi. 18ribu ya. Bagaimana?”

f) Ojek : “Tambah 5 ribu lagi deh, langsung capcusss.”

g) Penumpang : “Okelah Bang, saya setuju, antar saya ke Pasar Angker.”

3. Sebutkan ciri-ciri teks negosiasi!

4. Jelaskan fungsi teks negosiasi.

5. Sebutkan tujuan teks negosiasi!

6. Sebutkan kaidah kebahasaan yang biasanya digunakan dalam teks negosiasi.

7. apa yang dimaksud teks negosiasi?

8. Sebutkan kaidah teks negosiasi yang baik.

9. jelaskanlah struktur teks negosiasi! 

10. Analisislah setruktur teks negosiasi berikut ini!

Beli Laptop Baru 

Penjual            : “Selamat datang, silahkan duduk.”

Pembeli           : “Terima kasih.”

Penjual            : “Ada yang bisa saya bantu?”

Pembeli            : “Saya ingin beli laptop.”

Penjual             : “Ingin laptop merk apa kak?”

Pembeli            : “Yang bagus itu merek apa kak ?”

Penjual              : “Begini kak, kalau masalah bagus tidaknya itu relatif kak.

Semua merek ada kelebihan dan juga ada kekurangannya.”

Pembeli            : “Ohh, begitu.”

Penjual : “Tetapi sekarang yang paling laris itu levono kak.”

Pembeli            : “Saya boleh lihat yang Levono?”

Penjual    : “Iya, sebentar saya ambilkan dahulu.”

Pembeli   : “Iya.”

Penjual    : “Ini kak, silahkan di coba dahulu.”

Pembeli   : “Fasilitasnya apa saja kak ?”

Penjual     : “Ada wifi, bluetooth, memory 2 GB,  monitor 14” dan masih banyak lagi.”

Pembeli   : “Warnanya ini hanya hitam saja kak?”

Penjual    : “Kalau ini ada warna coklat, putih, merah,

sama hitam ini kak.”

Pembeli               : “Harganya berapa kak?”

Penjual                : “Kalau yang ini harganya Rp 4.500.000,00.”

Pembeli               : “Tidak ada diskon kak ?”

Penjual                : “Kebetulan kita lagi ada promo untuk merek Levono

ada spesial diskon 5%, jadi harganya tinggal Rp 4.200.000,00.”

Pembeli               : “Tidak bisa turun lagi kak ?”

Penjual                : “Tidak bisa kak. Ini bisa di kredit  kak, angsuran

8 X dalam  5 bulan.”

Pembeli               : “Rp 3.600.000,00 gimana kak ?, cash.”

Penjual              : “Di tambahin lagi kak!”

Pembeli              : “Saya tambahin Rp 50.000,00 gimana ?”

Penjual                : “Tetap tidak bisa kak, begini saja saya kasih

Rp 3.850.000,00, itu sudah turun banyak lho kak.”

Pembeli           : “Gak bisa ditambahin lagi kak diskonnya ?”

Penjual           : “Gak bisa kak, nanti kalau ditambahin terus bos saya

marah kak, ini bukan punya saya kalau punya saya, saya kasih kak segitu.”

Pembeli               : “Ya sudah saya setuju Rp 3.850.000,00.”

Penjual                : “Saya buatkan notanya dulu kak.”

Pembeli               : “Iya.”

Penjual                : “Ini notanya kak,silahkan tanda tangan disini.

Ini juga ada garansinya 1 tahun, jadi kalau ada masalah dengan laptopnya

bawa saja kesini.”

Pembeli               : “Oh iya, ini uangnya.”

Penjual           : “Terima kasih. Ini mau diantarkan kerumah atau  dibawa langsung?”

Pembeli          : “Saya bawa langsung saja kak.”

Penjual           : “Oh iya.”

Pembeli               : “Selamat siang.”

Penjual                : “Selamat siang.”

Kunci Jawaban

1. permintaan

2. tukang ojek dan penumpang

3. a. Melibatkan dua belah pihak seperti pedagang dan pembeli.

    b. adanya kerja sama untuk mencapai kesepakatan bersama

    c. adanya kesamaan tema atau topik permasalahan yang dibahas

4.   Fungsinya adalah untuk menyelesaikan konflik kepentingan dan permasalahan. Hal-hal yang perlu dinegosiasikan adalah kepentingan negosiasi pekerjaan dan berhubungan dengan hajat/keinginan orang banyak.

5. a) Menyatukan perbedaan-perbedaan pendapat dari orang yang memiliki kepentingan yang berbeda.

    b) Mendapat kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

    c) Mendapatkan atau mencapai kata kesepakatan dalam kesamaan, persepsi, saling pengertian, dan persetujuan

6. – Menggunakan bahasa yang santun.

– Terdapat ungkapan persuasif (bahasa untuk membujuk).

– Berisi pasangan tuturan.

– Kesepakatan yang dihasilkan tidak merugikan dua belah pihak.

– Bersifat memerintah dan memenuhi perintah.

-Tidak berargumen dalam 1 waktu.

– Didasari argumen yang kuat disertai fakta.

– Minta alasan dari pihak mitra negosiasi (mengapa ya/tidak).

-Jangan menyela argumen.

7. teks negosiasi adalah sebuah teks yang di dalamnya berisi interaksi sosial antara satu pihak dan pihak lainnya yang disebebkan oleh adanya suatu kepentingan yang berbeda atau saling bertentangan dan hal ini mengharuskan adanya sebuah penyelesaian (keputusan) agar dapat tercapai suatu kesepakatan antara kedua belah pihak.  

8.  a) tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu kata.

b) mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung oleh fakta.

c) bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.

d) jelaskan pandanganmu, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, kemudian kamu dapat mengatakan jika kamu tidak setuju dengan mitra negosiasi.

e) jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukkan bahwa kamu telah mengerti.

 f) minta alasan dari pihak mitra negosiasi (mengapa ya/mengapa tidak)

g) jangan menyela argumen dari pihak mitra negosiasi, dengarkan, dan cari titik lemahnya.

9. Teks negosiasi disusun berdasarkan struktur berikut: 

a) Orientasi: berisi salam, sapaan, atau bagian yang mengawali pembicaraan. 

b) Pengajuan: berisi tujuan menyampaikan negosiasi. Tujuan tersebut bisa berupa keinginan atau keperluan yang ingin penting untuk dibicarakan kedua belah pihak. 

c) Penawaran: proses paling penting dari negosiasi. Terjadi tawar-menawar antara pihak satu dengan lainnya. Ada perbedaan pendapat dalam tahap ini. Penulis teks negosiasi menyampaikan keinginannya dan komprominya agar proses negosiasi berjalan. 

d) Persetujuan: dari tawar menawar yang terjadi pada tahap sebelumnya, diambillah sebuah kesepakatan. Kesepakatan kedua belah pihak menandai disetujuinya sebuah negosisasi. 

e) Penutup: berisi akhir dari seluruh proses negosiasi. Dapat berupa salam atau ucapan terima kasih.

10.  Beli Laptop Baru 

ORIENTASI:

Penjual            : “Selamat datang, silahkan duduk.”

Pembeli           : “Terima kasih.”

Penjual            : “Ada yang bisa saya bantu?”

PERMINTAAN

Pembeli            : “Saya ingin beli laptop.”

Penjual             : “Ingin laptop merk apa kak?”

Pembeli            : “Yang bagus itu merek apa kak ?”

Penjual              : “Begini kak, kalau masalah bagus tidaknya itu relatif kak.

Semua merek ada kelebihan dan juga ada kekurangannya.”

Pembeli            : “Ohh, begitu.”

Penjual : “Tetapi sekarang yang paling laris itu levono kak.”

Pembeli            : “Saya boleh lihat yang Levono?”

PEMENUHAN

Penjual    : “Iya, sebentar saya ambilkan dahulu.”

Pembeli   : “Iya.”

Penjual    : “Ini kak, silahkan di coba dahulu.”

Pembeli   : “Fasilitasnya apa saja kak ?”

Penjual     : “Ada wifi, bluetooth, memory 2 GB,  monitor 14” dan masih banyak lagi.”

Pembeli   : “Warnanya ini hanya hitam saja kak?”

Penjual    : “Kalau ini ada warna coklat, putih, merah, sama hitam ini kak.”

PENAWARAN        

Pembeli               : “Harganya berapa kak?”

Penjual                : “Kalau yang ini harganya Rp 4.500.000,00.”

Pembeli               : “Tidak ada diskon kak ?”

Penjual                : “Kebetulan kita lagi ada promo untuk merek Levono ada spesial diskon 5%, jadi harganya tinggal Rp 4.200.000,00.”

Pembeli               : “Tidak bisa turun lagi kak ?”

Penjual                : “Tidak bisa kak. Ini bisa di kredit  kak, angsuran 8 X dalam  5 bulan.”

Pembeli               : “Rp 3.600.000,00 gimana kak ?, cash.”

Penjual              : “Di tambahin lagi kak!”

Pembeli              : “Saya tambahin Rp 50.000,00 gimana ?”

Penjual                : “Tetap tidak bisa kak, begini saja saya kasih Rp 3.850.000,00, itu sudah turun banyak lho kak.”

Pembeli           : “Gak bisa ditambahin lagi kak diskonnya ?”

Penjual           : “Gak bisa kak, nanti kalau ditambahin terus bos saya marah kak, ini bukan punya saya kalau punya saya, saya kasih kak segitu.”

 PERSETUJUAN

Pembeli               : “Ya sudah saya setuju Rp 3.850.000,00.”

PEMBELIAN

Penjual                : “Saya buatkan notanya dulu kak.”

Pembeli               : “Iya.”

Penjual                : “Ini notanya kak,silahkan tanda tangan disini. Ini juga ada garansinya 1 tahun, jadi kalau ada masalah dengan laptopnya bawa saja kesini.”

Pembeli               : “Oh iya, ini uangnya.”

Penjual                : “Terima kasih. Ini mau diantarkan kerumah atau  dibawa langsung?”

Pembeli               : “Saya bawa langsung saja kak.”

Penjual                 : “Oh iya.”

PENUTUP

Pembeli               : “Selamat siang.”

Penjual                : “Selamat siang.”

Nah, itulah contoh soal Teks Negosiasi pilihan ganda dan esay beserta jawabannya. Semoga bermanfaat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like