Materi Malaikat Selalu Bersamaku (PAI Kelas 10) Kurikulum 2013 Revisi

Materi PAI untuk kelas 10 salah satunya memiliki topik Malaikat Selalu Bersamaku. Topik ini mungkin saja perlu untuk kalian miliki. Maka dari itu, kami membuatnya berdasarkan isi buku paket terbitan Kemendikbud.

Malaikat Selalu Bersamaku

Terdapat cukup banyak sub bab topik dalam materi seputar malaikat ini. Kamu bisa membaca semuanya atau fokus pada pembahasan tertentu dengan mencari di daftar isi ini:

A. Memahami Makna Iman kepada Malaikat dan Tugas-tugasnya

1. Pengertian Iman kepada Malaikat

Iman secara bahasa artinya percaya atau yakin. Iman dari segi istilah artinya meyakini setulus hati dengan mengakar kuat, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan seluruh anggota badan.

Kata malaikat berasal dari bahasa Arab, yaitu malā’ikah  yang merupakan bentuk jamak dari kata malak yang terambil dari kata la’aka  yang berarti “menyampaikan sesuatu”. Jadi, malak/malaikat secara bahasa artinya adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari Allah Swt. Adapun Menurut istilah, malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah Swt. dari cahaya, sebagai utusan Allah Swt. yang taat, patuh, serta tidak pernah membangkang terhadap perintah-perintah-Nya.

Jadi, iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutus untuk melaksanakan segala perintah-Nya.

2. Hukum Beriman kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat hukumnya adalah fardlu ‘ain. Beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman selain iman kepada Allah Swt., kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan qada/qadar.

Hal ini berdasarkan firman Allah dalam al-Qur’ān surat an Nisa ayat 136 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya (Muhammad saw.) dan kepada Kitab (al-Qur’ān) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah Swt., malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.”

3. Penciptaan Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah Swt. yang diciptakan dari nur atau cahaya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi saw yang artinya: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.” (HR. Muslim)

4. Perbedaan antara Malaikat, Manusia, dan Jin

Dari segi asalnya, malaikat berbeda dengan manusia dan jin. Malaikat diciptakan dari nur atau cahaya sementara manusia dan jin masing-masing diciptakan dari tanah dan api.

Sedangkan dari segi sifatnya, malaikat adalah mahluk yang tidak memiliki nafsu, sehingga mereka selalu beribadah kepada Allah dan mustahil melakukan kemaksiatan. Adapun jin dan manusia adalah mahluk yang memiliki nafsu dan akal, sehingga mereka kadangkala melakukan ibadah dan kadangkala  melakukan kemaksiatan.

5. Jumlah Malaikat

Mengenai jumlah malaikat, tidak ada satupun dalil baik di Al-Qur’an maupun hadits yang menyebutkan dengan jelas. Akan tetapi ada sebuah hadits yang menggambarkan tentang banyaknya jumlah malaikat. Rasulullah saw bersabda yang artinya:

“Barangsiapa mengunjungi saudaranya sesama muslim maka seakan ia berjalan di bawah pepohonan surga hingga ia duduk, jika telah duduk maka rahmat akan melingkupinya. Jika mengunjunginya di waktu pagi, maka tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan jika ia mengunjunginya di waktu sore, maka tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari.” (H.R. Ibnu Majah)

Banyaknya jumlah malaikat tersebut menggambarkan betapa Mahakuasa Allah Swt. karena dengan jumlah malaikat yang demikian banyak, sangat mudah bagi Allah Swt. untuk mengetahui gerak-gerik serta tigkah laku manusia. Namun demikian, umat Islam diperintahkan untuk mengetahui dan mengimani sepuluh nama malaikat berikut tugasnya.

6. Nama Malaikat dan Tugasnya Masing-Masing

a. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril dikenal juga sebagai penghulu para malaikat. Malaikat Jibril memiliki beberapa nama lain atau julukan, di antaranya adalah Rûḥ alAmin dan Rûḥ al-Qudus. Adapun tugas utamanya adalah menyampaikan wahyu dari Allah Swt. kepada para nabi dan rasul-Nya.

b. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang tugasnya mengatur urusan makhluk Allah Swt. termasuk mengatur rezeki terutama untuk manusia. Seperti mengatur air, menurunkan hujan/peti, membagikan rezeki untuk manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan lain-lainnya yang ada di muka bumi ini. Malaikat Mikail, termasuk salah satu malaikat yang menjadi pembesar seluruh malaikat selain Malaikat Jibril.

c. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa semua makhluk termasuk dirinya sendiri. Malaikat Izrail dikenal juga dengan sebutan Malaikat Maut. Malaikat Izrail juga diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah Swt., di antaranya adalah dapat menjangkau dengan mudah dari barat hingga timur. 

d. Malaikat Israfil

Malaikat Israfi tugasnya meniup sangkakala. Israfi selalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad, hingga menunggu perintah dari Allah Swt. untuk meniupnya pada hari kiamat. Pada hari itu, Malaikat Israfi akan turun ke bumi dan berdiri di batu/ bukit suci di Jerusalem. Tiupan pertama akan menghancurkan dunia beserta isinya, tipan kedua akan mematian para malaikat serta tiupan ketiga akan membangkitkan orang-orang yang telah mati dan mengumpulkan mereka di Padang Maĥsyar.

e. Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir

Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir merupakan dua malaikat yang bertugas menanyakan dan menguji iman orang yang sudah mati di alam kubur. Hal itu akan dimulai ketika pemakaman selesai dan orang terakhir dari jamaah yang mengikuti pemakaman telah melangkah 40 langkah dari makam.

g. Malaikat Raqib dan Malaikat Atid

Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal kebaikan manusia. Ia bersama Malaikat ‘Atid yang mencatat amal buruk bertugas bersamaan. Malaikat Raqib dan ‘Atid sangat jujur dan tiak pernah bermaksiat kepada Allah Swt. Mereka mencatat dengan penuh ketelitian, sehingga tidak ada satu pun keburukan dan kebaikan yang luput dari catatan keduanya.

h. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah malaikat yang bertugas menjaga dan mengawasi neraka. Ia juga memimpin para malaikat yang bertugas untuk menyiksa jin dan manusia yang ada di neraka.

i. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengawasi surga serta menyambut semua hamba Allah Swt. yang akan masuk ke dalamnya. Malaikat Ridwan sangat ramah menyambut dan mempersilakan orang orang yang akan masuk ke dalam surga.

B. Hikmah Beriman kepada Malaikat

Orang-orang yang beriman selalu dapat mengambil pelajaran dari materi yang diimani. Dalam hal beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt., pelajaran yang dapat dipetik olehmu antara lain adalah sebagai berikut.

  • Menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.
  • Senantiasa hati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatan sebab segala apa yang dilakukan manusia tidak luput dari pengamatan malaikat Allah Swt.
  • Menambah kesadaran terhadap alam mengenai wujud yang tidak terjangkau oleh panca indra manusia.
  • Menambah rasa syukur kepada Allah Swt. karena melalui malaikat- malaikat-Nya, manusia memperoleh banyak karunia.
  • Menambah semangat dan ikhlas dalam beribadah walaupun tidak dilihat oleh orang lain ketika melakukannya.
Nah, demikianlah materi malaikat selalu bersamaku PAI kelas 10. Semoga bermanfaat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like