Salah satu materi yang siswa pelajari di jenjang kelas 10 mata pelajaran PAI adalah tentang nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagai pengetahuan. Pembelajaran tentang ini dilakukan pada semester 2.

CARI ILMU DAN BERBAGI

Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

Ada beberapa sub bab yang di bahas dalam topik ini. Silahkan sobat Mata Pendidikan cek daftar isinya di sini:

A. Memahami Makna Menuntut Ilmu dan Keutamaannya

1. Kewajiban Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu atau belajar adalah kewajiban setiap orang Islam. Banyak sekali ayat al-Qur’ān atau hadis Rasulullah saw. yang menjelaskan tentang kewajiban belajar, baik kewajiban tersebut ditujukan kepada laki-laki maupun perempuan. Bahkan wahyu pertama yang diterima Nabi saw. adalah perintah untuk membaca atau belajar.

Kewajiban menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan menandakan bahwa agama Islam tidak membeda-bedakan hak dan kewajiban manusia berdasarkan jenis kelaminnya. Walau memang ada beberapa kewajiban yang diperintahkan Allah Swt. dan Rasul-Nya yang membedakan lak-laki dengan perempuan. Akan tetapi, dalam menuntut ilmu semua memiliki kewajiban dan hak yang sama antara laki-laki dan perempuan.

2. Hukum Menuntut Ilmu

Istilah ilmu mencakup seluruh pengetahuan yang tidak diketahui manusia, baik yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat. Untuk ilmu yang tidak bermanfaat, haram, dan berdosa bagi orang yang mempelajarinya, baik sukses maupun gagal. Adapun ilmu yang bermanfaat, maka wajib dituntut dan dipelajari. Hukum menuntut ilmu-ilmu wajib itu terbagi atas dua bagian, yaitu fardu kifayah dan fardu‘ain.

a. Fardu Kifayah

Hukum menuntut ilmu fardu kifayah berlaku untuk ilmu-ilmu yang harus ada di kalangan umat Islam sebagaimana juga dimiliki dan dikuasai golongan kafir. Sepert ilmu kedokteran, perindustrian, ilmu falaq, ilmu eksakta, serta ilmu-ilmu lainnya.

b. Fardu ‘Ain

Hukum mencari ilmu menjadi fardu‘ain jika ilmu itu tidak boleh ditiggalkan oleh setiap muslim dan muslimah dalam segala situasi dan kondisi, seperti ilmu mengenal Allah Swt. dengan segala sifat-Nya, ilmu tentang tatacara beribadah, dan sebagainya.

3. Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu

Orang-orang yang menuntut ilmu dan mengajarkannya diberikan keutamaan oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya dengan derajat yang tiggi di sisi Allah Swt. Di antara keutamaan-keutamaan orang yang menuntut ilmu dan yang mengajarkannya adalah sebagai berikut.

  • Diberikan derajat yang tiggi di sisi Allah Swt.
  • Diberikan pahala yang besar di hari kiamat nant
  • Merupakan sedekah yang paling utama
  • Lebih utama daripada seorang ahli ibadah
  • Lebih utama dari śalat seribu raka’at
  • Diberikan pahala sepert pahala orang yang sedang berjihad di jalan Allah
  • Dinaungi oleh malaikat pembawa rahmat dan dimudahkan menuju surge

B. Ayat-Ayat Al-Qur’ān dan Hadits tentang Ilmu Pengetahuan

1. Q.S. at-Taubah/9:122

a. Artinya

“Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.”

b. Kandungan Ayat

Isi kandungan dalam ayat ini antara lain adalah:

  • Harus ada pembagian tugas dalam masyarakat
  • Ayat ini memberi anjuran tegas kepada umat Islam agar ada sebagian dari umat Islam yang memperdalam agama.
  • Hendaklah jihad itu dibagi kepada jihad bersenjata, jihad memperdalam ilmu pengetahuan, dan pengertian tentang agama.

2. Hadits Mencari Ilmu dan Keutamaannya

a. Artinya

Rasulullah saw. Bersabda; “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Dan sesungguhnya segala sesuatu hingga makhluk hidup di lautan memintakan ampun bagi penuntut ilmu” (H.R. Ibnu Abdul Barr)

b. Kandungan Hadits

  • Isi kandungan dalam hadits ini antara lain adalah:
  • Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.
  • Orang yang berilmu akan diberikan ampunan oleh Allah
  • Penuntut ilmu akan mendapatkan berbagai kemudahan di dunia dan akhirat

Demikianlah materi mengenai nikmatnya mencai ilmu dan indahnya berbagi ilmu pengetahuan. Semoga kita semua bisa mengamalkannya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like