Materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa menjadi salah satu pembahasan dalam pelajaran PAI kelas 11. Siswa siswi membahasnya pada bab 11, yang biasanya ada pada semester 2. Berikut materinya.

Materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Ada berbagai sub bab dalam pembahasan ini, para pembaca semuanya bisa cek melalui daftar isi ini:

A. Pentingnya Perilaku Toleransi

Pengertian Toleransi

Toleransi secara bahasa berasal dari bahasa latin tolerare yang berarti dengan sabar membiarkan sesuatu. Adapun pengertian toleransi secara luas adalah suatu perilaku yang tidak menyimpang dari aturan, dimana seseorang menghormati atau menghargai setiap tindakan yang dilakukan orang lain.

Pentingnya Toleransi

Toleransi sangat penting dalam kehidupan manusia, baik dalam berkata-kata maupun dalam bertingkah laku. Toleransi juga merupakan awal dari sikap menerima bahwa perbedaan bukanlah suatu hal yang salah, justru perbedaan harus dihargai dan dimengerti sebagai kekayaan. Misalnya, perbedaan ras, suku, agama, adat istiadat, cara pandang, perilaku, pendapat.

Dalil Mengenai Toleransi

1. Q.S. Yūnus/10: 40-41

Allah Swt. berfirman dalam Q.S. Yūnus/10: 40-41 yang artinya: “Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (al-Qur’ān), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.” 

Isi kandungan ayat ini adalah:

  • Umat manusia yang hidup setelah diutusnya Nabi Muhammad saw. terbagi menjadi 2 golongan, ada umat yang beriman terhadap kebenaran kerasulan dan kitab suci yang disampaikannya dan ada pula golongan orang yang mendustakan kerasulan Nabi Muhammad saw. dan tidak beriman kepada al Qur’ān.
  • Allah Swt. Maha Mengetahui sikap dan perilaku orang-orang beriman yang selama hidup di dunia senantiasa bertaqwa kepada-Nya, begitu juga orang kafir yang tidak beriman kepada-Nya.
  • Orang beriman harus tegas dan berpendirian teguh atas keyakinannya. Ia tegar meskipun hidup di tengah-tengah orang yang berbeda keyakinan dengan dirinya.

Hadits Nabi dari Ibnu Umar r.a

Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: “Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap sesama saudaranya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap tetangganya.” (HR. Attirmizy)

Manfaat Toleransi

  • Menguatkan tali persaudaraan
  • Menciptakan keharmonisan dan kedamaian
  • Menumbuhkan dan menguatkan rasa nasionalisme
  • Melancarkan pembangunan Negara
  • Menghindari perpecahan
  • Perilaku Toleransi Dalam Keseharian
  • Saling menghargai adanya perbedaan keyakinan.
  • Saling menghargai adanya perbedaan pendapat.
  • Belajar empati, yaitu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, lalu bantulah orang yang membutuhkan.
  • Mudah memaafkan kesalahan orang lain.

B. Menghindarkan Diri dari Perilaku Tindak Kekerasan

Definisi Tindak Kekerasan

Kekerasan adalah sebuah tindakan fisik maupun psikologik yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang, baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, langsung atau tidak langsung, dan personal maupun struktural 

Manfaat Menghindarkan Diri dari Perilaku Tindak Kekerasan

Ada banyak manfaat yang dapat didapatkan dari menghindari kekerasan, diantaranya:

  • Mendapat kemuliaan dan ridha dari Allah Swt.
  • Dijauhkan dari permusuhan dan konflik antara sesama manusia.
  • Hati menjadi lebih tenang dan hidup menjadi lebih tentram.
  • Dijauhkan dari sifat iri, dengki dan juga dendam terhadap orang lain.

Dalil Mengenai Pentingnya Menghindarkan Diri dari Perilaku Tindak Kekerasan

Q.S. al-Māidah/5: 32 

Allah berfirman dalam Q.S. al-Māidah/5: 32 yang artinya: “Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa ba-rangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain (qisas), atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya rasul-rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keteranganketerangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.” 

Isi kandungan dari ayat ini adalah:

  • Nilai suatu pekerjaan berkaitan dengan tujuan mereka. Pembunuhan seorang manusia dengan maksud jahat merupakan pemusnahan sebuah masyarakat, tetapi keputusan pengadilan untuk melakukan eksekusi terhadap seorang pembunuh dalam rangka qisas merupakan sumber kehidupan masyarakat.
  • Mereka yang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan penyelamatan jiwa manusia, seperti para dokter, perawat, polisi harus mengerti nilai pekerjaan mereka. Menyembuhkan atau menyelamatkan orang yang sakit dari kematian bagaikan menyelamatkan sebuah masyarakat dari kehancuran.
Sekian pembahasan mengenai materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa untuk pelajaran PAI kelas 11.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like