Kultum tentang kebersihan bisa menjadi solusi untuk memberikan dorongan untuk orang orang agar cinta dengan kebersihan. Anda bisa menggunakannya untuk menyampaikan ke sekitar Anda.

Kultum tentang Kebersihan

Ada setidaknya 3 contoh kultum yang sudah saya siapkan. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan semoga bermaanfaat.

Kultum tentang Islam dan Kebersihan

Hadirin sekalian…

Islam adalah agama yang menyeru kepada kepada kebersihan dan kesucian. Kapanpun dan bagaimanapun kondisinya, seorang muslim sebisa mungkin harus menjaga kebersihan dan kesucian badan, pakaian, dan tempat, dan lingkungannya. Allah Swt. berfirman: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang bersuci. (TQS Al-Baqarah:222). Selain itu Rasululllah Saw. bersabda yang artinya: “Bersuci adalah sebagian daripada iman. (HR Ahmad)

Hadirin sekalian…

Seorang muslim mau tidak mau dituntut untuk selalu tetap bersih dan suci. Salah satunya dengan adanya perintah wudlu. Sebagaimana sudah diketahui, seorang muslim diwajibkan untul shalat lima kali dalam sehari, dan salah satu syarat agar shalat diterima adalah dengan wudlu terlebih dahulu. Rasulullah Saw. bersabda: “Allah tidak akan menerima shalat yang dilakukan tanpa bersuci (berwudlu). (HR Bukhari)

Selain untuk shalat, berwudlu pun diperintahkan oleh Allah sebagai persiapan melakukan ibadah yang lain, seperti membaca qur’an dan thawaf di Baitullah. Dengan melakukan wudlu, seorang muslim akan senantiasa bersih dan suci. Sebab, wudlu adalah aktivitas mensucikan tangan, wajah, dan kaki. Allah Swt. berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman jika kamu hendak berdiri untuk melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan usaplah kepalamu dan basuh kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki.” (TQS Al Maidah:6)

Tidak cukup dengan berwudlu, islam pun memerintahkan ummatnya mandi untuk membersihkan dan mensucikan semua bagian badannya. Seorang muslim diwajibkan mandi apabila dia mengeluarkan sperma baik disengaja maupun tidak disengaja. Adapun seorang muslimah diwajibkan mandi apabila selesai berjima, dan berakhirnya masa haid dan nifas. Selain ada mandi wajib, seorang muslim pun disunnahkan untuk mandi dalam beberapa keadaan, seperti mandi untuk shalat jumat atau shalat ‘id. 

Hadirin sekalian…

Selain kebersihan badan, islam pun memerintahkan pemeluknya untuk senantiasa menjaga kebersihan pakaian. Allah Swt. berfirman yang artinya: “Dan sucikanlah pakaianmu”. (TQS Al Muddatsir:5). Saking pentingnya kebersihan dalam islam, Allah pun memerintahkan hambaNya untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, mulia dan menyukai kemuliaan, bagus dan menyukai kebagusan. Oleh sebab itu bersihkanlah lingkunganmu.” (HR At-Tirmidzi)

Hadirin sekalian…

Karenanya sebagai muslim yang baik, sudah seharusnya kita menjaga kebersihan dan kesucian. Baik itu kebersihan diri, pakaian, maupun lingkungan. Marilah kita tampakkan keindahan dan kebersihan islam kepada dunia, agar islam dikenal sebagai agama yang bersih dan mencintai keindahan. Wallaahu A’lam

Keutamaan Menjaga Kebersihan

Hadirin sekalian…

Menjaga kebersihan adalah sesuatu perkara yang harus dijaga manusia. Secara fitrah, manusia akan selalu menginginkan kebersihan. Baik itu kebersihan diri, pakaian maupun lingkungan. Dalam islam menjaga kebersihan merupakan sebuah kewajiban. Bahkan Allah akan menyediakan berbagai rahmat dan keutamaan bagi siapapun yang gemar menjaga kebersihan dan kesucian.

Hadirin sekalian…

Diantara keutamaan menjaga kebersihan adalah:

1. Merupakan sebagian dari iman. 

Seseorang yang gemar menjaga kebersihan, pada hakikatnya dia sudah menyempurnakan sebagian dari imannya. Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: “Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan, dan bacaan subhaanallaahi wal hamdulillaah memenuhi kolong langit dan bumu, shalat adalah cahaya, shadaqah adalah pelita, sabar adalah sinar, dan al-Qur’an adalah pedoman bagimu. (HR Ahmad)

2. Mentaati perintah Allah.

Orang yang gemar menjaga kebersihan, sejatinya dia sudah melakukan ketaatan kepada Allah. Sebab menjaga kebersihan merupakan sebuah kewajiban yang Allah perintahkan. Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, mulia dan menyukai kemuliaan, bagus dan menyukai kebagusan. Oleh sebab itu bersihkanlah lingkunganmu.” (HR At-Tirmidzi).

3. Menghindari penyakit

Menjaga kebersihan merupakan ikhtiyar kita dalam melawan berbagai macam penyakit. Seseorang yang menyukai kebersihan, maka ia beresiko lebih rendah terhadap penyakit yang diakibatkan dari lingkungan yang kotor, seperti ispa, kutu air, kudis, dsb. Sebaliknya, orang yang jorok dan tidak menyukai kebersihan, pada hakikatnya dia mengundang keburukan dan penyakit bagi dirinya sendiri.

4. Mengikuti sunnah Rasulullah

Rasulullah sebagai panutan dan teladan bagi setiap umat muslim, sehingga sudah selayaknya bagi kita untuk meneladani beliau. Termasuk dalam menjaga kebersihan. Beliau adalah orang yang sangat bersih, banyak sekali riwayat yang menggambarkan betapa bersih dan indahnya beliau. Beliau selalu menjaga kebersihan dan kesucian dirinya. Karenanya, pada hakikatnya kita sudah mengikuti beliau, ketika kita rajin menjaga kebersihan.

Hadirin sekalian…

Demikianlah beberapa keutamaan menjaga kebersihan. Semoga dengan mengetahui berbagai keutamaan tersebut, kita bisa lebih semangat dan istiqamah dalam menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan diri, pakaian, tempat maupun lingkungan. Wallaahu A’lam

Menjaga Kebersihan Ala Nabi

Hadirin sekalian…

Menjaga kebersihan adalah ajaran yang sudah didengungkan oleh Islam. Sebagai penganutnya sudah menjadi kelaziman untuk kita amalkan. Sejak empat belas abad yang lalu Nabi Muhammad tampil dengan membawa contoh budaya hidup bersih. Meskipun beliau hidup di tengah gurun dan masa kebodohan, beliau senantiasa menjaga kebersihan.  Dalam islam kebersihan merupakan perintah dan setengah dari ajaran agama kita. Rasulullah Saw. bersabda: “Bersuci (menjaga kebersihan) merupakan sebagian dari iman.” (HR Ahmad)

Hadirin sekalian…

Rasulullah Saw. adalah contoh dan teladan yang sempurna bagi seorang muslim. Allah Swt. berfirma yang artinya: “Dan sungguh pada diri Rasulullah terdapat contoh yang baik.” (TQS  Al Ahzab:21). Karenanya sebagai seorang muslim, tentu menjadi kelaziman bagi kita untuk senantiasa meniru dan mencontoh kepribadian beliau dalam segala hal. Tak terkecuali dalam menjaga kebersihan.

Diantara cara beliau menjaga kebersihan adalah:

1. Menjaga kebersihan badan

Dalam hidupnya, Nabi Muhammad senantiasa menjaga kebersihan badannya. Beliau senantiasa mandi setiap hari, rajin mencuci tangan khususnya sebelum dan sesudah makan, serta membersihkan segala kotoran yang melekat pada lipatan badan. Selain itu beliau juga sering mencukur kumis, memotong kuku-kuku jemari, mencabut bulu ketiak, dan mencukur bulu di sekitar area kemaluan untuk menjaga kebersihan badannya.

2. Menjaga kebersihan mulut

Selain menjaga kebersihan badan, beliau juga senantiasa menjaga kebersihan mulutnya. Beliau membersihkan giginya dengan cara bersiwak (menggosok gigi). Dalam berbagai riwayat disebutkan, Beliau selalu membersihkan mulutnya setelah selesai makan, sebelum shalat, dan bangun tidur. 

3. Mengenakan pakaian yang bersih

Dalam kesehariannya, Nabi Muhammad selalu mengenakan pakaian yang bersih dan suci.  Beliau mengenakan pakaian sesuai kondisi. Beliau menganjurkan agar kita menjaga kerapian pakaian dan melarang untuk mengenakan pakaian yang kainnya terlalu panjang sehingga menyentuh tanah. Larangan ini lebih kepada menjaga pakaian dari terkena kotoran dan tetap terjaga kebersihannya. Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: “Setengah dari kehormatan seorang mukmin kepada Allah, ialah kebersihan pakaiannya.” (HR. Abu Nu`aim)

Hadirin sekalian…

Demikianlah beberapa tips menjaga kebersihan ala Rasulullah Saw. Semoga setelah mengetahui hal ini, marilah kita mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab sudah selayaknya bagi setiap muslim untuk mempraktekkan setiap apa-apa yang dicontohkon oleh Baginda Muhammad Saw. Wallaahu A’lam

Demikianlah kultum tentang kebersihan, semoga bermanfaat ya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like