3 Kultum tentang Keutamaan Berbakti Kepada Orangtua

Supaya semakin orang yang menyadari bahwa berbakti kepada orangtua adalah keharusan, maka memberikannya kultum tentang keutamaan berbakti kepada orangtua bisa jadi solusi. Anda tertarik mencoba?

Kultum tentang Keutamaan Berbakti Kepada Orangtua

Ada setidaknya 3 buah materi yang sudah kami siapkan untuk Anda jadikan bahan kultum. Silahkan digunakan dengan pembukaan dan penutupan yang kami yakin Anda sudah punya andalannya.

 

Kewajiban Hormat Kepada Kedua Orang Tua

Hadirin sekalian…

Orang tua sangat berjasa kepada kita. Betapa banyak pengorbanan yang mereka lakukan untuk kita. Sejak kita masih kecil hingga sekarang ini, mereka mengorbankan jiwa, raga, harta, waktu, dan segalanya demi kita. Karenanya menghormati orang tua adalah kewajiban bagi setiap muslim. 

Agama Islam mengajarkan dan mewajibkan kita sebagai anak untuk berbakti dan taat kepada ibu-bapak. Taat dan berbakti kepada kedua orang tua adalah sikap dan perbuatan yang harus dilakukan. Siapa saja yang justru berbuat buruk kepada kedua orang tuanya, maka akan mendapatkan murka Allah Swt.

Hormat kepada orang tua dalam bahasa arab disebut birrul walidain. Imam An-Nawawi menjelaskan: “Arti birrul wālidain, yaitu berbuat baik terhadap kedua orang tua, bersikap baik kepada keduanya, melakukan berbagai hal yang dapat membuat mereka bergembira, serta berbuat baik kepada teman-teman mereka.”

Hadirin sekalian…

Diantara dalil yang menerangkan tentang perintah menghormati orang tua adalah:

1. Allah berfirman dalam (Q.S. al-Isrā’/17: 23-24) yang artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.”

2. Rasulullah saw. bersabda yang artinya: “Aku bertanya kepada Nabi saw., “Amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah Swt.?” Beliau menjawab, “Ṡalat pada waktunya.” Aku berkata, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada orang tua.” Aku berkata, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Kemudian jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari)

Hadirin sekalian…

Sebagai seorang muslim dan anak yang baik, sudah selayaknya kita membahagiakan orang tua kita dalam keadaan apapun. Bahagiakan dan rawatlah mereka dengan baik selama mereka masih hidup. Jangan sampai kita menyesal karena tidak membahagiakan mereka tatkala keduanya masih hidup. Apabila keduanya telah tiada, maka doakanlah mereka agar tenang di alam akhirat. Wallaahu A’lam.

Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Hadirin sekalian…

Dalam memberikan sebuah perintah, biasanya Allah telah menjadikan berbagai keutamaan di dalamnya. Keutamaan tersebut diberikan Allah sebagai ganjaran atas perintah yang sudah dilaksanakan seorang hamba. Keutamaan tersebut ada yang akan diberikan dunia maupun yang di akhirat.
Tak terkecuali dengan perintah berbakti kepada kedua orang tua. Banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan seorang anak apabila ia berbakti kepada kedua orang tua. 
Hadirin seklaian…
Diantara keutamaan yang akan didapatkan seorang anak apabila ia berbakti kepada kedua orang tua adalah:
1. Dipanjangkan umur dan ditambah rezeki
Seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, rizkinya di dunia akan senantiasa diluaskan. Dia juga akan mendapatkan umur yang panjang dan barokah. Rasulullah Saw. bersabda: “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambungkan silaturahmi.” (HR Ahmad)
2. Tiket menuju surga
Surga adalah impian setiap manusia. Hanya saja untuk mendapatkannya amatlah sulit. Namun dengan ber0bakti kepada kedua orang tua, insya Allah surga akan bisa didapatkan. Rasulullah Saw. bersabda: “Orang tua adalah pertengahan dari pintu-pintu surge. Jika kamu mau, sia-siakanlah pintu itu (kau tidak mendapat surga atau jagalah ia (untuk mendapatkan surge). (HR Tirmidzi)
3. Amalan yang paling utama
Ketika seorang anak membaktikan hidupnya untuk orang tua, maka sejatinya ia sedang melaksanakan amalan yang paling utama. Dari Abdullah bin Mas’ud r.a ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Saw, “Amalan apa yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunnya.” Aku melanjutkan, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Lalu aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (HR Bukhari)
Hadirin sekalian…
Betapa banyak kasih sayang yang sudah orang tua berikan kepada kita. Sebagaimana sebuah lirik lagu: “Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa.” Karenanya sudah seharusnya kita membalas jasa kedua orang tua dengan berbakti kepadanya. Karena dengan kita berbakti kepadanya, Insya Allah kita akan mendapatkan keberkahan hidup, baik di dunia maupun di akhirat. 

Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Hadirin sekalian…

Allah SWT telah menjadikan pada diri setiap manusia rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang lah yang membuat manusia menjadi bahagia. Tanpa rasa kasih sayang, tentu kehidupan ini akan berjalan dengan sangat mengerikan. Dengan kasih sayanglah kita tumbuh dan dibesarkan oleh kedua orang tua tercinta.

Sedari kecil, orang tua selalu memberikan yang terbaik bagi. Dari mulai pakaian dan makanan, selalu diberikannya kepada kita. Tak terhitung sudah berapa rupiah uang yang keduanya keluarkan demi sang buah hati tercinta. Karenanya, Dalam islam, orangtua memiliki keutamaan yang begitu besar. Banyak sekali dalil yang memerintahkan seorang muslim untuk senantiasa menghormati kedua orang tuanya.

Hadirin sekalian…

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang anak untuk menghormati kedua orangtua, diantaranya:

1. Berbicara Sopan  Dihadapan Orang Tua

Seorang muslim dituntut untuk senantiasa berbicara dengan bahasa yang sopan dan lemah lembut kepada kedua orang tuanya. Tidak diperkenankan seorang muslim berbicara kasar dan dengan nada yang tinggi dihadapan orang tuanya. Saking harusnya berbicara sopan, seorang muslim diharamkan untuk mengucapkan “ah” di hadapan orang tuanya. Allah berfirman: QS Al-Isra ayat 23: “Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

2. Mentaati keduanya

Dalam islam, ketaatan kepada kedua orang tuanya hukumnya wajib. Selama mereka tidak memerintahkan kepada keburukan dan kemaksiatan, seorang muslim harus mentaati perintah kedua orang tuanya. Saking wajibnya mentaati perintah orang tua, seorang muslim boleh membatalkan shalat sunnah apabila orang tua memerintahkan suatu hal kepadanya.

3. Mendoakan keduanya

Sebagai seorang anak, kita harus senantiasa mendoakan kedua orang tua. Jika orang tua kita sudah wafat, maka mintalah kepada Allah agar orang tua kita mendapatkan rahmat dan ampunan dari-Nya. Bahkan doanya kita kepada kedua orang tua adalah bagian dari amal yang tidak terputus. Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: “Jika seorang anak adam mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR Muslim) Namun jika orang tuamu masih hidup, maka berdoalah kepada Allah agar keduanya senantiasa diberikan kesehatan dan rizki yang luas. 

Hadirin sekalian…

Menghormati kedua orang tua adalah salah satu wasilah yang bisa mengantarkan kita kepada surganya Allah. Semakin taat dan hormat kepada kedua orang tua, maka surga pun akan semakin mendekat kepada kita. Karenanya, marilah kita mentaati dan menghormati kedua orang tua kita! Wallaahu A’lam
Nah, demikianlah contoh kultum singkat mengenai keutamaan berbakti kepada orangtua. Semoga bermanfaat ya saudaraku semua!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like