Bedah Jurusan Kuliah Teknik Sipil, Yuk!

Calon maba pasti tidak asing dengan jurusan satu ini. Jurusan Teknik Sipil jadi salah satu jurusan favorit di kalangan pelajar di Indonesia. Teknik Sipil sendiri seringkali dihubungankan dengan hal-hal yang berkaitan dengan bangunan. Padahal, jurusan ini tidak hanya membahas bangunan saja. Kira-kira apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik Sipil? Yuk, kita bedah bersama.

A. Teknik Sipil Itu Apa, Sih?

Program studi teknik sipil adalah jurusan yang mempelajari tentang proses merancang, membangun, dan merenovasi sesuatu. Bukan hanya bangunan, tapi juga jembatan, bendungan, infrastruktur jalan, dan lain sebagainya.

Saat belajar teknik sipil, kalian juga akan belajar banyak tentang unsur bangunan seperti beton, aspal, dan baja. Selain itu, kalian akan belajar tentang memahami perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. 

B. Kenapa harus kuliah jurusan Teknik Sipil?

Teknik Sipil adalah salah satu program studi yang punya peran penting dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi negara. Jadi, ada peluang besar di masa depan untuk kalian lulusan Teknik Sipil. Apalagi sebagai negara berkembang, Indonesia gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

C. Mata kuliahnya apa saja?

Mata kuliah yang akan kalian pelajari di jurusan Teknik Sipil diantara adalah kalkulus, kimia dasar, pengantar rekayasa dan desain, fisika dasar, matematika, menggambar teknik, analisis struktur, rekayasa bahan konstruksi sipil, dan lain sebagainya.

Selain itu, menjadi mahasiswa Teknik Sipil juga akan membuat kalian menjadi lebih teliti, tekun, dan fokus serta tajam dalam riset dan analisis.

D. Lulusan jurusan Teknik Sipil bisa jadi apa?

Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kalian ambil kelak setelah lulus dari jurusan Teknik Sipil:

1. Surveyor Pengendalian Bangunan

2. Insinyur Air

3. Konsultan Konstruksi Bangunan

4. Kontraktor Insinyur Sipil

5. Insinyur Situs Pembangunan

6. Insinyur Struktural

7. Manajer Konstruksi

8. Pengacara Hak Paten

Setelah kenal dengan jurusan Teknik Sipil, apakah kalian berminat jadi salah satu mahasiswa Teknik Sipil? 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like