Daftar 5 PTN Tanpa Uang Pangkal Jalur Mandiri

Beberapa universitas mematok uang pangkal yang cukup tinggi bagi mahasiawa yang diterima lewat jalur mandiri. Uang pangkal juga sering disebut dengan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau uang gedung. Komponen biaya ini lebih identik dengan perkuliahan di PTS. Mahasiswa yang diterima wajib membayarkan uang pangkal sekali ketika pendaftaran ulang. 

Jumlah uang pangkal sendiri bisa bervariasi. Bahkan jika kalian berprestasi, uang pangkal bisa saja dikurangi. Misal: selalu mendapatkan peringkat tiga besar di SMA atau pernah mengikuti lomba tingkat nasional. Meskipun demikian, ada beberapa PTN yang membebaskan mahasiswanya dari uang pangkal lho! Berikut daftarnya.

1. Universitas Sriwijaya – Semua program studi kecuali kedokteran

2. Universitas Indonesia – SIMAK UI S1 Reguler

3. Universitas Gadjah Mada – UTUL UGM

4. Universitas Negeri Jakarta – PENMABA UNJ

5. Universitas Islam Negeri – SEMUA UIN di Indonesia

Walaupun, bebas dari uang pangkal, ketentuan terkait biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) tetap berjalan seperti biasa. Jumlahnya pun bervariasi sesuai kebijakan masing-masing universitas. Ada PTN yang membebaskan uang pangkal, namun langsung menempatkan mahasiswanya pada kategori UKT tertinggi, ada pulan yang melakukan penyesuaikan UKT sesuai ketentuan-ketentuan tertentu. Untuk informasi lanjut, jangan lupa pantau website resmi PTN impian kalian, ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like