Sepertinya belajar ke luar negeri menjadi mimpi banyak orang, ya? Tak terkecuali bagi mereka yang bahkan sudah mengenyam pendidikan di negeri sendiri. Nah, apakah kalian salah satu dari banyak orang yang ingin belajar ke luar negeri? Apalagi jika biayanya gratis? Tak ada salahnya mencoba untuk ikut program pertukaran pelajar.

Sebelum mengambil keputusan keluar negeri, kalian bisa mempertimbangkannya dahulu. Apa saja program pertukaran pelajarnya? Simak daftarnya di bawah.

1.    Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Programme (SSEAYP)

SSEAYP merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Jepang. Peserta program ini hanya dikhususkan untuk negara-negara di Asia Tenggara. Melalui program ini, diharapkan bisa menjadi forum diskusi dan sarana untuk mengenalkan budaya masing-masing negara.

Lalu apa saja syaratnya? Pertama, kalian harus seorang WNI. Kedua, berusia di antara 20-30 tahun saat bergabung. Ketiga, sehat jasmani dan rohani. Keempat, sanggup untuk ikut keseluruhan program hingga selesai. Kelima, kalian harus belum menikah.

2.    The Japan-East Asia Network of Exchange for Student and Youth (JENESYS)

Program pertukaran pelajar yang dibuat oleh pemerintah Jepang ini menerima sekitar 20-30 mahasiswa tiap tahunnya untuk mengikuti program umum yang bertempat di Tokyo. JENESYS bertujuan membangun solidaritas kukuh antara negara-negara se-Asia.

Syarat mengikuti program ini diantaranya: 1) Berusia diantara 18-30 tahun; 2) Masih menempuh studi S1 maupun S2 di jurusan yang sudah ditentukan JENESYS; 3) Sehat secara jasmani dan rohani; $) Mampu berbahasa Inggris dengan baik; 5) Mempunyai passport yang masih berlaku.

3.    Youth For Undestanding (YFU)

Program pertukaran pelajar dari Jepang ini dikhususkan bagi pelajar SMA. Melalui program ini, kalian akan belajar di sini selama satu tahun. Hal-hal yang dipelajari berfokus pada budaya tiap negara yang mengikutinya.

Syarat program ini adalah: 1) Berusia antara 15-17 tahun; 2) Memiliki kepribadian yang baik; 3) Mampu berbahasa Inggris dengan fasih; 4) Sehat jasmani dan rohani; 5) Memiliki nilai akademik di atas rata-rata

4.    YFU Summer Program

Program yang juga masih diinisiasi oleh Jepang ini mengkhususkan pesertanya berada di antara usia 15-18 tahun. Serupa dengan Youth For Understanding, hanya saja durasi pelaksanaan program ini relatif lebih singkat.

Syarat yang harus dipenuhi untuk program ini adalah: 1) Memenuhi syarat usia; 2) Sehat secara jasmani dan rohani; 3) Memiliki prestasi yang baik serta nilai di atas rata-rata; 4) Memiliki kepribadian yang baik; 5) Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris.

5.    Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (MEP)

Program ini dikhususkan bagi mahasiswa Muslim Indonesia yang ingin melakukan pembelajaran budaya. Untuk bisa mengikuti program ini, kalian harus berusia diantara 20-40 tahun dan aktif dalam organisasi Islam. Kalian juga harus memiliki nilai TOEFL minimal 450 dan IELTS 5,0.

Nah, demikian 5 program pertukaran pelajar yang bisa kalian ikuti tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun alias full-funded. Sudah gratis, dapat pengalaman pula. Jadi, tertarik ikut yang mana, nih?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like