Tips Atasi Stres Kuliah Online di Masa Pandemi

 

Pandemi Covid-19 menyebabkan model pembelajaran konvensional bertransformasi menjadi pembelajaran daring. Mau tidak mau, kuliah pun dilaksanakan secara online bagi setiap mahasiswa. Kondisi yang mendadak ini tentu menimbulkan munculnya banyak hambatan. Salah satunya, meningkatnya stress di kalangan mahasiswa.

Stress di kalangan mahasiswa seringkali disebabkan oleh kondisi rumah yang tidak mendukung untuk kuliah online, banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen, dan sulitnya koordinasi dalam perkuliahan. Lalu, bagaimana cara untuk mengendalikan diri agar tidak terkena stress? Berikut tips yang patut kalian coba untuk meminimalisir stress.

1. Hindari menjadi deadliner

Selama pembelajaran online, kita akan disibukkan dengan tugas yang banyak. Jadi, jangan menumpuk tugasmu berlarut-larut. Jika kalian sering menumpuk tugas, biasanya kalian akan menjadi deadliner ketika tenggatnya sudah mepet. Yang pasti menjadi deadliner tidak baik untuk pikiran dan kesehatan kalian!

2. Menyusun skala prioritas

Dengan tugas yang cukup banyak serta ditambah kewajiban lain di luar tugas perkuliahan, sebaiknya kalian menyusun daftar prioritas. Dengan menyusun skala prioritas, kegiatan dan tugas-tugasmu akan jadi lebih tertata dan rapi.

3. Jangan lupa refreshing

Sepadat-padatnya jadwal, jangan lupa refreshing ya! Tubuh dan pikiran kalian butuh istirahat lho. Kalian bisa pergi olahraga, piknik, berlibur ke suatu tempat, atau melakukan hobimu.

4. Berinteraksi dengan orang terdekat

Stress bisa juga diminimalisir dengan komunikasi dan interaksi dengan orang terdekat yang kita sayangi/percayai. Apalagi, menurut Jurnal Psychiatry tahun 2007 ditemukan bahwa orang dengan dukungan sosial rendah akan lebih reaktif terhadap stress.

5. Self-reward

Kalian pasti melalui beban yang berat selama kuliah online dan merasa sangat lelah. Sebagai bentuk apresiasi, jangan lupa memberi self-reward untuk dirimu ya! Self-reward ini bisa berupa hal-hal yang sederhana kok, misal nonton Netflix atau beli makanan enak yang kalian sukai. 

Nah, demikian 5 tips untuk mengatasi stress kuliah online selama pandemi. Jangan lupa, jauhkan dirimu dari pikiran-pikiran negatif dan kekhawatiran berlebih agar tidak memicu stress. Semangat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like