Jurusan Teknik Informatika (IT) memang menjadi salah satu jurusan favorit bagi calon-calon mahasiswa. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan di jurusan ini juga cukup tinggi, biasanya hanya kalah dari jurusan kedokteran lho!

Nah, kali ini kita akan membahas universitas-universitas terbaik dengan jurusan Teknik Informatikanya di Indonesia. Daftar berikut bisa jadi referensi kalian untuk memilih universitas mana yang akan jadi tempatmu berlabuh.

10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan yang sudah ada sejak 1982 ini tidak hanya menyediakan program sarjana lho, tetapi juga program magister teknik informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Teknik Informatika ITS memiliki akreditasi A oleh BAN-PT. ITS sendiri telah menyelenggarakan perkuliah di bidang komputer sejak tahun 1985 silam. Saat ini terdapat jenjang S1, S2, dan S3 di bidang ini.

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jurusan yang masuk ke dalam Fakultas MIPA ini berdiri sejak tahun 2007 silam. Saat ini jurusan Teknik Informatika UNS sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus yang berada di Sleman ini juga punya jurusan Teknik Informatika yang bagus, lho! Dibuktikan dengan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT untuk jurusan Teknik Informatikanya.

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Kampus yang juga menawarkan pembelajaran online bagi mahasiswanya ini juga sudah memiliki jurusan Teknik Informatika yang terakreditasi A oleh BAN-PT.

6. Universitas Telkom (Tel-U)

Sejak 1993, Universitas Telkom telah memiliki program S1 dan D3 jurusan Teknik Informatika. Program S1 jurusan ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

7. Universitas Negeri Padang (UNP)

UNP merupakan salah satu universitas di Pulau Sumatra yang memiliki jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A. Jurusan ini berhasil mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2017 lalu.

8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

UAJY merupakan perguruan tinggi swasta yang juga telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT untuk jurusan Teknik Informatika.

9. Universitas Udayana (UNUD)

Universitas yang berada di Pulau Dewata ini juga memiliki prodi Teknik Informatika terbaik, lho. Meskipun belum mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, namun kualitas program pendidikannya tidak kalah dengan universitas ternama lainnya.

10. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Terakhir, ada kampus di Makassar yang juga memiliki jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan ini juga menjadi primadona di kampus.

Demikian 10 kampus dengan program studi Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Hampir seluruh jurusannya sudah terakreditasi A lho. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang berniat menjadi mahasiswa Teknik Informatika, ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like