Siapa saja nih yang sudah bersuka cita karena diterima di Perguruan Tinggi impian? Wah, artinya sudah bukan siswa lagi, melainkan sudah jadi mahasiswa. Mimpi kalian untuk pakai almamater kebanggaan juga sudah satu langkah lebih dekat. Pasti sudah tidak sabar menjalani hidup dan lika-liku dunia perkuliahan ya? Tapi, tunggu dulu! Sebelum terjun ke sana, para maba baiknya baca nasehat ini dulu yuk!

Buku Agenda Merupakan Aset Berharga

Jika kuliah berarti waktu untuk bersantai-santai jadi lebih banyak, kalian salah besar! Justru di bangku perkuliahanlah ada banyak tugas menggunung yang tentunya related sama jurusanmu. Nah, tentu tugas-tugas ini akan menyita banyak waktu, kan? Makanya, nasehat pertama untuk para maba adalah: belilah buku agenda. Kenapa? Karena dosen-dosen tidak akan semuanya seperti guru-guru di bangku sekolah yang akan selalu mengingatkan timeline belajar kalian. Biasanya, dosen akan menyampaikan timeline belajar di pertemuan awal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencatat jadwal agenda-agenda penting di buku agendamu. Bukan cuma membantu untuk merapikan jadwal perkuliahan, buku agenda juga bisa kalian gunakan untuk merapikan agenda harian kalian.

Bersosialisasi

Nasehat kedua: bersosialisasi. Ada baiknya kalian mulai mempertimbangkan untuk ikut tergabung dalam suatu komunitas, organisasi mahasiswa, perkumpulan mahasiswa, dsb. Dengan bergabung dengan organisasi-organisasi tersebut, kalian bisa lebih mengembangkan skill, mengembangkan kreativitas dan mendapatkan pengetahuan baru. Selain itu, dengan bergabung dan bersosialisasi di sebuah organisasi, kalian pasti akan mendapatkan tambahan kenalan dan memperluas jaringan relasi. Khusus untuk kalian yang anak rantau, bisa jadi sarana untuk ‘sambat’ dan melepaskan penat atau rindu pada kampung halaman, lho! Jadi, jangan lupa bersosialisasi, ya!

Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

kuliah umumnya menjadi gerbang bagi seseorang untuk belajar “benar-benar mandiri.” Selain dihadapi seorang diri, kuliah juga berbeda dengan masa sekolah 12 tahun yang sudah dijalani. Jadi, akan menjadi hal wajar ketika kalian merasa ragu, bingung dalam mengambil keputusan, atau merasa belum terbiasa dengan kehidupan sebagai mahasiswa. Karena hal itulah, ada kalanya kalian mengambil keputusan yang kurang tepat dan merasa gagal. But, it’s okay, buddy! Kegagalan bukan akhir dunia, kok. Hal yang harus kalian ingat adalah: jadikan kegagalan sebagai pelajaran dan jangan mengulanginya lagi. Tetap semangat, maba!

Luangkan Waktu Untuk Me-Time

Tidak dapat dipungkiri bahwa tugas kuliah, aktif di organisasi cukup menyita banyak waktu. Meskipun demikian, jangan lupakan dirimu sendiri, ya! Ada kalanya kalian memang harus istirahat dan memanjakan diri sendiri dengan me-time. Me-time bisa membantu mengelola stress serta membuat pikiranmu lebih santai dan rileks. Dengan pikiran yang fresh, kalian akan jadi lebih siap untuk menghadapi hari esok. Jangan lupa meluangkan waktu, ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like