Salah satu penghambat calon mahasiswa untuk mencapai mimpinya di perguruan tinggi adalah biaya. Anggapan mengenai kuliah mahal memang tidak sepenuhnya salah, banyak orang yang harus mengubur mimmpinya untuk berkuliah karena ketidaksanggupan mereka untuk memnuhi kebutuhan kuliah.
Meskipun demikian, jangan berkecil hati. Hari ini ada banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk menggapai mimpi kalian. Beasiswa menjadi salah satu alternatif untuk membantu proses pendidikan mahasiswa dengan beban pembiayaannya.
Kali ini kita akan membahas mengenai beasiswa BUMN yang bisa kalian coba. Simak daftarnya berikut ini.
1. Beasiswa Bank Mandiri


Program ini dikhususkan untuk mahasiswa aktif yang minimal berada pada semester 2 yang kurang mampu secara finansial. Untuk melamar/mendaftar beasiswa ini, kalian harus melengkapi berkas yang menjadi syarat beasiswa.
Apa keuntungan yang akan kalian dapatkan? Kalian akan mendapat tunjangan setiap semester yang akan membantu perkuliahan kalian selama satu tahun akademik.
Info lebih lanjut bisa kalian lihat di csr.bankmandiri.co.id
2. Beasiswa BRI


Selain Bank Mandiri, ada pula beasiswa BRI yang patut kalian coba. BRI memiliki program beasiswa yang bernama Beasiswa Nusantara Cerdas (BCN). Beasiswa ini diperuntukkan untuk kalian yang sedang menempuh pendidikan di Universitas terkemuka di Pulau Jawa; UGM, ITB, dll.
Apa yang akan kalian dapatkan melalui beasiswa ini? Kalian akan mendapatkan bantuan finansial untuk menunjang biaya selama 4 tahun, biaya hidup, biaya pengembangan diri, serta kelengkapan perkuliahan untuk mahasiswa
3. Beasiswa Pertamina


Program Beasiswa Pertamina ini diperuntukan untuk mahasiswa on-going yang sudah berada di semester 5 di perguruan tinggi yang menjadi mitra Beasiswa Pertamina.
Terdapat dua jenis Beasiswa Pertamina
a. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kalian yang berada di Indonesia bagian Barat dan Tengah.
b. Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kalian yang kuliah di Indonesia bagian Timur.
Apa saja fasilitas yang akan kalian dapatkan jika jadi penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi?
Bantuan UKT maks Rp. 5.000.000,-/semester
Bantuan biaya hidup Rp. 500.000,-/bulan
Pastikan kampus kalian terdaftar sebagai kampus mitra, ya!
Info lebih lanjut kunjungi: beasiswa.pertaminafoundation.org
4. Beasiswa APERTI BUMN
Bagi kalian lulusan SMA/MK yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, beasiswa APERTI BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Badan Usaha Milik Negara) wajib kalian coba.
Penerima beasiswa ini akan menerima beasiswa penuh selama 4 tahun di universitas-universitas APERTI BUMN.
5. Beasiswa Bank Indonesia


Beasiswa ini diperuntukkan unruk mahasiswa kurang mampu secara finansial, sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang bermitra dengan Bank Indonesia, serta memiliki IPK minimal 3. Jumlah beasiswanya kisaran pada Rp. 750.000,- hingga Rp. 1.000.000,-
Demikian 5 Beasiswa BUMN yang bisa kalian coba. Jangan menyerah dan keep update informasi beasiswa ini, ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like