Mendapatkan beasiswa kuliah adalah kesempatan yang sangat berharga bagi banyak orang. Terlebih bagi mereka yang tidak mampu membayar biaya perkuliahan. Berangkat dari masalah inilah, pemerintah melalui Kemendikbud meluncurkan beasiswa KIP-Kuliah untuk mewujudkan mimpi-mimpi anak bangsa. KIP-Kuliah ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi tapi terkendala biaya karena kurang mampu. Yang pasti, urusan biaya perkuliahan kalian akan sangat terjamin dengan adanya beasiswa ini.

Bagi kalian yang berhasil mendapatkan beasiswa ini, terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan lho selain bantuan dalam biaya perkuliahan. Apa saja manfaatnya? Cek ulasan berikut ini.

1. Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk PTN

Jika kalian mendaftar kuliah lewat jalur SBMPTN, maka kalian harus membayar sejumlah uang untuk ikut UTBK. Jangan khawatir! Jika sudah mendapatkan kesempatan KIP-Kuliah, pendaftaran kalian akan menjadi gratis!

Jadi, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya ya!

2. Bebas biaya kuliah

Inti dari KIP-Kuliah adalah membantu pembiayaan kuliah selama masa studi bagi penerimanya. Tapi ingat, ada batas waktu juga meskipun tak berbayar. Jadi, jangan dianggap sepele ya!

3. Bantuan hidup

Selain bebas biaya kuliah, kalian juga akan mendapatkan bantuan biaya untuk hidup. Jumlah bantuan ini akan otomatis disesuaikan dengan wilayah kampus kalian.

Berdasarkan hasil penetapan Puslapdik, biaya hidup akan dihiting dari besaran indeks harga local dari PTN masing-masing.

4. Semangat belajar lebih

Saat kalian mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah, kalian juga dituntut untuk mendapatkan IPK minimal yang sudah ditetapkan. Selain itu, terdapat juga batas waktu studi yang sudah ditentukan. Kalian tidak boleh molor lewat batas waktu tersebut. Oleh karena itu, pasti semangat belajar kalian akan lebih terpacu karena memiliki target minimal yang jelas.

5. Mendapat pelatihan khusus

Beasiswa KIP-Kuliah biasanya memiliki komunitas yang berisi penerima beasiswa di tiap universitas. Melalui komunitas ini, kalian akan mendapat banyak hal seperti relasi, kegiatan bermanfaat dan bahkan pelatihan khusus untuk pengembangan skill.

Kesempatan KIP-Kuliah merupakan kesempatan yang sangat berharga, jadi jangan disia-siakan ya! Masih banyak orang-orang yang tidak seberuntung kita di luar sana. Semangat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like