Halo, calon mahasiswa! Untuk kalian yang sekarang duduk di kelas 12 SMA/K atau MA/K, pasti sedang galau mempersiapkan jurusan-jurusan apa saja yang kelak akan kalian ambil sesuai minat dan bakat kalian. Memilih jurusan ini penting lho, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi masa depan kalian juga. Meskipun sulit, kalian jangan panik. Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui agar dapat memilih jurusan yang tepat, berikut tips yang wajib kalian tahu!

1. Ketahui Minat dan Bakat

Minat dan bakat ini salah satu aspek terpenting dalam memilih jurusan. Kalian harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki agar kelak tidak menyesal. Jangan sampai kalian merasa salah jurusan di tengah-tengah masa studi. Jika kalian kesulitan dalam menentukan pilihan, kalian bisa pergi berkonsultasi dengan masing-masing Guru BK di sekolah kalian. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan internet untuk browsing mengenai jurusan-jurusan kuliah yang sesuai dengan diri kalian.

2. Lakukan Riset Jurusan-Jurusan Kuliah Terpilih

Setelah tahu minat dan bakatmu, kalian harus melakukan riset jurusan-jurusan pilihanmu. Cari tahu sebanyak-banyaknya soal jurusan kuliah yang sudah dipilih, mulai dari bidang ilmunya, prospek alumni, dll.

Selain itu, kalian bisa melakukan perbandingan atas jurusan-jurusan yang sudah kalian pilih. Langkah ini akan sangat membantu kalian dalam menentukan jurusan mana saja yang kelak akan dipilih. Apalagi jika kalian punya banyak rekomendasi/daftar jurusan, entah itu dari pilihan ortu atau rekomendasi guru BK.

3. Konsultasi dengan yang Berpengalaman

Kalian bisa berkonsultasi dengan orang-orang terpercaya kalian, seperti orang tua, teman, atau orang lain yang sudah berpengalaman. Tentunya, konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui sisi positif maupun negatif dari jurusan pilihanmu.

Selain itu, kalian juga bisa berkonsultasi pada ahli, seperti psikolog pendidikan. Akan jadi lebih maksimal jika kalian bisa mengkombinasikan dua cara tersebut untuk memilih jurusan. Jangan lupa jadikan hasil riset kalian sebagai bahan diskusi.

4. Hindari Ikut-Ikutan Teman

Jangan pernah memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman. Kuliah nggak sebercanda itu, guys! Tentukan sendiri jurusan yang kalian rasa paling tepat dengan minat dan bakatmu, meskipun itu harus memisahkan kalian dengan teman-teman kalian. 

5. Berfikir Realistis

Meskipun mimpi harus dikejar dan semangat selalu berkobar untuk mendapatkan universitas impian, kalian harus tetap berfikir realistis. Seluruh sisi harus dipertimbangkan dengan baik, mulai dari sisi akademik hingga finansial.

Jangan lupa, kalian juga harus bertanggungjawab dan menerima konsekuensi atas pilihanmu. Sebaik apapun pilihan yang kalian ambil, pasti akan ada kekurangan atau hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasimu. Maka, ketahui konsekuensi pilihanmu karena itu sangat penting. Jangan hanya melihat sisi positif/untungnya saja, ya!

Demikian 5 tips untuk memilih jurusan yang tepat bagi kalian para calon mahasiswa. Pertimbangan pilihan kalian matang-matang ya sebelum memutuskan. Ingat, kuliah bukan ajang gengsi, tapi proses yang akan mempengaruhi masa depan kalian. Nah, kira-kira universitas dan jurusan mana yang sudah jadi incaran kalian?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like