Semua orang pasti mau memiliki gaji yang tinggi jika kelak bekerja. Kalian mau tahu jurusan apa saja yang punya daftar gaji tinggi? Eits, tapi gaji tinggi jangan dijadikan satu-satunya alasan dalam memilih jurusan kuliah ya, jurusan kuliah juga harus sesuai dengan skill dan minat kalian lho!

Meskipun demikian, ada pula orang-orang yang punya skill mumpuni, minat serta bakat yang sesuai dnegan jurusan mereka. Sehingga ketika mereka lulus, mereka bisa dapat gaji yang cukup besar. Nah, simak daftar jurusan yang lulusannya memiliki gaji yang cukup tinggi.

1. Kedokteran

Ya, siapa yang tidak tahu dengan bidang studi kedokteran? Meskipun kita semua paham bahwa biaya untuk kuliah kedokteran terbilang mahal, lulusan jurusan ini memiliki hasil / gaji yang bisa dikatakan sebanding dengan biaya kuliahnya yang tinggi. Apalagi, kedokteran merupakan jurusan yang memiliki banyak peminat. Tentunya, gaji tinggi hanya berlaku untuk lulusan yang dianggap mampu menguasai ilmu kedokteran.

Jurusan kedokteran mempelajari banyak hal terkait medis, seperti cara memelihara kesehatang hingga pengobatan untuk berbagai penyakit. Bagi kalian mahasiswa kedokteran, kalian bisa mengambil bidang minat tertentu. Contohnya: dokter umum, dokter gigi, dokter hewan, dsb.

2. Ilmu Hukum

Jurusan yang mempelajari segala sesuatu tentang hukum ini juga memiliki gaji tinggi, lho. Orang-orang dengan pemahaman hukum, baik teori maupun praktek, memang selalu dibutuhkan. Karir lulusan ilmu hukum tampak cerah, deh! Hukum akan mengatur dan memberi batasan tentang bagaimana manusia berlaku agar tidak merugikan orang lain.

Jika kalian punya dedikasi dan ketertarikan yang tinggi terhadap hukum di Indonesia, maka jurusan ini cocok untuk kamu. Ilmu hukum mempelajari beberapa hal seperti ilmu negara, Hukum adat, Pancasila, dsb.

3. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Selanjutnya, terdapat jurusan teknik perminyakan dan pertambangan yang juga punya gaji menjanjikan. Karena cukup jarang di Indonesia, jurusan ini dianggap memiliki karir masa depan yang cerah.

Kedua jurusan ini mempelajari soal ilmu eksplorasi dan eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA). Bagi kalian yang suka dengan matematika, kimia dan fisika, jurusan ini cocok untuk kalian pertimbangkan.

4. Teknik Kimia

Jika kalian adalah lulusan kelas IPA dan ingin kuliah dengan prospek gaji yang menjanjikan, jurusan teknik kimia mungkin bisa jadi salah satu pilihan. Jurusan yang membelajari cara mengubah bahan mentah menjadi sebuah produk dengan memanfaatkan reaksi kimia ini sangat dibutuhkan di banyak bidang industri. Contohnya di industri semen, pupuk, polimer, dsb. Selain itu, lulusan teknik kimia juga bisa menjadi peneliti atau pun tenaga pendidik.

5. Manajemen

Bidang studi manajemen sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan swasta maupun negeri untuk menangani hal-hal terkait operasional. Tentunya, jurusan yang mempelajari mengenai cara pengelolaan organisasi/perusahaan ini pun punya jumlah gaji yang menjanjikan. Beberapa hal yang dipelajari di bidang ini adalah pengelolaan, perencanaan, pengaturan perusahaan untuk tujuan.

6. Teknik Komputer

Memiliki banyak peminat, jurusan yang mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu computer untuk mengembangkan suatu sistem ini juga memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Salah satu profesi yang kita kenal dari lulusan jurusan ini adalah programmer.

Programmer banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan/organisasi di masa ini. Apalagi dengan berkembanganya ilmu teknologi yang massif, peluang jurusan ini semakin terbuka lebar.

7. Akuntansi

Kalian tertarik dengan hitung menghitung? Akuntansi bisa jadi salah satu rekomendasi jurusan kuliah kalian. Dengan peluang kerja yang luas, akuntasi juga memiliki gaji yang cukup tinggi lho. Apalagi, cabang ilmu akuntasi yang bisa kalian pilih cukup banyak. Contohnya akuntansi bisnis, sektor publik, pajak, dsb.

Demikian 7 jurusan yang memiliki jumlah gaji tinggi. Tapi ingat, jangan jadikan nominal gaji sebagai satu-satunya alasan kalian memilih jurusan tersebut ketika kuliah. Sesuaikan dengan skill, minat dan bakat kalian ya! Jadi, apa salah satu jurusannya sesuai dengan kamu? 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like