Ingin Studi ke Luar Negeri? Siapkan 7 Hal ini!

 Melanjutkan studi ke luar negeri menjadi mimpi banyak orang. Dengan melanjutkan studi ke luar negeri, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan dampak positif, ditambah pengalaman yang sangat berharga. Makanya, peminat siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri sangat tinggi. Hal ini pula yang menyebabkan peluang untuk lolos semakin kecil dan proses seleksi menjadi sangat ketat.

Nah, kira-kira apa saja yang harus dipersiapakan jika ingin studi ke luar negeri? Simak ulasan berikut ini.

1. Memilih Jurusan dan Kampus Tujuan

Sebelum memutuskan untuk studi ke luar negeri, kalian wajib menentukan kemana kampus dan jurusan yang akan kalian tuju. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas terhadap rencan studi, kalian bisa mempersiapkan hal-hal yang menjadi persyaratan pendaftaran, salah satunya dokumen-dokumen pendukung pendaftaran.

Selain itu jika rencana studi kalian sudah jelas, kalian bisa mulai mencicil materi yang mungkin akan diujikan dalam tes pendaftaran. Dengan begitu, persiapan kalian menjadi lebih matang.

2. Menyiapkan Dokumen dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Menyiapkan dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan ini hukumnya wajib ya! Jangan sampai ketinggalan, tercecer, atau bahkan lupa, karena hal ini akan menyulitkan proses pendaftaran kalian untuk masuk kampus impian.

Beberapa dokumen yang biasanya disiapkan antara lain adalah sertifikat TOEFL/IELTS, Letter of Acceptance (LOA), Curriculum Vitae (CV), akta lahir, dan surat rekomendasi.

3. Membuat Motivation Letter

Motivation letter merupakan salah satu syarat terpenting untuk studi di luar negeri, apalagi jika kalian mendaftar beasiswa. Di sini, kalian bisa menjelaskan ketertarikanmu dengan tuntas pada jurusan yang kalian pillih. Selain itu, kalian juga bisa menuliskan skill yang kalian miliki serta pengalaman-pengalaman. Jadi, jangan lupa siapkan motivation letter ya!

4. Merencanakan Keuangan Studi dengan Matang

Jika kalian ingin melakukan studi ke luar negeri, pastikan kalian punya perencanaan uang yang matang. Sebab, biaya merupakan hal yang sangat krusial. Pastikan kalian menyiapkan kebutuhan biaya dengan se-detail mungkin.

Meskipun jika kalian mendapatkan beasiswa, kalian tetap harus mempersiapkan alokasi dana lho! Jangan lupa, kalian juga harus memikirkan uang cadangan selama beasiswa kalian belum bisa dicairkan. Jadi, pastikan persiapan keuangan kalian matang ya!

5. Fokus Belajar dan Mempersiapkan Diri

Selain dokumen-dokumen, syarat lain yang tak kalah penting adalah persiapan belajar. Kalian biasanya harus menyertakan sertifikat TOEFL/IELTS yang hanya bisa didapatkan melalui tes. Tak hanya itu, kalian juga harus mempersiapkan diri untuk bertahan di luar negeri. Apalagi, kultur belajar di sana pasti berbeda dengan di negeri sendiri.

6. Menyiapkan Asuransi

Asuransi sangat penting ketika kalian berada di luar negeri. Jauh dari keluarga dan sanak saudara, kalian harus memastikan kesehatan selama di luar negeri terjamin. Terlebih biaya pengobatan pasti tidaklah sedikit. Tapi tenang, biasanya kampus akan menyarankan asuransi kesehatan yang bisa kalian gunakan.

7. Membangun Relasi

Berada di negeri asing membuat relasi menjadi salah satu hal yang cukup penting. Selain mendapatkan banyak teman dan kenalan, kalian bisa mendapatkan berbagai informasi lewat relasi dengan sesama mahasiswa atau komunitas di negara tempatmu belajar.

Demikian tujuh tips yang bisa kalian terapkan sebelum melakukan studi ke luar negeri. Semoga impian kalian tercapai ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like