Kemajuan teknologi yang pesat melahirkan banyak peluang pekerjaan, salah satunya di bidang komunikasi. Nah, jadi tidak perlu takut atau bimbang untuk mengambil jurusan ilmu komunikasi ketika kuliah karena saat ini ada banyak peluang pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusannya. Apa saja prospek kerjanya? Cek daftarnya berikut!

  1. Social Media Officer (SMO)
    Perkembangan sosial media yang pesat akhirnya membuat bentuk komunikasi perusahaan dengan audiensnya berubah. Hal ini pula yang akhirnya melahirkan profesi SMO.
    Sosial media menjadikan komunikasi bisa dihadirkan dengan real time dengan pengguna internet lewat berbagai macam media, baik secara tekstual, visual, audio dan audiovisual.
    Tanggung jawab besar seorang SMO diantaranya adalah: 1) Menjaga kedekatan perusahaan dan audiens secara emosional; 2) melakukan pengelolaan dan peningkatan interaksi brand di medsos.
    Nah, keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk jadi seorang SMO? Pertama, punya keterampilan dalam bidang desain dan teknologi; kedua, kemampuan yang baik dalam komunikasi; ketiga, kreatif.
  2. Copy Writer
    Profesi ini membutukan kemampuan kreatif penulis untuk menciptakan branding atau memasarkan produk & layanan kepada klien.
    Copy writing diharapkan mampu mempresentasikan atau menampilkan nilai dari sebuah brand sehingga dapat ditangkap oleh audiensnya.
    Skill apa yang penting dalam profesi content writer?
    – Kemampuan riset
    – Kreatif
    – Berfikir kritis
    – Kepekaan pada lingkungan sekitar
    – Punya empati yang tinggi
  3. Content Writer
    Jika kalian berfikir profesi ini erat dengan dunia menuls, maka tebakan kalian benar! Pernah melihat konten-konten menarik di medsos, web, blog, dan portal online lainnya? Nah, itulah hasil kerja profesional seorang content writer.
    Makanya, seorang content writer wajib punya kemampuan untuk menyelaraskan antara background dan apa yang menjadi tujuan dari perusahaan dengan tulisanya. Tak hanya itu, mereka juga harus mampu menjawab berbagai kebutuhan target serta audiensnya.
    Pekerjaan ini cukup dicari banyak lulusan ilkom, terlebih dalam era digital yang massif ini. Selain skill menulis, content writer juga harus cakap dalam melakukan riset dan paham mengenai Search Engine Optimatization (SEO).
  4. Jurnalis data
    Selain dua profesi diatas, jurnalis data bisa jadi peluang pekerjaan untuk lulusan ilkom. Disebut juga dengan Data Driven Journalism (DDJ), profesi ini melakukan analisis serta menyaring data melalui bantuan komputer untuk menghasilkan berita.
    Bedanya dengan jurnalisme yang biasanya kita tahu apa? Jurnalisme data memanfaatkan ketersediaan serta keterbukaan data yang bisa diakses publik lebih luas melalui internet.
    Lalu tugasnya apa saja?
    Beberapa perusahaan jurnalisme data dipecah menjadi tiga pekerjaan, yakni akuisi: mengumpulkan data melalui berbagai macam sumber dengan komputer; analisis: melakukan kalkulasi data dengan tujuan menemukan pola, cerita, dan petunjuk dari suatu peristiwa; presentasi: menyajikan data informatif dengan menarik, contohnya: infografis, video berita, dan animasi.
  5. UI/UX Designer
    Profesi ini adalah salah satu profesi yang ‘naik daun’. Pasalnya, banyak lowongan kerja ataupun magang dibuka pada posisi ini.
    Sebenarnya, tidak hanya untuk lulusan ilkom saja yang punya peluang di profesi ini, bisa juga dari IT maupun DKV.
    Tapi, UI/UX ini apa sih? Pertama, UI designer memiliki fokus pada desain dan merancang tampilan visual sebuah web atau aplikasi. Seperti warna, letak, font, dll.
    Selanjutnya, UX lebih fokus di penciptaan pengalaman bagi pengguna sebuah brand.
    Nah, melalui kolaborasi keduanya, pengguna akan merasakan pengalaman positif melalui tampilan aplikasi/web yang diciptakan (interface).
    Beberapa hal yang harus dikuasasi UI/UX:
    – Riset
    – Paham konsep dan komunikasi visual
    – Mampu melakukan problem solving
    – Mampu melakukan analisis
    – Empati
    – Paham mengenai wireframing serta prototyping dan tools yang digunakan, seperti Adobe XD, Marvel, dll.

Demikian beberapa peluang pekerjaan baru bagi alumni ilkom, kalian mau coba profesi apa?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like