Dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas XI, terdapat materi tentang proposal. Kini, kita akan sedikit membahas tentang jenis-jenis proposal.

Jenis-jenis sama saja dengan macam-macam. Ketika muncul pembahasan tentang jenis-jenis proposal, maka kita mesti memahami bahwa artinya proposal itu ada beraneka-ragam. Berbeda-beda tergantung tujuan proposal itu dibuat.

Sebagai kisi-kisi, berdasarkan tujuan dibuatnya, proposal itu ada empat jenis.

  1.              Proposal kegiatan
  2.              Proposal penelitian
  3.         Proposal bisnis (usaha)
  4.              Proposal proyek



Nah, sekarang kita coba bahas satu persatu jenis proposal yang sudah disampaikan diatas secara lebih mendalam.

Pertama, proposal kegiatan

Proposal kegiatan adalah proposal yang dibuat untuk kepentingan pelaksanaan kegiatan tertentu. Seperti kegiatan seminar, kegiatan bazaar, kegiatan tabligh akbar, atau kegiatan festival, dan berbagai kegiatan lain yang umumnya membutuhkan biaya dan melibatkan banyak orang. Baik dalam kepanitiaannya, maupun dalam kepesertaannya.

Proposal kegiatan sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan. Ia memiliki berbagai fungsi yang mendukung terselenggarannya kegiatan dengan sukses. Baik pra-kegiatan, pas kegiatan, dan pasca kegiatan. Agar lebih jelas, 

Kedua, proposal penelitian

Proposal penelitian adalah proposal yang dibuat untuk kepentingan penelitian. Sederhananya, penelitian adalah kegiatan penyelidikan secara seksama berdasarkan metode ilmiah tertentu untuk menemukan suatu simpulan baru atau membuktikan kebenaran dari simpulan lama mengenai objek yang diteliti.

Mungkin kalian asing dengan dunia penelitian, namun banyak hal yang ada disekitar kalian, sejatinya adalah hasil dari sebuah penelitian. Teknologi-teknologi baru yang kalian pakai disekitar kalian sesungguhnya tak bisa dilepaskan dari peran penelitian.

Adanya sarana internet yang dari hari ke hari semakin canggih dan variatif, adanya teknologi 3G, 4G,bahkan katanya sekarang sudah ada 5G, juga berkembangnya ponsel dari ponsel besar yang konon bisa dipakai mengganjal mobil di jalanan menurun agar tidak ngagorolong hingga sekarang ada aneka ponsel baru, yang semakin canggih, itu semua adalah hasil dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Penelitian sendiri memang ada bermacam-macam jenisnya. Kalian yang mengikuti kegiatan Karya Ilmiah Remaja di sekolah mungkin sudah akrab dengan dunia penelitian. Meski baru sederhana dan levelnya hanya membuktikan sesuatu yang sudah ada, itu juga tetap disebut penelitian selama mengikuti metode dan sistematika yang distandarkan dalam penelitian.

Penelitian ini, meski mungkin hanya dilakukan oleh seorang atau beberapa orang saja, namun seringkali membutuhkan dukungan banyak orang. Utamanya mereka yang memiliki kepakaran dibidang yang kalian teliti, fasilitas, dana, dan kewenangan yang berhubungan dengan aktivitas penelitian yang akan dilakukan.

Maka dari itu, diperlukan penyusunan proposal. Proposal penelitian salah satunya berfungsi untuk member gambaran penelitian pada berbagai pihak agar mereka mendukung kerja-kerja penelitian sesuatu dengan kapasitas yang mereka miliki.

Jika kalian kelak bisa kuliah, pasti kalian akan diminta melakukan penelitian. Untuk jenjang S1, kalian minimalnya akan berhadap dengan penelitian yang disebut dengan skripsi.

Ketiga, proposal bisnis.

Proposal bisnis atau proposal usaha, adalah proposal yang dibuat untuk kepentingan kerjasama bisnis. Ketika disebut kerjasama, maka tentu melibatkan minimal dua pihak.

Proposal bisnis bisa kalian buat misalnya, ketika kalian punya suatu ide bisnis, namun kalian membutuhkan modal yang tidak memadai untuk menjalankannya. Disaat itulah kalian bisa menyusun proposal bisnis yang nanti bisa digunakan untuk kalian jelaskan kepada orang-orang yang kalian pikir mungkin untuk membantu permodalannya.

Dalam proposal bisnis, kalian bisa gambarkan mekanisme bisnis yang akan kalian jalankan, potensi keuntungan, hingga timbal-balik yang akan didapatkan pemodal ketika terlibat membantu bisnis kalian. Biasanya, para pemodal (investor) yang menerima proposal bisnis akan senang dengan bisnis yang membutuhkan pengeluaran kecil namun pendapatan besar. Minim resiko.

Proposal bisnis juga banyak disebarkan oleh para pebisnis yang memakai sistem franchise, yang membuka kesempatan membuka cabang bagi masyarakat luas. Mereka menyertakan syarat, ketentuan, hingga potensi keuntungan yang akan didapat oleh orang yang hendak membuka cabang.

Keempat, proposal proyek

Proposal proyek adalah proposal yang dibuat untuk kepentingan proyek-proyek pembangunan bangunan atau infrastruktur tertentu. Seringkali, digunakan dalam proyek pembangunan fasilitas-fasilitas umum yang kepemilikan dan pembiayaannya berasal dari pemerintah.

Sebelum pembangunan dilakukan, biasanya pemerintah memberikan kesempatan kepada berbagai perusahaan untuk membuat dan mengajukan proposal proyeknya masing-masing. Perusahaan dengan proposal yang paling baik (tentu baik sesuai standar pemerintah), maka akan diajak bekerjasama dalam proses pembangunan.

Pemerintah akan menyerahkan segala urusan pembangunan kepada perusahaan tersebut dengan memberikan sejumlah dana yang nantinya digunakan oleh perusahaan pemenang proyek dalam proses pembangunannya.

Proyek-proyek dari pemerintah umumnya bernilai besar. Mulai dari ratusan juta hingga triliunan rupiah. Keuntungan bagi perusahaan yang berhasil menang dan ditunjuk mengerjakan proyek pemerintah juga tentunya sangat besar. Maka tentunya, setiap perusahaan akan berlomba-lomba untuk membuat dan mengajukan proposal proyeknya sebaik mungkin agar pemerintah menunjuknya dan mengangkatnya sebagai mitra.

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis proposal.

Sebagai pelajaran, tak semua jenis proposal perlu kalian kuasai. Umunya, sebagai pelajar, kalian hanya memanfaatkan proposal kegiatan dan proposal penelitian. Namun bukan berarti proposal jenis lain tak penting untuk kalian kuasai. Itu juga bisa jadi penting, siapa tau kelak kalian akan jadi pebisnis atau memiliki perusahaan yang menjalankan proyek-proyek pembangunan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like