Saat menjadi mahasiswa di dunia perkuliahan, kalian pasti sering mendengar istilah berfikir kritis, kan? Berpikir kritis sudah jadi salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Bahkan, skill ini sangat penting di berbagai bidang kehidupan. Jadi, penting untuk kalian meningkatkn kemampuan untuk berfikir kritis.

Berpikir kritis atau critical thinking adalah kemampuan berfikir secara kritis dengan mempertanyakan aspek-aspek penting dalam sebuah permasalahan. Kalian akan dituntut untuk menganalisa sesuatu dengan objektif dan mendalam sehingga hasil yang didapatkan tidak bias berdasarkan fakta yang ada.

Jadi, apa saja manfaat berfikir kritis? Simak uraian di bawah ini, ya!

1. Tahu Kemampuan Diri

Ketika kalian melalukan analisis secara kritis, kalian akan menemukan informasi baru yang mungkin sebelumnya belum kalian ketahui. Hal ini bisa membantu kalian untuk lebih mengenal kemampuan diri. Misal: kalian bisa memetakan apa yang tidak kalian ketahui, lalu mencari solusi untuk memperbaikinya.

2. Lebih Open-Minded

Kalian harus tetap objektif dalam memandang sesuatu ketika kalian mendapat informasi baru mengenai suatu persoalan dan tidak bias dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Jika kalian sudah tahu kemampuan diri dan objektif melihat sesuatu, maka kalian akan lebih mudah menerima informasi baru yang masuk. Dengan ini kalian menjadi lebih open-minded dan terbuka terhadap argumen-argumen yang disampaikan orang lain.

3. Mudah Menyelesaikan Masalah

Melalui berfikir kritis, kita akan lebih memikirkan sesuatu secara detail dan mendalam. Sehingga, dalam suatu permasalahan, kita bisa menemukan kesalahan yang mungkin terlewat oleh orang lain. Tentu saja, pengetahuan yang lebih rinci akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah. Secara tidak langsung berfikir kritis juga bisa meningkatkan kemampuan problem-solving kita.

4. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Berfikir kritis membantu kalian untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Kalian akan lebih mampu untuk mengkomunikasikan ide dengan informatif dan sistematis. Berpikir kritis juga bisa membuat kalian untuk terpacu mempelajari informasi baru dan benar-benar memahami maksud dan tujuan kalian sehingga ide-ide bisa dijelaskan dengan lebih mudah pada orang lain. Selain itu, kalian akan menjadi lebih siap untuk memberikan jawaban dengan baik terkait topik yang dipresentasikan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like