Ada sebagian orang berpikir, peraturan itu sesuatu yang tidak diperlukan. Keberadaannya membuat orang merasa terkekang dan malah menambah sulit kehidupan. Hingga ada ungkapan ‘aturan ada untuk dilanggar’. Padahal, kenyataannya, keberadaan aturan itu sangatlah penting dan diperlukan.Mengapa manusia perlu aturan?
Ada beberapa alasan yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan ini. Apa saja? Berikut jawabannya.

1. Manusia memiliki keinginan yang berbeda-beda

Setiap manusia pasti memiliki keinginan. Ada hasrat yang ingin diwujudkan dan cita-cita yang hendak diraih. Namun, antar setiap kepala tentu berbeda keinginannya.
Sebagai contoh, kalian yang saat ini sekolah, ada yang ingin agar Ketua Muridnya si Bono, ada juga si Budi, ada juga si Siti. Nah, ketika perbedaan semacam ini muncul, ini berpotensi memicu hadirnya bentrokan.
Agar tidak terjadi perselisihan caranya bagaimana? Jawabnya adalah membuat peraturan tentang bagaimana caranya menentukan yang layak jadi Ketua Murid. Lalu disusunlah aturan pemilihan yang disepakati. Hingga tidak ada yang memaksakan keinginan.

2. Tanpa aturan akan banyak perselisihan

Hidup tanpa aturan dan menuhankan kebebasan juga bisa membuat terjadi banyak perselisihan di tengah manusia. Akan banyak tindakan main hakim sendiri, sembarangan dalam memutuskan, dan berbagai tindak kriminalitas yang melibatkan beberapa pihak.
Tentu saja, ini akan menimbulkan kekacauan tersendiri di masyarakat. Keadaan menjadi tidak aman dan sulit dikendalikan. Kedamaian yang diidamkan dalam kehidupan juga akhirnya tidak bisa terwujud. Maka, dibutuhkan suatu kesepakatan peraturan agar perselisihan ini dapat dikendalikan.

3. Tanpa aturan manusia kebingungan

Sejak  manusia terlahir ke dunia, sesungguhnya manusia itu dihadapkan pada berbagai macam masalah. Manusia lapar, haus, cinta, benci, takut, dan lainnya adalah masalah dasar manusia yang harus dipecahkan.
Ketika lapar muncul, apa yang harus manusia lakukan? Manusia pasti kebingungan jika tak ada yang memberi tahu aturan tentang memuaskan rasa laparnya. Tentang bagaimana cara mendapatkan makanan, bagaimana cara makannya, bagaimana membuang sisanya, dan sebagainya. Manusia butuh panduan agar tidak bingung.
Makanya, agama seperti Islam misalnya, mengatur dengan rinci hal-hal semacam itu semata agar manusia memiliki petunjuk dan tidak bingung. Sehingga jelas baginya apa yang mesti dilakukannya.

4. Umumnya manusia senang dengan keteraturan

Coba jawab pertanyaan ini. Kamu lebih senang kamarmu berantakan atau rapi? Kamu lebih senang alat-alat didapur berserakan dimana-mana atau memiliki tempat tersendiri? Trotoar yang ada tempat sampahnya atau trotoar yang membiarkan sampah berserakan dimana-mana?
Ya, manusia emang cenderung senang dengan sesuatu yang nampak teratur. Baik dalam hal kecil maupun hal besar. Sesuatu yang berantakan, jika belum terbiasa, akan membuat pusing kepala jika melihatnya.
Nah, sesungguhnya yang namanya aturan itu dibuat semata-mata untuk membuat hidup jadi teratur, bukan menyiksa hidup. Dan, ini sesungguhnya akan menambah kebahagiaan pada hidup manusia itu sendiri. Yang diperlukan hanyalah merubah pola pikir terhadap aturan.

Membiasakan Taat Peraturan Itu Penting Bagi Pelajar

Bagi kalian yang masih sekolah, jangan alergi dengan apa yang namanya peraturan. Anggaplah itu sesuatu yang positif. Ubah cara pandangmu.
Sesungguhnya, di dalam kehidupan nyata selepas kalian lulus sekolah, kalian akan mendapatkan kenyataan bahwa dimanapun kalian berada, kalian akan berhadapan dengan aturan. Misalnya, di tempat kerja.
Tak ada tempat kerja yang tidak memiliki pengaturan tentang pegawainya. Pasti semuanya ada. Jika kalian tidak terbiasa diatur, pasti akan kesulitan beradaptasi di dunia kerja. Untuk itu, gunakanlah waktu sekolah untuk melatih dan membiasakan diri.
Nah, demikianlah jawaban tentang mengapa manusia perlu aturan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like