Sepi Peminat, 5 Jurusan di UIN Sunan Gunung Djati Ini Punya Prospek Kerja Bagus

Bagi kalian yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, selain PTN, kalian wajib mempertimbangkan untuk mendaftar pula di PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Sama-sama negeri, sudah banyak PTKIN yang memiliki jurusan-jurusan yang bervariatif seperti PTN, salah satu PTKIN itu adalah UIN Sunan Gunung Djati di Bandung.

Untuk mendaftar ke PTKIN, terdapat beberapa jalur seperti SNMPTN dan SBMPTN untuk jurusan non-agama, serta SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN untuk jurusan-jurusan keagamaan. PTKIN berakreditasi B ini memiliki beberapa jurusan yang masih ‘sepi peminat’, padahal prospek masa depannya bagus lho! Wah, bisa mengurangi tingkat persaingan kalau kalian daftar. Penasaran apa saja jurusannya? Cek daftarnya berikut ini.

  1. Matematika

Bidang matematika nampaknya akan selalu punya kesempatan kerja yang luas ya, meskipun demikian jumlah peminat jurusan Matematika di UIN SGD tidak terlalu tinggi, lho.

Jurusan yang berada di fakultas sains dan teknologi ini bahkan hanya punya kurang lebih 211 peminat di tahun 2020 lalu.

Padahal, seorang jurusan matematika bisa terjun di banyak bidang, seperti bidang ekonomi, maupun pendidikan.

  1. Ilmu Politik

Ilmu politik juga menjadi salah satu jurusan yang tidak cukup terkenal di kalangan pendaftar. Pasalnya, jurusan ini hanya punya sekitar 160 pendaftar saja, paling sedikit jika dibandingkan dengan jurusan lain.

Apa saja prospek kerja jurusan ini? 1) Peneliti politik; 2) PNS; 3) Pengajar; 4) pegawai yudisial; dll.

  1. Biologi

Hanya punya 187 peminat menjadikan jurusan biologi masuk ke dalam deretan jurusan ‘sepi peminat’. Padahal, sarjana biologi bisa menjadi asisten lab, pengajar, atau bahkan food scientist yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan makanan, lho!

  1. Fisika

Sarjana jurusan Fisika selalu banyak dibutuhkan oleh BUMN ataupun perusahaan-perusahaan swasta. BUMN maupun perusahaan-perusahaan swasta ini bahkan mampu menggaji lulusan Fisika dengan cukup tinggi, kisaran 5 hingga puluhan juga. Namun nyatanya di tahun 2020, hanya ada 58 pendaftar di jurusan Fisika UIN SGD. Wah, sedikit sekali, ya?

  1. Kimia

Jurusan kimia punya prospek kerja yang bervariatif, beberapa diantaranya adalah menjadi tenaga pendidikan, ilmuwan, atau pun seorang ahli kimia. Bahkan, BNN pun membutuhkan orang-orang dari jurusan kimia.

Meskipun demikian, nampaknya jurusan kimia di UIN SGD belum menarik banyak minat para pendaftar. Pasalnya, hanya ada 185 orang pendaftar saja di tahun 2020 lalu.

 

Demikian deretan jurusan yang ‘sepi peminat’ dengan prospek kerja yang menjanjikan. Apakah salah satunya jurusan impianmu?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like