Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Tidak terasa ya, pandemi membuat kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara daring selama lebih dari 1 tahun. Rasanya, perkuliahan offline sudah mulai dirindukan mahasiswa.

Tak hanya dirindukan oleh mahasiswa-mahasiswa “lama”, perkuliahan offline tentunya juga ingin dirasakan oleh mahasiswa “baru” yang belum sama sekali merasakannya. Nah, bagi kalian yang sudah sangat rindu kuliah tatap muka, ada kabar baik nih karena perkuliahan kabarnya akan mulai dilakukan secara offline di bulan Juli mendatang!

Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menghadapi perkuliahan offline? Simak 5 hal berikut, ya!

1. Buku Catatan, Alat Tulis, dan Kertas

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kuliah Tatap Muka

Pandemi membuat perkuliahan banyak dilakukan melalui gadget dan laptop, meskipun demikian ketika nanti sudah kuliah offline, baiknya kalian menyiapkan buku-buku dan alat tulis. Sebab nanti akan ada materi yang lebih mudah untuk segera dicatat di buku. Laptop memang sangat membantu, tapi selalu membawa laptop tampaknya juga akan kurang praktis jika sudah berkuliah tatap muka nanti.

2. Pakaian Sopan dan Rapi

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kuliah Tatap Muka

Walaupun berkuliah bisa menggunakan baju bebas, tapi ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi oleh mahasiswa lho! Contohnya, untuk jurusan tertentu, akan ada ketentuan untuk wajib menggunakan rok bagi mahasiswi atau juga pelarangan penggunaan celana jeans bagi mahasiswa.

Meskipun demikian, kunci dalam berpakaian jika sudah kuliah offline nanti adalah wajib sopan dan rapi. Satu lagi, pastikan tidak pakai sandal saat masuk kuliah ya!

3. Informasi Mengenai Lingkungan Kampus dan Luar Kampus

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kuliah Tatap Muka

Khususnya untuk para mahasiswa baru, pasti kalian belum punya banyak informasi mengenai kampus kalian. Jadi, himpunlah informasi-informasi penting yang sekiranya bermanfaat, seperti dimana letak-letak gedung penting (gedung perpustakaan, laboratorium, tempat ibadah, kantin, kantor akademik); ketahui informasi mengenai organisasi dan komunitas di jurusan maupun kampusmu. Selain itu, penting bagi kalian untuk mengetahui juga tempat-tempat diluar lingkungan kampus seperti tempat makan, tempat fotocopy, tempat laundry, ataupun toko terdekat.

4. Membawa Uang Cash Secukupnya

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kuliah Tatap Muka

Membawa uang cash secukupnya bisa membantu kalian untuk lebih hemat dalam melakukan pengeluaran dana. Lagipula, masih banyak pembayaran yang hanya menerima pemabayaran cash, contohnya di tempat fotocopy.

Meskipun demikian, punya alat pembayaran digital juga perlu dipertimbangkan karena seringkali ada situasi-situasi mendesak yang mengharuskan kalian untuk melakukan pembayaran pada saat itu juga.

5. Membawa Kartu Tanda Mahasiswa atau Kartu Identitas Lainnya

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kuliah Tatap Muka

Dua benda ini merupakan barang yang wajib kalian bawa ketika berada di lingkungan kampus. Bahkan ada beberapa kampus yang tidak memperbolehkan orang untuk masuk area kampus jika tidak menunjukkan kartu tanda mahasiswa (KTM). Jadi, pastikan kalian menjada KTM kalian baik-baik ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like