Tidak dapat dipungkiri jika berkuliah memerlukan biaya yang cukup banyak. Makanya, sejak awal banyak sudah banyak mahasiswa mengincar untuk mendapatkan program beasiswa demi menunjang masa perkuliahannya.
Memangnya mahasiswa baru bisa dapat beasiswa? Bisa, dong! Beberapa program beasiswa bahkan memberikan program pelatihan soft skill bagi penerimanya. Lalu, beasiswa apa aja sih yang bisa di apply oleh mahasiswa baru? Simak daftarnya berikut!
1. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Rekomendasi Beasiswa yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan solusi pembiayaan pendidikan untuk mahasiswa yang terkendala biaya.
Beasiswa Unggulan terdiri atas tiga jenis; pertama, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi; kedua, Beasiswa Unggulan 3T; ketiga, Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud.
Keuntungan apa saja yang akan diterima oleh mahasiswa yang berhasil apply beasiswa ini?
Pertama, tiap semester penerima akan menerima bantuan biaya pendidikan untuk SPP/UKT. Kedua, subsidi buku selama kuliah. Ketiga, uang sejumlah 1,4 juta untuk biaya hidup.
Kalian bisa mengakses beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id untuk update informasinya.
2. Beasiswa TELADAN

Rekomendasi Beasiswa yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru
Beasiswa Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan atau sering disingkat sebagai Beasiswa TELADAN ini akan memberikan beberapa keuntungan bagi Tanoto scholars, sebutan bagi penerimanya. pertama, penerima akan mendapatkan biaya kuliah selama 8 semester, kesempatan intership lewat program magang RGA Group atau mitra Tanoto Foundation, pelatihan pengembangan kepemimpinan dan karir terstruktur yang terdiri dari program dasar, program lanjutan, dan program persiapan karir, tunjangan tiap bulan, serta kesempatan untuk berjejaring melalui program Global Experiences Program dan summer course.
Informasi terbaru dapat kalian akses di www.tanotofoundation.org/id
3. Beasiswa Unggulan Astra 1st

Rekomendasi Beasiswa yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Beasiswa yang diberikan oleh PT. Astra International Tbk ini memberikan penerima beasiswanya uang saku selama satu tahun sejumlah 5 juta rupiah/semester, peluang untuk melakukan kerja praktek atau magang di PT Astra serta peluang untuk mengerjakan proyek-proyek yang ditangani anak perusahaan dari PT Astra. Selain itu, penerima beasiswa juga bisa mendapatkan pendampingan komprehensif untuk mengembangkan kompetensi teknis dan non-teknis dalam waktu 1 tahun serta berpeluang mendapatkan dana proyek PT Astra.
Lebih lanjut, beasiswa ini menawarkan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi situasi bisnis yang riil dan memperluas jaringan professional kerja.
Informasi lebih lanjut dapat diakses di www.astra.co.id
4. XL Future Leaders

Rekomendasi Beasiswa yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru
Khusus mahasiswa tahun pertama dan kedua, kalian wajib coba program ini! Program dengan durasi selama 2 tahun ini memiliki model pelatihan terpadu yang berfokus pada 3 area kompetensi tingkat global yang dibutuhkan.
Terhitung hingga tahun 2021, XL Future Leaders telah memasuki batch ke-10 dengan kuota 120 mahasiswa di seluruh Indonesia.
Keuntungan yang ditawarkan bagi penerimanya diantaranya adalah: 1) Pelatihan soft skill selama 2 tahun; 2) Gadget dan pulsa XL selama 2 tahun. Kemampuan mahasiswa dalam bersaing di perusahaan multinasional serta kontribusi bagi masyarakat sekitar menjadi tolak ukur bagi peserta program ini.
Informasi terbaru dapat diakses di register.xlfutureleaders.com
5. Beasiswa Eka Tjipta Foundation (ETF)

Rekomendasi Beasiswa yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru
Sudah berdiri sejak tahun 2006, beasiswa ETF merupakan wadah pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) seluruh unit yang berada dalam naungan Sinar Mas.
Beasiswa ETF menawarkan biaya kuliah selama 8 semester, tunjangan hidup tiap semester selama maksimal 8 semester, serta tunjangan untuk tugas akhir dan wisuda.
Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website ekatjipta.org/beasiswa-etf

Demikian daftar beasiswa yang wajib mahasiswa baru pertimbangkan untuk dicoba. Semangat kuliahnya ya. Pemburu beasiswa harus rajin mencoba dan tidak putus asa. Jangan takut mencoba dan Semoga berhasil menjadi penerima salah satu beasiswa di atas.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like