Bicara soal kehidupan mahasiswa, pasti tidak bisa lepas dari istilah “ngekos”. Lokasi kampus yang seringkali jauh dari rumah membuat banyak mahasiswa harus ngekos selama masa studinya. Umumnya, mereka akan tinggal di sepetak ruangan kos sendirian atau pun bersama teman.
Bagi banyak orang, ngekos selalu dipandang ‘tidak enak’. Alasannya bermacam-macam, mulai dari harus hidup sendiri, jauh dari orang tua, memanage uang agar cukup selama sebulan, berusaha berhemat, hingga ngurang-ngurangin nongkrong biar besok masih bisa makan. Meskipun demikian, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ngekos seperti berikut.
1. Menjadi Pribadi yang Mandiri
Hidup jauh dari keluarga berarti harus mengatur segala sesuatu sendirian. Jika di rumah kalian bisa makan masakan ibu, di kos kalian harus memasak sendiri atau beli untuk makan. Hal lain yang harus dikerjakan anak kos diantaranya adalah: bersih-bersih, mencuci, dan yang paling susah dan menjadi problem adalah mengatur keuangan sendiri.
Memang awalnya akan terasa berat, tapi jika kalian sudah terbiasa, maka hal-hal tersebut akan membuat pribadi kalian menjadi lebih mandiri.
2. Menjadi Lebih Produktif dan Kreatif
Menjadi anak kos membuat kalian bisa mengatur waktu kegiatan sesuka kalian. Nah, hal ini bisa meningkatkan produktivitasmu lho! Misal, kalian bisa menyingkirkan hal-hal yang mengganggumu dan menempatkan kegiatan di waktu tertentu sehingga hal yang kalian kerjakan menjadi maksimal.
Kalau masalah kreatif, anak kos juaranya. Mulai dari mencoba banyak pola atau cara agar keuangan tetap aman selama sebulan hingga mengakali banyak hal agar kehidupan tetap lancar. Misal nugas di warkop 3 jam, tapi pesen kopinya segelas doang. Yang penting kuliah lancar, dompet tetap aman, hehe. Atau nyimpen wadah plastik bekas makanan buat piring cadangan. Pokoknya, anak kos pasti super kreatif buat bertahan hidup!
3. Tanggung Jawab
Karena tinggal sendirian dan jauh dari pantauan keluarga, kalian jadi punya kebebasan yang lebih dibandingkan ketika berada di rumah. Nah, dengan kebebasan tersebut, kalian punya tantangan untuk bisa tanggung jawab dengan segala tindakan kalian. Misalnya, bisa membatasi waktu nongkrong dan main-main agar tidak sampai mengganggu perkuliahan.
4. Mengembangkan Pola Pikir
Saat kalian masih tinggal dengan orang tua, pasti pola pikir kalian akan sedikit banyak dipengaruhi oleh pola pikir mereka. Berbeda halnya jika kalian hidup sendirian, kalian akan jadi lebih banyak memandang sesuatu dengan pola pikirmu sendiri, mengolahnya dan memaknainya. Hal ini penting lho untuk kehidupan kalian agar bisa memaknai kehidupan dengan pendirianmu sendiri.
5. Mudah Berkonsentrasi
Dengan keleluasaan untuk mengatur waktu dan kegiatan kalian sendiri, kalian bisa jadi lebih berkonsentrasi dalam melakukan hal-hal untuk mencapai tujuanmu. Gangguan-gangguan yang biasanya muncul saat di rumah, bisa kalian hilangkan ketika tinggal di kosan.

Setelah membaca lima manfat ngekos di atas, jangan ragu untuk menjadi anak kos ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like