Sejak awal menjadi mahasiswa, kita selalu diingatkan bahwa kuliah berbeda dengan ketika kita berada di bangku sekolah. Menapaki dunia perguruan tinggi yang tidak seindah di FTV menuntut kita untuk segera beradaptasi dengan lingkungan agar bisa bertahan dan lancar dalam melakukan studi.
Maka dari itu, kita harus mengubah beberapa kebiasaan yang mungkin terkesan biasa saat di bangku sekolah, tapi harus segera diubah ketika sudah menjadi mahasiswa. Nah, apa saja kebiasaan yang wajib diubah? Simak ulasannya di bawah ya!

1. SKS (Sistem Sebut Semalam)

Mahasiswa Wajib Ubah 5 Kebiasaan Ini!
Siapa nih yang biasanya ngebut belajarnya dalam waktu semalam? Nah, kebiasaan SKS ini wajib banget kalian ubah ketika sudah mahasiswa. Kenapa? Karena materi-materi perkuliahan umumnya memerlukan pemahaman yang mendalam, bukan hanya sekadar hafalan.

2. Menunda Pekerjaan

Mahasiswa Wajib Ubah 5 Kebiasaan Ini!

Menunda pekerjaan memang selalu tidak bagus untuk rutinitas kita. Apalagi, saat kita berkuliah, akan ada banyak deadline tugas yang berdekatan.
Makanya, sebaiknya kita tidak menunda-nunda pekerjaan agar perkuliahan kita lancar. Dengan segera mengerjakan tugas, kita bisa mencicil dan mencari informasi pendukung sebanyak-banyaknya agar hasil tugas kita maksimal. Meskipun ada ungkapan bahwa otak lebih cepat bekerja ketika mepet deadline, tetep kurangin kebiasaan menunda dan mengerjakan tugas mepet deadline ya!

3. Malas Baca

Mahasiswa Wajib Ubah 5 Kebiasaan Ini!
Sudah jadi kewajiban mahasiswa untuk menjadi rajin membaca. Kenapa? Karena tidak semua materi akan didapatkan di kelas, maka kita wajib memahami dan mencarinya melalui bacaan-bacaan yang relevan seperti jurnal, buku, ataupun skripsi.
Membaca juga bermanfaat dalam memperluas wacana serta pengetahuan kita. Bacalah minimal 1 buku fiksi untuk hati, dan 1 buku non-fiksi untuk otakmu tiap bulannya.

4. Menjadi Anggota Pasif dalam Kelompok

Mahasiswa Wajib Ubah 5 Kebiasaan Ini!
Kalau kalian mendapatkan tugas secara berkelompok, tolong dengan sangat hormat untuk tidak jadi anggota pasif ya!
Kalian harus selalu mengikuti perkembangan tugas kelompok dan aktif berpartisipasi dalam memberikan kontribusi selama pengerjaan tugas.
Kenapa kita tidak boleh pasif? Selain memberatkan teman kelompokmu yang lain, kalian juga bisa mendapatkan konsekuensi berupa tidak dicantumkan dalam kelompok ketika pengumpulan tugas. Jadi, dosen akan menandai nama kalian dan kalian tidak akan mendapatkan nilai untuk tugas tersebut.

5. Kebiasaan Boros

Mahasiswa Wajib Ubah 5 Kebiasaan Ini!
Anak kuliah yang biasanya jauh dari rumah umumnya diberi otoritas untuk mengatur keuangannya sendiri dengan jatah yang telah ditentukan tiap bulannya. Orang tua juga kerapkali tidak menanyakan rincian penggunaannya, yang penting tiap bulan hanya sejumlah jatah saja yang dihabiskan.
Nah, otoritas ini seringkali justru membuat anak kuliahan jadi boros banget! Mereka terkadang tidak bisa menahan godaan untuk ngopi, beli barang lucu, atau sekadar jalan-jalan bareng teman. Imbasnya, bisa saja di akhir bulan mereka sudah kehabisan uang, padahal jatah dari orang tua belum akan dikirim saat itu juga.
Karena itu, kebiasaan boros jika kalian jadi mahasiswa wajib diubah. Syukur-syukur, kalian malah bisa sampai menabung dengan uang bulanan kalian untuk masa depan. Kurang-kurangin jajan dan mainnya yah!

Nah, itu dia 5 kebiasaan yang wajib diubah ketika sudah jadi mahasiswa. Mana nih kebiasaan yang paling sulit diubah?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like