Perkembangbiakan Tumbuhan Vegetatif Buatan

Matapendidikan.com – Sebelumnya kita sudah membahas tentang perkembangbiakan tumbuhan secara alami, kali ini kita akan membahas perkembangbiakan secara vegetatif buatan. Manusia sudah sejak lama merekayasa perkembangbiakan tumbuhan. Metode vegetatif buatan punya kelebihan yaitu tanaman baru punya sifat yang sama seperti induknya dan memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan induknya. Contoh teknik perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan adalah cangkok, setek, okulasi, merunduk dan menyambung.

1. Mencangkok
Teknik mencangkok adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan tumbuhan induknya. Cara mencangkok tanaman adalah sebagian kulit cabang dibuang lalu dibalut tanah. Nah kemudian pada cabang yang dicangkok tadi akan tumbuh akar baru guys.

Cabang ini siap ditanam menjadi tanaman baru. Tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhan dikotil dan berkambrium seperti jeruk, jabu, mangga, rambutan dan durian.

2. Okulasi
Teknik okulasi adalah menempelkan mata tunas pada pohon lain yang sejenis. Tanaman yang diambil tunasnya biasanya memiliki keunggulan antara lain tanaman lebih kuat, buahnya lbeih besar dan tahan penyakit. Contoh okulasi adalah pada tanaman karet.

3. Menyetek
Teknik setek adalah memperbanyak tumbuhan dengan menanam potongan-potongan batang tumbuhan induk. Potongan batang tersebut tidak sembarangan karena harus punya buku agar bisa tumbuh. Tumbuhan yang dapat disetek batang adalah ketela pohon, tebu, mawar dan melati. Tumbuhan yang dapat disetek pucuk adlah teh sementara yang bisa disetek daun adalah begonia dan sanseviera.

4. Merunduk
Merunduk adalah teknik memperbanyak tanaman dengan menimbun bagian cabang yang tumbuh memanjang diatas permukaan tanah. Bagian cabang yang tumbuh memanjang dibenamkan ke dalam tanah yang nantinya pada bagian yang terbenam tanah ini akan tumbuh akar baru. Contohnya anggur, apel, alamanda, anyelir.

5. Menyambung
Teknik menyambung adalah menggabungkan abtang bawah dan batnag atas dari dua tanaman sejenis. Tujuan menyambung adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang punya sifat unggul. Contoh teknik menyambung bisa dilakukan pada mangga. Gambar: disini

Perkembangbiakan Tumbuhan Vegetatif Buatan

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like