Soal dan Pembahasan Buku Siswa Ipa Kelas 9 Uji Kompetensi Bab 9 Halaman 196

SOAL DAN PEMBAHASAN BUKU SISWA IPA KLS 9 UJI KOMPETENSI BAB 9 HALAMAN 196

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ….

2. Salah satu peran organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Beni melakukan pengamatan pada beberapa jenis tanah dan mendapatkan hasil sebagai berikut!

Tanah yang mengandung organisme tanah berasal dari lokasi ….

3. Tanah terdiri atas beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang, manusia melakukan penggalian hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu hal yang mungkin terjadi pada keseimbangan lingkungan akibat penggalian tanah adalah ….

4. Perhatikan gambar lapisan tanah berikut!

Lapisan tanah yang paling banyak mengandung materi organik adalah ….

5. Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari ….

6. Sifat-sifat tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia. Berdasarkan pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah karena proses alam adalah ….

7. Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika. Di antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalami pelapukan adalah daerah ….

8. Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain

9. Tanah yang memiliki ukuran butiran sangat kecil, sulit ditembus air, dan tidak mengandung campuran pasir dan batuan disebut ….

10. Akibat utama erosi tanah adalah ….

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!

Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama dengan kekuatan pengocokan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi.

Pasir ukuran butirannya 0,5mm – 2,0mm

Lumpur 0,02 mm – 0,002 mm

Lempung berpasir 0,2 mm – 0,02 mm

Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

3. Di daerah pegunungan atau perbukitan, lahan pertanian dibuat secara terasering. Jelaskan keuntungan sistem terasering tersebut!

4. Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda:

Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?

5. Di lapisan tanah yang semakin dalam, ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas. Menurut pendapatmu, mengapa hal itu terjadi?

Kunci Jawaban Uji Kompetensi

1. Pilihan Ganda

1. A

2. B

3. C

4. A

5. B

6. A

7. A

8. C

9. A

10. D

2. Uraian

1. Botol A karena susunannya tepat, lapisan teratas merupakan lapisan lempung yang terdiri atas campuran tanah liat, pasir, dan bebatuan sehingga aerasi cukup baik untuk akar tumbuhan. Tanah lempung juga merupakan tanah yang mampu menahan air dan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Lapisan kedua merupakan tanah pasir, yang memiliki ukuran butiran besar sehingga dapat menyediakan udara yang cukup untuk akar tanaman dan menjaga agar akar tidak membusuk. Lapisan terakhir adalah tanah liat yang memiliki sifat padat, sulit ditembus air sehingga keberadaan air dalam botol dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama.

Pada botol B, lapisan teratas adalah tanah liat, dengan karakteristik tanah liat yang sulit ditembus air, akibatnya aerasi untuk akar tanaman kurang baik sehingga memungkinkan akar tanaman busuk.

2. Tanah dalam tabung yang cepat mengendap adalah tanah pasir. Tanah pasir cepat mengendap karena memiliki partikel lebih besar dan berat. Tanah merupakan komponen abiotik pada ekosistem. Tanah bermanfaat bagi makhluk hidup karena sebagai tempat hidup. Untuk tumbuhan tanah berfungsi menyediakan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

3. Keuntungan dari sistem terasering tersebut adalah:

– Membuat lahan miring menjadi stabil sehingga erosi berkurang

– Meningkatkan penyerapan air tanah

– Lahan terasering dapat digunakan sebagai lahan perkebunan

4. Karena tanaman menyerap cukup banyak nitrat untuk asupan hidupnya, sehingga saat pohon itu hidup, kandungan nitrat di tanah cendeung sedikit karena terus menerus diserap oleh pohon.

Namun setelah pohon – pohon ditebang, ia tidak lagi menyerap nitrat untuk kebutuhan hidupnya, shingga jumlah nitrat di tanah menjadi cenderung tinggi.

5. Di lapisan tanah yang semakin dalam ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas.

Hal itu terjadi karena pengurai seperti cacing tanah, jamur dan bakteri memerlukan oksigen, sehingga lapisan paling atas tanah yang banyak mendapatkan oksigen juga banyak memiliki organisme pengurai.

Posting Komentar

label: 'random', num: 6, showComment: true, showLabel: true, showSnippet: true, showTime: true, showText: 'Show All'