Soal dan Pembahasan Buku Siswa IPA Kelas 7 Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 44

SOAL DAN PEMBAHASAN BUKU SISWA IPA KLS 7 UJI KOMPETENSI BAB 2 HALAMAN 44

1. jika para petani melakukan pemberantasan serangga,apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak?jelaskan

2. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut?coba identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada

3. apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

4. Mengapa (padi,serangga,katak,ular,dan elang) dapat hidup disuatu tempat yang sama yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan gambar

5. apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal hal yang akan terjadi berikut ini.

a. apa yang terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?

b. apa yang terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

c. apa dampak yang timbul pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pad ekosistem sawah tersebut?

6. Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroprasi setiap harinya. penduduk perumahan yang terletak disebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka,sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi!

7. Gambar dibawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan . sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar

apakah gambar (a) dan (b) di atas dapat mewakili saling ketergantungan organisme

Kunci Jawaban

1. Pada rantai makanan di ekosistem sawah, serangga menempati posisi sebagai pemakan tumbuhan padi. Apabila terdapat gangguan pada populasi serangga baik disebabkan oleh pemberantasan serangga oleh petani atau faktor lainnya, maka pertumbuhan padi tidak akan terganggu. Hal ini berdampak positif bagi petani. Akan tetapi, hal ini juga akan berdampak pada menurunnya populasi katak yang berperan sebagai pemangsa serangga.

2. Keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh komponen abiotik dan biotik. Berikut beberapa komponen abiotik yang terdapat pada ekosistem sawah:

a. Air

b. Udara

c. Tanah

d. batu

e. Pupuk

3.  maka akan terjadi hilangnya rantai makanan dan kematian konsumen, karena konsumen akan kehilangan produsen yang mampu membuat makanan sendiri.

4. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu. Dalam suatu rantai makanan terdapat produsen, konsumen dan pengurai (dekomposer). Contoh yang terjadi pada ekosistem sawah adalah : padi → serangga → katak → ular → elang.

5. a) populasi katak akan bertambah karena konsumen di atasnya habis sehingga tidak ada lagi yang memangsanya.

b) populasi elang akan menurun bahkan akan punah karena rantai makanan sebagai produsennya habis.

c) para petani akan kesulitan karena jumlah hama yang bertambah akibat putusnya rantai makanan karena punahnya ular.

6. Alasan dari kenapa hanya penduduk perumahan yang berada pada bagian timur yang mengalami masalah pada iritasi bagian mata dan sedangkan pada pendudk yang berada pada bagian barat tidak mengalami masalah adalah dikarenakan gas yang keluar dari cerobong asap pada pabrik tersebut terbang menuju ke arah timur, sedangkan pada bagian barat tidak mengalami masalah apapun karena angin tersebut membawanya ke arah barat.

7. iya , karena garis panah (a) menggambarkan bahwa ikan kecil dan ikan besar memerlukan tumbuhan air sebagai sumber makanan dan oksigen , sedangkan garis panah (b) menggambarkan bahwa tumbuhan memerlukan gas karbon dioksida dan mineral dari kotoran yg di keluarkan ikan .

Posting Komentar

label: 'random', num: 6, showComment: true, showLabel: true, showSnippet: true, showTime: true, showText: 'Show All'