Soal dan Pembahasan Buku Siswa IPA Kelas 9 Uji Kompetensi Bab 8 Halaman 150

SOAL DAN PEMBAHASAN BUKU SISWA IPA KLS 9 UJI KOMPETENSI BAB 8 HALAMAN 150

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 

1. Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut ….

2. Dua atom atau lebih yang bergabung (melalui ikatan kimia), baik antara atom-atom yang sama maupun atom-atom yang berbeda disebut ….

3. Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah

4. Kalsium mempunyai nomor atom 20 dan nomor massa 40. Jumlah proton yang terdapat dalam atom kalsium adalah ….

5. Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut ….

6. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah ….

7. Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah ….

8. Berdasarkan elastisitasnya, bahan berikut yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah ….

9. Zat yang digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah …

10. Bahan berikut yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah ….

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut! 

1. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari!

2. Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!

3. Mengapa bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!

4. Perhatikan kabel listrik berikut.

Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut. Jelaskan sifat fisika dan kimia yang mendukung pemilihan bahan tersebut!

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Kunci Jawaban

1. Pilihan Ganda

1. C

2. B

3. D

4. B

5. A

6. A

7. D

8. B

9. C

10. D

2. Uraian 

1. Peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari. a) Aliran elektron dapat menghasilkan arus listrik. b) Digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit melalui sinar-X. c) Digunakan sebagai sumber gelombang pengganti cahaya pada mikroskop elektron. d) Loncatan elektron dari kulit atom suatu unsur dapat menghasilkan cahaya dengan warna yang khas dan dimanfaatkan dalam pembuatan kembang api.

2. Iodin (I) merupakan komponen hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Hormon tiroksin berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme untuk menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah. Apabila tubuh kekurangan iodin dapat mengakibatkan kelenjar tiroid membesar sampai ukuran abnormal atau yang dikenal dengan penyakit gondok.

3. Bahan yang terbuat dari sterofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan adalah karena sterofoam mengandung zat kimia polystyrene. Zat kimia polystyrene dalam sterofoam dapat mencemari makanan. Zat kimia polystyrene bersifat karsinogen pada manusia yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker.

4. Bahan yang paling banyak digunakan untuk kabel listrik adalah jenis logam konduktor seperti tembaga dan alumunium. Berikut ini adalah beberapa sifat kimia dan fisika sebagai dasar pemilihan bahan konduktor tersebut:

– Pada ukuran diameter kabel yang sama, Kawat tembaga mampu menghantarkan listrik lebih besar karena memiliki daya hantar lebih baik.

– Harga alumunium adalah 40% lebih murah dari pada tembaga

– tembaga lebih mudah dalam pengerjaan karena mudah disolder.

– Alumunium lebih ringan 50% dari tembaga.

– Titik lebur alumunium (670 C) lebih rendah dari pada tembaga (1085C)

5. intan dan grafit merupakan zat yang sama sama tersusun atas atom karbon. Namun keduanya memiliki susunan atom yang berbeda. Intan merupakan atom karbon yang memiliki susunan yang sangat teratur (kristalin) berbentuk tetrahedral memiliki kekrasan yang tinggi dan bersifat isolator. Sedangkan grafit memiliki susunan atom karbon yang tidak teratur (amorf) dan bersifat konduktor.

Posting Komentar

label: 'random', num: 6, showComment: true, showLabel: true, showSnippet: true, showTime: true, showText: 'Show All'