5 Tips Mahasiswa Baru, Agar waktu Kuliah menjadi lebih bermanfaat

Menginjakkan kaki hingga bangku kuliah adalah impian para pelajar, kuliah adalah puncak tertinggi dari perjalanan kita menimba pendidikan di instansi formal. Kuliah berbeda dengan masa sekolah, anda bukan lagi siswa tapi mahasiswa. Makna “maha” menunjukkan bahwa anda lebih dari sekedar siswa biasa.

Di perkuliahan, anda dituntut untuk lebih mandiri, aktif dan kritis. Tenaga pengajar di bangku kuliah tidak akan menyuapkan ilmu secara langsung kepada pelajar layaknya masa sekolah. anda yang harus mampu memberi asupan sendiri ilmunya, entah itu dari membaca, diskusi atau kegiatan lain yang dapat mengasah kemampuan diri.

Menjadi mahasiswa memang susah-susah gampang, susah karena kita harus mampu bertanggung jawab atas otoritas kita sendiri. Seberapa manfaat waktu dan biaya yang kita habiskan di perkuliahaan, tergantung bagaimana kita dapat mengelola nya. Menjadi kurang berguna jika kuliah hanya diisi dengan kegiatan monoton; kuliah pulang, kuliah pulang (kupu-kupu). Tanpa ada kegiatan lain yang dapat menunjang kemampuan anda. Dan gampang karena optimislah kita bisa melakukanya.

Banyak cara  untuk mengelola waktu anda selama masa perkuliahan, agar lebih bermanfaat dan memiliki impek yang baik terhadap kemampuan diri. Berikut adalah tips-tips dan aktivitas yang bisa anda terapkan selama proses perkuliahan.

Rajin baca Buku dan Diskusi bersama teman

Baca buku memang kegiatan yang sulit untuk dibiasakan; rasa malas, bosan, teralihkan oleh handphone, kecanduan game dsb. Adalah gangguan yang paling sering dialami oleh mahasiswa ketika mau belajar. Namun, apa gunanya anda kuliah jika waktu anda habis hanya untuk menuruti kegiatan tersebut.

Ada baiknya biasakanlah menyisihkan waktu 10-15 menit per hari untuk membaca atau menulis kembali apa yang anda dapat selama kuliah.

 Dengan baca buku, selain untuk menambah ilmu pengetahuan atau wawasan, anda akan lebih terlatih untuk fokus terhadap suatu permasalahan. Sehingga, ketika sudah terbiasa active membaca, gangguan-gangguan seperti di atas yang dapat mengalihkan fokus kita lama-kelamaan akan terkikis.  

Mulai mengikuti organisasi kampus

Jangan takut untuk berorganisasi, selagi kegiatan dalam organisasi masih relevan dengan jurusan anda, atau organisasi-organisasi yang membantu meningkatkan soft skill, yang mana ilmu tersebut tidak akan anda dapat di materi perkuliahan.

Misal organisasi jurnalistik, sangat membantu anda dalam mendalami mengenai teknis kepenulisan. Jadi, ilmu yang didapat dari organisasi masih ada korelasi dengan perkuliahan.

 

Manajemen Waktu dengan baik

Biasakan untuk membuat planing keseharian, list semua tugas yang diberikan dosen. Mulai atur waktu kapan mulai mengerjakan tugas tersebut, jika mampu pastikan bisa mengumpulkan tugas sesuai deadline. 

Atur pola tidur dengan baik, agar ketika jam perkuliahan anda dapat menjalani aktivitas dengan maksimal. Kurangi begadang jika tidak diperlukan, lakukan olahraga atau meditasi setiap pagi untuk membantu menambah daya fokus fungsi otak. 

Buat skala prioritas kegiatan anda, pilah mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu mana yang bisa ditunda. Cermati hal ini dengan baik supaya tidak berakibat fatal akibat salah mengatur waktu dengan baik.

Optimis dengan Jurusan yang dipilih

Ada kalanya beberapa dari anda ketika telah memasuki 3-4 semester awal akan merasa salah memilih jurusan, cuba pertimbagnkan baik-baik terkadang itu hanyalah kelabilan kita karena belum siap menerima perkuliahan. Cobalah untuk yakin bahwa kita mampu, selagi masih ada waktu untuk belajar lakukan semaksimal mungkin.

Jangan gegabah dalam mengambil keputusan, jika masih merasa tidak sesuai coba diskusikan dengan dosen pembimbing terlebih dahulu. Semoga akan mendapat jalan keluar yang lebih baik. 

Pantang menyerah

Percayalah bahwa masalah pasti tetap ada. Mau anda kuliah atau tidak, dalam hidup tugas kita hanya berusaha menyelesaikan masalah tersebut bukan menghindari atau melupakan.  

Menjadi mahasiswa adalah transisi pelajar menuju tingkat yang lebih dewasa. Jangan kaget jika permasalahan di usia anda mulai terlihat banyak. Namun, bukan berarti anda tidak bisa menyelesaikan. Segala permasalahan yang diciptakan pasti ada jalan keluarnya.

Demikian adalah beberapa tips yang semoga dapat membantu anda dalam menjalani perkuliahan dengan lebih baik. Waktu adalah nyawa setiap waktu yang kita habiskan ada sekian persen nyawa kita yang di tuangkan. Jadi, jangan pernah anggap remeh waktu, pertimbangkan segala aktivitas dengan dengan matang agar waktu kita tidak terbuang sia-sia. Semoga bermanfaat dan terimakasih

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You may also like