Bingung memilih jurusan, berikut 5 jurusan yang berpeluang besar menunjang karir kedepan !

Pertanyaan mengenai jurusan, pasti sering terlintas di benak para mereka yang inngin mlanjutkan pendidikan di bangu kuliah.

Semakin kesini jurusan atau lebih dikenal dengan istilah prodi mulai beragam. Akhirnya, karena banyaknya calon mahasiswa kebingungan memilih jurusan yang terbaik bagi dirinya.  

Sebagai calon mahasiswa, sebaiknya jeli dalam  memilih jurusan. Pilih jurusan yang sekiranya sesuai dengan kapasitasmu. lakukan analisis diri, maksudnya analisis diri adalah upaya untuk mengenali diri sendiri secara lebih mendalam.  

Dalam analisis diri paling sederhana menggunakan metode analisis SWOT Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). Dalam hal ini, seseorang harus dapat memetakan dimana letak kelebihan atau kemampuan yang dimiliki, kekurangan yang mungkin harus diperbaiki, peluang yang sesuai dengan kemampuan dan ancaman yang setidaknya harus diantisipasi atau dihindari.     

Dari situ, calon mahasiswa akan lebih terbantu dalam mengambil keputusan untuk menentukan jurusan yang cocok denganya.

Selautnya, calon mahasiswa juga perlu paham terhadap prospek kerja jurusan yang mereka pilih. Sehingga perlu adanya riset tentang jurusan yang memiliki lapangan kerja terbuka, agar ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah menjadi pengantar bagi profesinya kelak.

Dibawah ini akan dijelaskan rekomendasi beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja terbuka di masa depan, adapun penjelasanya sebagai berikut.

Jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi

Diawali dari jurusan yang populer di pasar, Teknik Informatika atau Sistem Informasi adalah jurusan yang memiliki kedekatan dengan kemajuan teknologi yang terjadi akhir-akhir ini. Maka dari itu, banyak tenaga ahli bidang tersebut yang dibutuhkan di banyak perusahaan.  

Pada jurusan teknik informatika, mahasiswa lebih didorong untuk bisa menguasai ilmu mengenai pemrograman. Tidak menjadi hal yang asing, setiap perangkat elektronik tidak lepas dari  yang namanya pemrograman. Sehingga dapat dipastikan bagaimana prospek kerja jurusan ini.

 

Namun, jurusan dengan prospek baik pasti memiliki daya saing tinggi, pemrograman juga ilmu yang tidak muda. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk menguasai ilmu tersebut secara maksimal. 

Sedangkan jurusan sistem informasi lebih cenderung dituntut untuk megfusasai sistem berbasis komputer untuk memenuhii kebutuhan oerusahaan. Dapat diibaratkan jurusan ini seakan seperti penggabungan dari ilmu komputer dengan management bisnis.

Jurusan Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis, pada jurusan ini mahasiswa lebih ditekankan untuk mendalami ilmu kewirausahaan dan pengelolaan suatu perusahaan. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luwes, banyak lapangan pekerjaan yang terbuka dengan profesi pada bidang ini.

Di wilayah industri, pasti membutuhkan tenaga ahli yang paham mengeani pengemangan bisnis. Profesi yang terbuka untuk  jurusan ini seperti jabatan manajerial, business development, business analyst, marketing executive, sales executive, dll. 

Selain itu pada ilmu kewirausahaan tidak menuntut mahasiswanya untuk masuk pada profesi yang terikat pada instansi, industri, perusahaan dll. Mahasiswi diberi bekal untuk dapat independen, menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Atau dengan kata lain meriah yang nantinya akan menciptakan perusahaan, yang nantinya juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain.

Jadi, jurusan ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki tingkat disiplin yang baik, perfeksionis dan rasa optimisme yang tangguh.

Jurusan Hukum

Jurusan yang dikenal dengan mahasiswa yang memiliki minat baca tinggi. Karena untuk dapat bersaing dalam jurusan ini mahasiswa harus memiliki banyak referensi buku bacaan. Selain itu, mahasiswa dituntut mampu memiliki keahlian dalam skill analitis kritis serta logis untuk dapat membuat keputusan yang bijaksana dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Profesi yang terbuka pada bidang ini seperti staff legal perusahaan, staf kementrian, staf HRD, dll. Lebih jauhnya terbuka untuk profesi Notaris dan Hakim. Namun, tidak cukup hanya bermodal ijazah S1, sehingga perlu pengalaman-pengalaman lain untuk bisa berkecimpung di profesi tersebut.

Jurusan Psikologi 

Psikologi termasuk jurusan yang belum lama masuk di perguruan tinggi indonesia. Namun, antusias para peminatnya semakin hari menunjukan kenaikan. Apalagi, banyak masyarakat modern yang mulai sadar menangani kesehatan mental. 

Perkembangan teknologi yang semakin cepat, persaingan antar individu semakin ketat, di barengi adanya transisi tenaga kerja, dari manusia ke tenaga mesin. Sehingga, cukup terlihat adanya perubahan makna profesi, banyak pekerjaan-pekerjaan kuno yang mulai terkikis. Namun, juga banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang lahir.

 

Tekanan zaman yang begitu besar, sangat berpotensi mempengaruhi kesehatan psikis mereka yang belum siap. Akhirnya, tenaga ahli dari bidang tersebut sekarang banyak dibutuhkan untuk membantu menemukan jalan keluar untuk permasalahan psikis

Selain itu Gelar Sarjana Psikologi terbuka untuk menunjang karir sebagai staff HRD, konsultan karir, trainer, RND dll.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Komunikasi adalah ilmu yang relevan disandingkan dengan profesi apapun. Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan skill komunikasi yang baik. Jika di tarik lebih luas, semua rekomendasi jurusan di atas juga membutuhkan ilmu komunikasi.

Sehingga, ilmu ini sangat berguna digunakan sebagai dasar awal segala cabang profesi. Karena semua profesi bersifat transaksional, komunikasi yang baik akan mempermudah keberhasilan individu dalam berkarir.

Pada jurusan ini, pastinya mahasiswa diberikan ilmu mengenai cara berkomunikasi yang benar, dengan segala macam teori dan praktek untuk menajamkan skill tersebut. Namun, untuk menunjang karier skill ini harus dipadukan dengan skil lain seperti desain, videografi, fotografi, creative writing, marketing, dll, menyesuaikan kemampuan individu.

Banyak dari mahasiswa yang memutuskan mengambil jurusan ini, untuk berkarir di  industri media seperti broadcasting, jurnalis, dan wartawan.

Demikian beberapa rekomendasi pemilihan jurusan dengan lapangan pekerjaan yang masih terbuka lebar kedepan menurut kami. Tapi, harus di perhatikan pilihan yang terbaik tetap di tangan anda, masih banyak jurusan-jurusan yang bagus yang mungkin tidak termaktub dalam kelima rekomendasi kami. 

Jadi, sebagai calon mahasiswa yang cerdas jangan gegabah dalam memilih jurusan, pertimabngakn baik-baik. Lakukan analisis diri dan riset dengan cermat agar apa yang anda putuskan tidak sekedar untuk membakar waktu dan uang. Semoga bermanfaat terima kasih.    

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You may also like