Beasiswa Monbukagakusho 2022: Kuliah S1 Full Funded di Jepang

Bersekolah ke luar negeri merupakan impian tiap orang, banyak diantara mereka yang bermimpi kuliah di negeri Sakura Jepang. Nah, ada informasi penting bagi kamu yang sedang mencari beasiswa S1 luar negeri ke Jepang. Terdapat Program Beasiswa S1 (Gakubu) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Beasiswa ini bernama Monbukagakusho/MEXT. Monbukagakusho terbuka untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dengan beasiswa penuh (FULL FUNDED). 

Berikut informasi mengenai persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho/MEXT untuk Program S1 di Jepang secara detail:

Pertama, kalian perlu mengetahu bahwa sebelum memulai masa perkuliahan di universitas, penerima Beasiswa Monbukagakusho terlebih dahulu mengikuti Sekolah Persiapan selama 1 tahun di Jepang. Selama periode satu tahun tersebut, mereka akan belajar Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS) atau Biologi, Fisika, Kimia (bagi yang memilih bidang studi IPA).

Secara keseluruhan, total masa studi penerima beasiswa Monbukagakusho adalah 5 tahun (1 tahun untuk Sekolah Persiapan dan 4 tahun untuk Masa Kuliah S1). Akan tetapi, total masa studi menjadi 7 tahun bagi mereka yang memilih bidang studi kedokteran.

Lalu apa saja cakupan beasiswa Monbukagakusho? Berikut rinciannya:

1. Pembiayaan penuh biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan) / fully funded

2. Tunjangan hidup tiap bulan dengan jumlah kurang lebih ¥117.000

3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang

4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar

5. Beasiswa ini tidak bersifat ikatan dinas

6. Biaya pendaftaran dan biaya seleksi gratis

Pilihan bidang studi yang termasuk dalam beasiswa Monbukagakusho sebagai berikut:

1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

– IPS-A : 1. Law, 2. Politics, 3. Pedagogy, 4. Sociology, 5. Literature, 6. History, 7. Japanese language, 8. others.

– IPS-B : 1. Economics, 2. Business Administration

2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

– IPA-A : Science (1. Mathematics, 2. Physics, 3. Chemistry), Electric and Electronic Studies (4. Electronics, 5. Electrical Engineering, 6. Information Engineering), Mechanical Studies (7. Mechanical Engineering, 8. Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (9. Civil Engineering, 10. Architecture, 11. Environmental Engineering), Chemical Studies (12. Applied Chemistry, 13. Chemical Engineering, 14. Industrial Chemistry, 15. Textile Engineering), other fields (16. Metallurgical Engineering, 17. Mining Engineering, 18. Maritime Engineering, 19. Biotechnology)

– IPA-B : Agricultural studies (1. Agriculture, 2. Agricultural Chemistry, 3. Agricultural Engineering, 4. Animal Science, 5. Veterinary Medicine, 6. Forestry, 7. Food Science, 8. Fisheries), Hygienic studies (9. Pharmacy, 10. Hygienics, 11. Nursing), and Science (12. Biology).

– IPA-C : 1. Medicine, and 2. Dentistry

CATATAN PENTING: 

1. Pemilihan bidang studi memiliki ketentuan sebagai berikut:

SMA/MA dengan JURUSAN IPA dapat memilih bidang IPA-A, IPA-B, IPA-C, IPS-A, IPS-B

SMK/MAK dengan RANAH IPA dapat memilih bidang IPA-A, IPA-B, IPA-C, IPS-A, IPS-B

Sekolah internasioanl yang BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS dapat memilih bidang IPA-A, IPA-B, IPA-C, IPS-A, IPS-B

SMA/MA dengan SELURUH JURUSAN dapat memilih bidang IPS-A, IPS-B

SMK/MAK dengan SELURUH JURUSAN dapat memilih bidang IPS-A, IPS-B

Sekolah internasional dengan SELURUH JURUSAN dapat memilih bidang IPS-A, IPS-B

2. Peserta minimal memilih 1 (satu) dan maksimal 3 (tiga) bidang studi

3. Aturan dalam memilih urutan bidang sebagai berikut:

4. Semua bidang studi yang berhubungan dengan “Economics” serta “Business Administration” masuk ke dalam golongan IPS-B, bukan “others”

5. Peserta yang memilih “others” mungkin akan kesulitan dalam menemukan universitas yang bisa menerima peserta tersebut.

Saat pendaftaran beasiswa, peserta hanya bisa memilih jurusan. Kemudian nanti setelah selesai Sekolah Persiapan Bahasa Jepang, mereka bisa memilih maksimal 5 universitas negeri dengan jurusan yang diminati di Jepang. Penempatan universitas bergantung pada hasil ujian masuk peserta.

Syarat pendaftaran:

1. Lulusan SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren/Sekolah internasional

2. Maksimal berusiap 24 tahun per tanggal 1 April 2022

3. Memiliki nilai pengetahuan semester 4 dan 5 minimal 84 untuk mata pelajaran Matematika wajib dan Bahasa Inggris wajib di tiap semester

4. Untuk peserta yang memilih bidang studi kategori IPA, tidak bisa mendaftar jika rata-rata mata pelajaran tersebut kurang dari 84, meski memiliki sertifikat JLPT

5. Untuk peserta yang memilih bidang studi kategori IPS, tetap bisa mendaftar meskipun salah satu nilai mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, dengan syarat melampirkan sertifikat:

– Japanese Language Proficiency Test atau JLPT minimal level N3

– NAT-Test minimal level 3

– J-Test minimal level D-E (500 poin)

– EJU untuk tes Bahasa Jepang dengan skor minimal 240 poin 

6. Peserta dengan nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan.

7. Peserta dengan salah satu kondisi/situasi terlampir tidak dapat mendaftar beasiswa ini (https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_2022_ineligible.pdf)

Berkas pendaftaran beasiswa Monbukagakusho:

1. 1 (Satu) Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online (berisi nomor ujian peserta)

2. a. 1 (Satu) lembar Formulir Pendaftaran 2022, diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Peserta bebas memilih untuk diketik/tulis tangan. (https://www.studyinjapan.go.jp/en/_mt/2021/04/Application_Undergraduate.pdf).

b. 1 (Satu) lembar Pas foto formal ukuran 3,5 × 4,5 cm atau ukuran 3 x 4 cm. Ketentuan: setengah badan, latar polos, warna latar bebas. Foto merupakan foto yang diambil dalam 6 bulan terakhir dan harus ditempel pada kotak foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2022). Tidak boleh melampirkan foto tanpa menempelkannya di application form. Pasfoto wajib asli dan wajib dicetak di kertas foto. Pihak panitia tidak akan bertanggung jawab jika pasfoto hilang karena tidak ditempel di application form.

3. 1 (Satu) lembar fotokopi Transkrip Nilai semester satu sampai semester akhir dalam Bahasa Indonesia /bahasa Jepang/bahasa Inggris yang sudah dilegaliris/dicap basah asli oleh sekolah. Untuk peserta lulusan tahun 2021, boleh mengumpulkan hanya transkrip semester 1-5 saja jika tidak memungkinkan melampirkan transkrip nilai hingga semester 6. Format transkrip nilai bebas dan boleh diubah sesuai dengan kebutuhan. 

Catatan: diperbolehkan melampirkan dalam bentuk fotokopi jika kesulitan mendapat tanda tangan di masa pandemi

4. 1 (Satu) fotocopy Ijazah/Ijazah Sementara (Surat Keterangan Lulus) dalam bahasa Indonesia/Inggris/bahasa Jepang yang berisi keterangan “Lulus” dan telah dilegalisir/dicap basah asli oleh sekolah. Untuk lulusan tahun 2021, jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan ijazah/surat keterangan lulus, boleh diganti dengan surat keterangan prediksi lulus dari sekolah (format bebas), yang intinya mencantumkan rencana/perkiraan kapan siswa tersebut akan lulus. Catatan: Anda boleh melampirkan dalam bentuk fotocopy jika kesulitan meminta legalisasi di masa pandemi ini.

5. 1 (Satu) Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah/guru yang berisi mengenai pribadi peserta dan wajib ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Dilarang untuk ditulis dalam bahasa Indonesia). Surat rekomendasi harus dilegalisir/dicap basah asli oleh sekolah. Format bisa bebas/menggunakan format berikut: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_recommendation2020.docx 

Catatan: Anda bisa menggunakan dan mencetak hasil scan surat rekomendasi yang dibubuhi tanda tangan asli pemberi rekomendasi jika Anda kesulitan dalam meminta tanda tangan asli selama pandemi, 

6. a. 1 (Satu) fotokopi sertifikat kemampuan bahasa (JLPT/IELTS/TOEFL/TOEIC) tanpa ada syarat skor minimal bagi yang memilikinya (tidak diwajibkan).

b. Tidak perlu melampirkan ertifikat Prediction

c. Hanya ertifikat TOEFL/TOEIC terbitan ETS saja yang diterima

d. Sertifikat IELTS yang diterima hanya terbitan Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia.

7. 1 (Satu) Fotokopi hasil nilai JLPT/EJU/J-Test/Nat-Test bagi yang memiliki saja (tidak wajib).

8. – Essay dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Maksimal 3 halaman) yang berisi pengalaman mengenai Jepang. Misal: mengikuti event festival Jepang, pernah mengikuti program pertukaran pelajar Jepang, seminar budaya Jepang, dan lain sebagainya). Esai juga boleh dilampiri foto bagi yang memiliki saja (tidak wajib).

– Fotocopy sertifikat keikutsertaan/penghargaan mengikuti kompetisi Olimpiade (OSN) tingkat Nasional atau Internasional atau kompetisi lainnya bagi yang memiliki saja (tidak wajib).

CATATAN:

1. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Biarkan apa adanya jika ukurannya lebih kecil dari A4. Jika tidak memungkinkan, lipat dokumen tersebut menjadi seukuran A4. 

2. Dokumen harus dikirim sesuai jumlah yang disebutkan. Dokumen wajib disusun per-bundel/per-rangkap dengan memuat dokumen dari poin 1 sampai 8 yang disusun sesuai nomer.

3. Dokumen cukup di-klip agar tidak tercecer. (jangan di-steples, dijilid, ataupun dilubangi)

4. Yang dimaksud dengan rapor dan ijazah asli ialah fotocopy ijazah dan rapor yang telah dilegalisir/dicap basah asli oleh sekolah.

5. cap basah bisa digunakan pada bagian tempat lain jika sekolah tidak bersedia memberikan cap basah di atas tanda tangan selain kepala sekolah pada surat rekomendasi. Jika tidak, lampirkan surat keterangan yang menyatakan bahwa sekolah mengetahui adanya surat rekomendasi tersebut.

6. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi agar dapat diproses.

Cara mendaftar beasiswa Monbukagakusho

1. Lakukan pendaftaran online pada website: http://daftar.beasiswamext.com/. Pilih tulisan Gakubu, Kosen Senshu. Lalu, pilih program dan bidang studi yang akan diambil serta lengkapi data-data yang diminta lainnya. Masukkan alamat email yang paling sering digunakan.

2. Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi setelah melakukan pendaftaran. Silakan cetak e-mail tersebut dengan kertas ukuran A4 dan simpan Nomer Ujiannya.

3. Jika tidak menerima email konfirmasi dalam 5 menit, cek kotak spam atau junk email atau all email pada email yang sudah dimasukkan saat pendaftaran. Jika tidak ada, silakan menghubungi email: beasiswa@dj.mofa.go.jp.

4. Lengkapi berkas dan dokumen yang dibutuhkan. Susun seluruh dokumen yang sudah dilengkapi sesuai urutan. Lalu masukkan dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). 

Jangan lupa untuk mencantumkan kode “Gakubu 2022” beserta nomor ujian pada kanan atas amplop.

5. Kirim berkas pada alamat berikut:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang

Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

6. Berkas dokumen yang dikirim melalui ojek online tiak akan diterima oleh Panitia Beasiswa Monbukagakusho. Pengiriman dapat dilakukan lewat jasa pengiriman kurir seperti POS, J&T, JNE, Tiki, dll.

7. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho Program S1 (Gakubu) sampai dengan 7 Mei 2021. Dengan demikian, berkas harus sudah harus tiba paling lambat 7 Mei 2021 pukul 23.59 WIB di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Jadwal seleksi beasiswa Monbukagakusho:

1. Pendaftaran: 19 April s/d 7 Mei 2021

2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 8 Juni 2021 (sore hari)

Pengumuman akan ditampilkan di website https://www.id.emb-japan.go.jp dengan menampilkan nomer ujian peserta

3. Ujian Tulis yang diadakan secara bersamaan di Jakarta, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Makassar: Akhir Juni 2021*

Materi ujian tulis:

Program IPA-A: Bahasa Inggris, Matematika (B), Kimia, Fisika, Bahasa Jepang

Program IPA-B, C: Bahasa Inggris, Matematika (B), Kimia, Biologi, Bahasa Jepang

Program IPS-A, B: Bahasa Inggris, Matematika (A), Bahasa Jepang

4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis: Pertengahan Juli 2021*

5. Ujian Wawancara (diadakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta): Awal Agustus 2021*

6. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: Pertengahan Agustus*

Kedutaan Besar Jepang tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi . Peserta juga akan menghadapi ujian tulis bahasa Jepang pada hari wawancara. Terdapat kemungkinan wawancara akan dilakukan secara online. Sekali lagi, Biaya internet tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.

7. Pengumuman Final dari MEXT: Januari 2022

8. Keberangkatan ke Jepang: Awal April 2022

CATATAN: *Jadwal ujian dapat berubah sewaktu-waktu. Bahkan, ada kemungkinan proses penyeleksian Beasiswa Monbukagakusho dibatalkan jika kondisi penyebaran COVID-19 semakin memburuk di Indonesia.

Informasi lebih lanjut:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang

Telp. (021) 3192-4308

E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp

Sumber Website Resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2022.html

Semoga bermanfaat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like