Is a blog that discusses website design and also shares some interesting tutorials for everyone. Make free templates and premium templates for all.
Mata Pendidikan

Contoh Soal Hots Matematika SMP/MTS Beserta Pembahasannya Kurikulum 2013

Contoh Soal Hots Matematika SMP/MTS Beserta Pembahasannya Kurikulum 2013 – Hallo sahaba gerbang putra dimanapun kalian berada, terkhusus soal ini di buat untuk siswa dan siswi smp/mts, yang ingin, mempelajari tentang soal hots matematika.

Soal Contoh Soal Hots Matematika SMP/MTS Beserta Pembahasannya Kurikulum 2013, yang di sajikan di bawah ini adalah contoh model soal yang sering keluar di setiap ujian-ujian, yang artinya setiap tahunnya ada soal yang serupa keluar.

kalian hanya perlu memperhatikan langkah-langkahnya dan paham dasarnya saja, ketika ada soal yang serupa keluar maka, kalain akan dengan mudah dalam mengerjakannya,

Soal Hots atau Higher Order Thinking Skills adalah soal dimana tingkat kedalaman dalam menilai kemampuan siswa sangatlah tinggi, bukan berarti soal tipe hots adalah soal sulit. tentang Cara Penyusunan Soal Hots Bisa dibaca di LINK BERIKUT .

Lalu bagaiamana dengan penerapan soal hots pada mata pelajaran matematika di SMP atau MTS juga di SMA dan SMK, yang notabene mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran eksak yang 100% nya adalah hitungan, dalam artikel sebelumnya tentang penyususnan soal hots (baca disini), soal hots memiliki ciri yakni di awal soal diberikan stimulus cerita terlebih dahulu, yang jadi pertanyaan adalah bagaiamana cara menerapakan teknik penyusunan soal tersebut dalam soal matematika ? . berikut mediailmu22 akan memberikan Contoh Soal Hots Matematika jenjang SMP, yang nantinya bisa anda jadikan acuan atau referensi untuk menyusun soal pada materi yang sama atau materi yang lain.

Soal hots matematika di SMP ini berupa soal isian atau essay dan Pilihan Ganda (PG) bisa anda terapakan pada ulangan harian, PAS, PTS, UKK, USBN dan latihan UNBK , berikut adalah contoh soalnya secara lengkap. Sebagian beserta dengan pembahasannya, sebagian silahkan anda mencar sendiri pembahannya ya.

Soal Hots Matematika Ke 1

Pada saat Idul Fitri di sebuah rumah hadir 10 pria dewasa, 8 wanita dewasa, 6 pria anak-anak, dan 5 wanita anak-anak. Jika sebelum pulang mereka saling berjabat tangan, pria dewasa tidak berjabat tangan dengan wanita dewasa, pria anak-anak tidak berjabat tangan dengan wanita anak-anak, maka banyak jabat tangan seluruhnya adalah ….

Pembahasannya :

10 + 8 + 6 + 5 = 29
Jika saling berjabat tangan semua
28 + 27 + 26 + 25 + … + 1 = = 406

Jabat tangan pria dewasa dengan wanita dewasa
10 x 8 = 80
Jabat tangan pria anak-anak dengan wanita anak-anak
6 x 5 = 30
Jadi seluruhnya = 406 – (80 + 30) = 406 – 110 = 296

Soal Hots Matematika Ke 2
Dalam pemilihan pengurus OSIS di SMP MEDIA ILMU 22 terpilih 8 siswa sebagai pengurus. Dari 8 siswa tersebut dipilih seorang ketua, seorang sekretaris dan seorang bendahara. Jika masing-masing siswa yang masuk dalam pengurus dianggap mampu menjabat apa saja maka banyaknya kemungkinan susunan pengurus ada ….

Pembahasannya :

8 x 7 x 6 = 336

Soal Hots Matematika Ke 3
Pak Andri menyusun fotocopi semua piagam, sertifikat, ijazah, dan surat keterangan dalam suatu berkas dengan tidak ada fotocopi yang bolak-balik. Untuk menomori halaman ia menempelinya dengan stiker kecil berbentuk angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Pak Andri telah menggunakan 264 stiker kecil. Nomor halaman terakhir adalah ….

Pembahasannya :
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 menggunakan 9 stiker
264 – 9 = 255
10, 11, 12, 13, … 99 menggunakan 180 stiker ([99 – 9] x 2 = 180)
255 – 180 = 75
100, 101, 102, 103, …, 124 menggunakan 75 stiker ([124 – 99] x 3 = 75)
Jadi nomor halaman terakhir adalah 124

Soal Hots Matematika Ke 4
Kapasitas tanki bahan bakar sebuah mobil sedan adalah 40 liter. Setiap menempuh perjalanan 100 km, mobil sedan tersebut menghabiskan 7,7 liter bahan bakar. Mobil tersebut digunakan untuk pergi dari Surabaya ke Solo sehingga menempuh jarak 428 km. Ketika mulai perjalanan, tanki mobil tersebut terisi penuh bahan bakar. Dalam satuan liter terdekat, banyaknya bahan bakar yang tersisa ketika tiba di Solo adalah … .

Soal Hots Matematika Ke 5
Dalam suatu kelas, 3/5 bagian siswanya adalah wanita. Kedalam kelas tersebut ditambahkan 5 siswa pria dan 5 siswa wanita. Sekarang, 3/7 bagian siswanya adalah pria. Banyak siswa dalam kelas tersebut mula-mula adalah … .

Soal Hots Matematika Ke 6
Berat seekor badak pada awal tahun adalah 655,36 kg. Selama bulan Januari, berat badak naik sebanyak 25%. Karena debu dari efek meteorit yang menghalangi sinar matahari sepanjang bulan Februari, berat badak turun 25%. Kemudian, sepanjang bulan Maret, sinar matahari kembali normal dan berat badak kembali naik 25%. Pada bulan April, karena keracunan makanan, badak terserang sakit perut yang menyebabkan beratnya kembali turun 25%. Keadaan seperti ini berlanjut hingga bulan-bulan berikutnya. Berat badak pada akhir Juli adalah …. kg.

A. 675,00 B. 625,00 C. 600,00 D. 540,00

Soal Hots Matematika Ke 7
Fitri berangkat ke sekolah pukul 6.00 setiap pagi. Bila bermobil dengan kecepatan 40 km/jam, dia tiba di sekolah terlambat 20 menit. Bila kecepatan 60 km/jam, dia tiba 15 menit lebih awal. Di sekolah Fitri, pelajaran jam pertama dimulai pukul ….
A. 7:30 B. 7:25 C. 7:15 D. 7:00

Soal Hots Matematika Ke 8
Pada pemilihan calon ketua kelas yang diikuti oleh 5 kontestan, diketahui bahwa pemenangnya mendapat 10 suara. Jika diketahui juga bahwa tidak ada dua kontestan yang memperoleh jumlah suara yang sama, maka perolehan terbesar yang mungkin untuk kontestan dengan suara paling sedikit adalah…

A. 3 B. 4 C. 5 D. 6

Soal Hots Matematika Ke 9
Wati menuliskan suatu bilangan yang terdiri dari 6 angka di papan tulis, tetapi kemudian Iwan menghapus 2 buah angka 1 yang terdapat pada bilangan tersebut sehingg bilangan yang terbaca menjadi 2002. Berapa banyak bilangan dengan 6 angka yang dapat Wati tuliskan agar hal tersebut dapat terjadi ?

Soal Hots Matematika Ke 10
Empat pasang suami-isteri membeli karcis untuk 8 kursi sebaris pada suatu pertunjukkan.Dua orang akan duduk bersebelahan hanya kalau keduanya pasangan suami-isteri atau berjenis kelamin sama. Berapa banyakkah cara menempatkan ke empat pasang suami-isteri ke 8 kursi tersebut ?

Soal Hots Matematika Ke 11
Setiap dua titik berbeda pada bidang menentukan tepat sebuah garis lurus. Berapakah banyaknya garis lurus yang ditentukan oleh 12 titik di bidang jika tidak ada titik yang segaris.

Soal Hots Matematika Ke 12
Berapa banyakkah nomor telepon yang terdiri dari 7 angka dspst dibuat dengan 4 digit awalnya adalah 0812, tiga digit sisanya harus saling berbeda dan bukan merupakan angka 0, 3, atau 5, serta digit terakhirnya bukan 9.

Soal Hots Matematika Ke 13
Nomor polisi mobil-mobil Negara Palestina pasti terdiri dari 4 angka. Jika jumlah keempat angka pada setiap nomor harus genap. Tentukan jumlah mobil maksimum yang bisa terdaftar di Negara palestina tersebut !

Soal Hots Matematika Ke 14
Sepuluh tim mengikuti suatu turnamen sepak bola. Setiap tim bertemu satu kali dengan setiap tim lainnya. Pemenang setiap pertandingan memperoleh nilai 3, sedangkan yang kalah memperole nilai 0. Untuk pertandingan yang berakhir seri, masing-masing tim memperoleh nilai 1. Diakhir turnamen, jumlah nilai seluruh tim adalah 124. Tentukan banyaknya pertandingan yang berakhir seri.

Soal Hots Matematika Ke 15
Tiga ekor ayam (Besar, Sedang, dan Kecil) ditimbang. Jika yang Besar dan Kecil ditimbang, beratnya adalah 2,6 kg. Jika yang Besar dan Sedang ditimbang, beratnya adalah 3 kg, dan jika yang Sedang dan Kecil ditimbang, beratnya adalah 2 kg. Berat ketiga ayam tersebut seluruhnya adalah ….
a. 4 kg
b. 4,2 kg
c. 3,8 kg
d. 4,6 kg
e. 5 kg

Soal Hots Matematika Ke 16
10 pasang suami istri mengikuti suatu pesta. Mereka kemudian saling berjabatan tangan satu sama lain. Namun demikian, setiap pasang suami istri tidak pernah saling berjabatan tangan. Maka banyaknya jabatan tangan yang terjadi adalah ….

Soal Hots Matematika Ke 17
Enam belas tim sepakbola mengikuti suatu turnamen. Pertama-tama mereka dikelompokkan ke dalam 4 kelompok dengan masing-masing 4 tim di setiap kelompoknya. Di setiap kelompok mereka saling bermain satu sama lain satu kali. Dua tim yang memiliki peringkat teratas selanjutnya maju babak berikutnya yang menggunakan sistem gugur (kalah langsung tereliminasi) sampai ditemukan juaranya. Berapa banyak pertandingan yang berlangsung dalam turnamen tersebu

Soal Hots Matematika Ke 18
Sebuah semangka yang beratnya 1 kg mengandung 93% air. Sesudah beberapa lama dibiarkan di bawah sinar matahari, kandungan air semangka itu turun menjadi 90%. Berapakah berat semangka sekarang?

Demikian Contoh Soal Hots Matematika SMP Beserta Pembahasannya dapatkan kumpulan soal matematematika lainnya di LINK BERIKUT, semoga dapat mempermudah pekerjaan anda !! silahkan di LIKE dan share ya !!

Posting Komentar