Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan – Perkembangan zaman yang begitu signifikan dapat memicu munculnya berbagai macam usaha. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh pengeluaran yang lebih besar, sedangkan pendapatan yang lebih sedikit. Oleh karena itu, kabanyakan orang memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Untuk dapat diakui secara resmi, pelaku usaha harus memiliki izin usaha. berbagai usaha direkomendasikan untuk memiliki izin usaha, agar usaha yang dibangun diakui secara legal oleh pemerintah.

Usaha yang biasanya memerlukan izin usaha adalah usaha perdagangan, usaha mikro dan usaha makro, serta usaha yang bernaung di bawah PT, CV, Firma, dan sebagainya. Dengan adanya izin usaha, maka usaha yang dilakukan memiliki perlindungan hukum di atas kertas.

Oleh karena itu, keberadaan Surat Izin Usaha menjadi sangat penting. Oleh karena itu, para pelaku usaha harus mempersiapkan setiap detail apa saja yang dibutuhkan untuk kemajuan usaha yang diciptakan. berikut ini ulasan singkat tentang pengertian, persyaratan, dan contohnya. Ayo lihat!

Pengertian Izin Usaha

Sebelum melihat contoh surat izin usaha, ada baiknya untuk memahami apa itu izin usaha. Dokumen yang dianggap penting dalam kelangsungan suatu bisnis tentunya memiliki aturan resmi. Izin usaha mengacu pada peraturan resmi yaitu Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2007 tepatnya dalam Pasal 1.

Sebuah bisnis yang memiliki izin resmi dapat melakukan berbagai transaksi dengan aman. Izin usaha ini sangat dianjurkan, terutama bagi pelaku usaha yang berada di bawah PT, CV, perusahaan perseorangan, firma, PT tertutup, perusahaan penanaman modal, persekutuan perdata, dan sebagainya.

Persyaratan Pembuatan Izin Usaha

Untuk mendapatkan izin usaha tentunya diperlukan syarat-syarat tertentu sebagai bahan penunjang dalam pembuatan izin. Izin ini biasanya dibuat oleh pemerintah daerah, seperti Dinas Perdagangan Kabupaten atau juga melalui Dinas Perizinan pemerintah daerah. Untuk lebih jelasnya, berikut persyaratan yang harus disiapkan.

Perusahaan Berbentuk Koperasi

Persyaratan pembuatan izin usaha yang disiapkan oleh badan usaha berbentuk koperasi juga memiliki berbagai dokumen. Dokumen tersebut antara lain fotokopi akta pendirian koperasi, NPWP koperasi, neraca koperasi, domisili koperasi, fotokopi KTP pengurus dan dewan pengawas terkait.

Selain itu, juga mempersiapkan susunan pengurus koperasi, mulai dari manajemen puncak hingga bawah. Selanjutnya pas foto 4×6 direktur dan penanggung jawab koperasi. Siapkan juga materai Rp. 6000,-, dan termasuk izin-izin lain yang berkaitan dengan koperasi yang dijalankan.

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil

Pada dasarnya setiap izin usaha tidak jauh berbeda, hanya beberapa hal kecil yang membedakannya. Contohnya adalah sebagai berikut.

Izin Usaha Perdagangan Kecil

PEMERINTAH KABUPATEN 

KANTOR PELAYANAN TERPADU

LURUS TERUS NO. TELP. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor: 

Jo. Peraturan Daerah A Nomor .. Tahun ..

Nomor : 

Nama Perusahaan : 

Merek (milik atau lisensi): 

Alamat Kantor Perusahaan : 

Nama Pemilik : 

Alamat Pemilik : 

Nomor Pokok Wajib Pajak : 

Nilai Modal atau  Kekayaan Bersih : 

Kegiatan Usaha: 

Institusi: 

Bidang Usaha: 

Jenis Barang atau Barang Utama : 

SIUP ini diterbitkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Izin Usaha Perdagangan ini berlaku di seluruh Indonesia untuk melakukan kegiatan usaha perdagangan
  • Tidak melakukan kegiatan usaha selain dalam SIUP ini
  • Pemilik atau penanggung jawab wajib mendaftarkan kembali usahanya setiap 2 (dua) tahun sekali
  • Perusahaan atau penanggung jawab wajib mengkalibrasi ulang alat ukur, takaran, timbang, dan perlengkapan (UTTP) pada sesi kalibrasi.

Dikeluarkan di : 

Pada : 20 Oktober 2020

sebuah. Bupati A

Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Kota A

Pembangun Tingkat 1

GIGIT. 

Salinan:

Terhormat. 

Demikian ulasan tentang Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan  semoga bermanfaat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You may also like